Home / Militer

Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:53 WIB

Kepala Bakamla RI Terima Courtesy Call Komandan Thai MECC, Bahas Kerja Sama Konkret

Foto: Humas Bakamla RI

Foto: Humas Bakamla RI

NYATANYA.COM, Jakarta – Deputy Secretary General of Thailand Maritime Enforcement Coordinating Center (Thai MECC) Vice Admiral Imurai Sutad, diterima oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr Aan Kurnia, dalam Courtesy Call ke Mabes Bakamla RI Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Dalam kesempatan ini, kedua pimpinan instansi membahas kerja sama konkret yang dapat dilakukan di tahun berjalan dan di masa mendatang.

Sebagai dua negara pantai yang berlokasi pada wilayah yang sama, Indonesia dan Thailand turut menghadapi tantangan dan kepentingan maritim yang serupa.

Pembajakan dan perampokan dengan senjata, imigran ilegal, perdagangan manusia, dan penyelundupan narkoba merupakan bentuk-bentuk kejahatan yang dihadapi oleh kedua negara di wilayahnya masing-masing. Termasuk pula di sekitar Selat Malaka.

Foto: Humas Bakamla RI

Berdasarkan tantangan bersama ini, Bakamla RI dan Thai MECC sepakat untuk meningkatkan kerja sama dari hubungan bilateral menjadi hubungan partnership.

Sesuai hasil pembahasan, kerja sama akan dilakukan pada area peningkatan kapasitas personel, pertukaran informasi, pertemuan-pertemuan rutin, dan kerja sama kemaritiman lainnya yang disepakati bersama.

Baca juga   Panglima TNI: Jalesveva Jayamahe Harus Jadi Semangat Menuju Cita-cita Poros Maritim Dunia

Dalam kesempatan ini, Laksdya TNI Dr Aan Kurnia mengundang VADM Sutad untuk hadir dalam ASEAN Chief Coast Guard Forum yang akan dilaksanakan akhir tahun ini di Indonesia.

Hal ini tidak hanya karena Thailand merupakan salah satu anggota ASEAN, namun juga Thai MECC telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diinisiasi oleh Bakamla RI, seperti Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM), dan Maritime Security Desktop Exercise (MSDE).

Kunjungan berlanjut ke Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Bakamla RI. Delegasi Thai MECC diperlihatkan kegiatan pemantauan yang dilakukan oleh Bakamla RI, dan juga alur pertukaran informasi yang dilakukan ke instansi di negara-negara tetangga. Salah satunya dengan Thailand.

Pertemuan berlangsung dengan hangat dan kental dengan suasana kekeluargaan. Tidak hanya pertukaran informasi terkait instansi, kondisi keamanan dan keselamatan laut di kedua negara, namun juga hal-hal ringan lainnya.

Baca juga   Prajurit Lanal Bantu Padamkan Api yang Membakar 17 Kapal Nelayan di Tegal

Sebut saja pengenalan terhadap makanan tradisional Indonesia, dan pengalaman-pengalaman yang ditemui saat berkunjung ke Jakarta, Indonesia.

Dalam kesempatan ini, VADM Sutad turut didampingi oleh Director General of the Office of Policies and Plans Rear Admiral Wichnu Thupa-ang, Deputy General of the Operations Center Captain Benjamaporn Wongnakornsawang, dan beberapa staf lainnya.

Laksdya TNI Dr Aan Kurnia sendiri turut didampingi oleh jajaran Pejabat Tinggi Bakamla RI. Antara lain, Sestama Laksda TNI S. Irawan, M.M., Deputi Jakstra Laksda Bakamla Tatit E. Witjaksono, S.E., M.Tr(Han), Deputi Inhuker Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga, Deputi Opslat Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribwa, CHRMP., Direktur Kerja Sama Laksma Bakamla Purwanto Djoko, beserta jajarannya. (*)

Share :

Baca Juga

Mujiasih saat bertemu dengan prajurit untuk memberikan jatah. (Foto: Pendim0732/Sleman)

Militer

Ingin Berperan, Mujiasih Berikan Jadah ke Prajurit Satgas
Personil Pos Iwur Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista gotong royong memangkas padang rumput menjadi sarana olah raga lapangan sepak bola bersama masyarakat. (Foto: Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Sambut HUT RI, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bikin Lapangan Sepak Bola Masyarakat di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto menerima audiensi Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro (Patra Padi) yang diketuai R. Rahadi Saptata Abra, S.Si, M.B.A. Pada kesempatan itu Danrem menerima cinderamata berupa Wayang Klitik. (Foto: Penrem 072PMK)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Menerima Audiensi dari Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro
Seluruh unsur Muspika Pakualaman foto bersama usai digelar workshop. Foto: nyatanyacom/istimewa

Militer

Koramil Pakualaman Hadiri Acara Workhsop Kerukunan Beragama
Kepala BKKBN RI dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menyematkan selendang Duta Bapak Asuh Anak Stunting Provinsi DIY kepada Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono S.I.P., M.Si. Foto: Penrem 072PMK

Militer

Danrem 072/Pamungkas Dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Provinsi DIY
Foto: Dispenal

Militer

70 Prajurit TNI AL Berprestasi Tiba di Tanah Air Usai Umroh
Foto: Pendim 1710/Mimika

Militer

Cuaca Ekstrim Bukan Penghalang bagi Satgas TMMD Mimika
Inspektur upacara menyerahkan peralatan TMMD pada pembukaan TMMD Sengkuyung Kodim Kota Yogyakarta. (Foto: zainuri arifin)

Militer

TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim Kota Yogyakarta Dibuka