Home / Gayahidup

Rabu, 8 Juni 2022 - 08:49 WIB

Kendaraan Tua Dijamin Tetap Awet dan Tidak Boros BBM Jika Pakai Shell, Begini Penjelasannya

Colin Chin, Shell Fuel Scientist memaparkan manfaat penggunaan BBM Shell di acara diskusi di Spazio Hall Surabaya. Foto: Ist/inisurabaya.com

Colin Chin, Shell Fuel Scientist memaparkan manfaat penggunaan BBM Shell di acara diskusi di Spazio Hall Surabaya. Foto: Ist/inisurabaya.com

NYATANYA.COM, Surabaya – Makin tua kendaraan bikin kantong bolong karena pengeluaran untuk BBM makin banyak akibat kendaraan yang boros. Benarkah demikian?

Menurut Colin Chin, Shell Fuel Scientist, salah satu penyebab bensin boros adalah bagian kritis mesin, seperti katup salur masuk dan injektor bahan bakar terselimuti endapan tebal.

“Kondisi tersebut akan menghambat aliran dan proses injeksi bahan bakar ke mesin, sehingga berpengaruh besar pada berkurangnya performa dan efisiensi mesin,” ungkap Collin pada acara diskusi bertajuk ‘Manfaat dan Pengaruh BBM Berteknologi Shell Bagi Kendaraan Bermotor’ di Spazio Hall Surabaya, Selasa (7/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut Collin juga memapar hasil penelitian Shell yang menyatakan bahwa sebanyak 15 persen energi mesin terbuang melalui gesekan.

Adanya zat aditif pengurang gesekan, kata Collin, bisa meningkatkan efisiensi mesin karena dapat mengurangi energi yang terbuang melalui gesekan.

Tim teknisi Shell sedang mendemonstrasikan kondisi mesin motor yang tetap bersih karena memakai Shell. Foto: Ist/inisurabaya.com

Karena itu pula, masih kata Collin, Shell Super dengan teknologi Dynaflex dirancang untuk membantu mencegah terbentuknya endapan dan mengurangi gesekan pada mesin sehingga meningkatkan efisiensi mesin.

Baca juga   Sagitarius, Berhati-hatilah dengan Dompetmu

Selain itu, Collin menyarankan agar pengguna kendaraan bermotor tidak menggunakan BBM di bawah kadar oktan yang direkomendasikan pabrikan. Sebab, hal itu berisiko membuat mesin mobil rusak.

Lalu bagaimana pula dengan penggunaan BBM dengan oktan lebih tinggi dari spesifikasi kendaraan yang disarankan. Berbahaya kah bagi kendaraan?

Menurut Collin, penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan tidak memiliki efek negatif. Bahkan, mesin moderen dapat mengoptimalkan performanya dengan oktan tinggi karena mempunyai perangkat engine management system.

“Menurut hasil penelitian Shell, BBM oktan tinggi yang disertai dengan zat aditif seperti dynaflex, justru berpengaruh baik terhadap kinerja semua jenis mesin kendaraan bermotor, termasuk mesin mobil tua,” kata Colin.

Colin mengungkapkan, kandungan dynaflex terbukti secara ilmiah mampu membersihkan endapan pada mesin kendaraan bermotor yang lebih banyak terlihat pada mobil tua.

“Ketika dynaflex sudah membersihkan kendaraan dari endapan yang menyelimuti mesin, maka serapan bahan bakar akan lebih optimal dan tidak ada bahan bakar yang tertinggal di mesin sehingga membuat konsumsi bahan bakar lebih boros,” paparnya.

Baca juga   Harga Baru Realme C21 Dibanderol Rp 1,599 Juta dan C25 Rp 2,099 Juta

Sedang untuk kendaraan dengan mesin diesel, Collin mengatakan bahwa Shell menghadirkan Diesel Extra yang diformulasikan dengan molekul pembersih (Dirt Busting Molecules) yang mencegah terbentuknya endapan pada injektor diesel untuk menjaga performa dan efisiensi mesin diesel.

Jadi, tutur Collin, semua jenis BBM Shell mengandung formula Dynaflex untuk membersihkan bagian kritis mesin dan mengurangi gesekan mesin.

“Tetapi, efektivitas keduanya memiliki perbedaan,” ucap Collin sebagaimana dirilis inisurabaya.com.

Shell Super dirancang untuk mencegah terbentuknya endapan pada mesin dan juga mengandung formula pengurang gesekan (friction modifier) baru untuk meningkatkan efisiensi mesin.

Sementara Shell V-Power dirancang untuk pembersihan yang lebih kuat dan mengandung tiga kali lebih banyak pengurang gesekan (friction modifier) dibanding Shell Super untuk memberi performa dan efisiensi lebih tinggi.

(Ap/N1)

Share :

Baca Juga

Gayahidup

Gemini, Hari Ini Kamu Akan Merasa Tertarik Tentang Apapun
Ketua Dekranasda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo ikut memamerkan busana batik Blora rancangan Lydia Christine. Foto: Diskominfo Jateng

Gayahidup

Atikoh pun Ikut Tebar Pesona Batik Blora di “Semarang Fashion Trends” 2022
AEPI Fashion Festival 2022 hari kedua, Senin (31/10/2022) menampilkan karya desainerdari berbagai daerah. Foto: Agoes Jumianto

Gayahidup

Desainer Sumatera dan Kalimantan Unjuk Karya di AEPI Fashion Festival 2022

Gayahidup

Lahir Sabtu Kliwon? Ini Jodoh dan Kehidupannya Menurut Primbon Jawa

Gayahidup

Libra, Banyak Orang Akan Tertarik Karena Kecerdasanmu
Megawarni.ori fokus pada produk hijab syari yang collour full. Foto: Agoes Jumianto

Gayahidup

Megawarni.ori Sukses Tembus Pasar Global Lewat Hijab Syari Penuh Warna, Sang Empunya Buka Rahasia
PT NOID dengan merk produk ENEOS, memberikan dukungan untuk tim Honda Racing Indonesia (HRI) yang berpartisipasi dalam ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) dan Slalom di sepanjang tahun 2021. (Foto: Istimewa)

Gayahidup

ENEOS Semangat Dukung Kemajuan Otomotif di Indonesia

Gayahidup

Capricorn, Hari Ini Adalah Hari Baik untuk Membuat Rencana Masa Depan