Home / Militer

Kamis, 4 Agustus 2022 - 22:15 WIB

Kepala Bakamla RI Paparkan Renpatnas 2022 dan Integrasi Sistim Informasi di Forum KKPH

Foto: Humas Bakamla RI

Foto: Humas Bakamla RI

NYATANYA.COM, Jakarta – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia berkesempatan menyampaikan paparannya terkait Rencana Patroli Nasional (Renpatnas) Tahun 2022 dan Integrasi Sistim Informasi dalam Rakor Tingkat Menteri yang merupakan Forum Keamanan, Keselamatan dan Penegakan Hukum di Laut (KKPH), di Gedung Utama, Kemenko Polhukam, Rabu (3/8/2022).

Dalam paparannya pada Forum KKPH perdana ini, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyampaikan pentingnya Forum KKPH, yang salah satu fokusnya untuk merealisasikan Renpatnas dan Integrasi Sistim Informasi yang telah disusun.

Forum ini berdasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 13 Tahun 2022, khususnya Pasal 33, yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kep Menko Polhukam) No. 55 Tahun 2022.

Baca juga   Hormati Jasa para Pahlawan, Danrem 174/ATW Merauke Ikuti Renungan Suci di TMP Trikora
Foto: Humas Bakamla RI

Disampaikannya bahwa Forum KKPH merupakan wadah esensial untuk mendiskusikan permasalahan keamanan dan keselamatan laut, dengan tujuan untuk mendapatkan solusi dan alternatif solusi.

“Tugas dari forum ini adalah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) dari pelaksanaan KKPH, yang sasaran monevnya adalah Kebijakan Nasional, Renpatnas, dan Sistem Informasi,” lanjut Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Renpatnas itu sendiri terdiri dari beberapa patroli laut dari instansi terkait dan instansi teknis, yang terbagi ke dalam Patroli Mandiri, Patroli Bersama, dan Patroli Terkoordinasi.

Laporan atas hasil patroli nantinya akan bermuara ke Menko Polhukam selaku Ketua Forum KKPH untuk dilaporkan kepada Presiden.

Mengakhiri paparannya, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia berharap agar PP No. 13 Tahun 2022 dapat diterapkan dengan baik.

Baca juga   Dimakamkan di Surabaya, KSAL: Jenazah Pilot dan Kopilot Masih Terikat di Sabuk Pengaman Pesawat yang Jatuh

“Dalam forum KKPH ini diharapkan setiap Kementerian/Lembaga (K/L) dapat memonitor perkembangan kasus hukum di laut, dan memecahkan permasalahan bersama tentang keamanan dan keselamatan laut,” ucapnya.

Forum KKPH ini dihadiri oleh Menko Polhukam Prof. Dr. Mahfud MD selaku Ketua Forum KKPH, Menteri Perhubungan Dr. (HC). Ir. Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, Ses Menko Polhukam Mayjen TNI Mulyo Aji, Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Deputi Bidkoor Hukum dan HAM Kemenko Polhukam Dr. Sugeng Purnomo, Staf Ahli Bidang Dawilmar Kemenko Polhukam Laksma TNI Antongan Simatupang, dan jajaran pejabat lainnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Pendim 0734/Kota Yogyakarta

Militer

Kasdim Jogja Bekali Wawasan Kebangsaan kepada Ratusan Mahasiswa Baru Universitas Janabadra
Plh Danramil 0821/03 Senduro Letda Inf Poniran memantau pengerjaan sodetan aliran lahar, di Sungai Leprak Dusun Kamarkajang, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Senin (27/12/2021). (Foto: MC Kab. Lumajang/Pendim 0821/Fj/An-m)

Militer

Letda Inf Poniran Pantau Pengerjaan Sodetan Aliran Lahar Gunung Semeru
Relawan Merapi Rescue Umbulharjo Cangkringan juga ikut serta berpartisipasi membantu Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) reguler ke-113 Kodim 0732/Sleman. Foto: Pendim0732/Sleman

Militer

Relawan Juga Ikut Andil Dalam Pembangunan Jalan Program TMMD Reguler 113 Kodim Sleman
Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra untuk pertama kalinya memimpin wisuda anggota Kodim 0736/Batang yang telah purna bakti, dengan iringan Upacara pedang pora, di Makodim Batang, Kabupaten Batang, Senin (6/12/2021). (Foto: MC Batang, Jateng)

Militer

Pertama Kali, Pedang Pora Iringi Wisuda Purnawirawan Kodim Batang
Dandim 1714/Puncak Jaya Letkol Inf Denny Salurerung, S.Sos bersama Ketua Persit KCK Cab. XLI Kodim 1714/PJ dr. Wulandari, Sp.Pd dan Pasiter Kodim 1714/PJ Letda Inf Hermansyah selaku koordinator membagikan 250 bingkisan Natal Kodim 1714/Puncak Jaya untuk anak-anak sekolah minggu. Foto: Pen Kodim 1714/Puncak Jaya

Militer

Senangnya Anak-anak Belantara Dapat Kado Natal dari Kodim 1714/Puncak Jaya
Penandatanganan nota Kesepakatan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dan Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. (Foto: Humas Bakamla RI)

Militer

Bakamla RI Realisasikan Stasiun SPD di Nias Selatan
Foto: Dispenal

Militer

TNI AL Berhasil Evakuasi ABK Kapal Tenggelam di Selat Durian
Koramil 05/Pakualaman menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Komponen Masyarakat yang berlangsung di Pendopo Purwokinanti Pakualaman, Rabu (20/7/2022). Foto: Dok.Koramil 05/Pakualaman

Militer

Pererat Silahturahmi, Koramil 05/Pakualaman Gelar Komsos dengan Komponen Masyarakat