Home / Wisata

Rabu, 1 September 2021 - 20:31 WIB

Keren..! Nikmati Sunrise dan Sunset di Pantai Bletok Situbondo

Wisata Pantai Bletok berada tepat di pinggir jalan lintas Situbondo-Banyuwangi.  (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata Pantai Bletok berada tepat di pinggir jalan lintas Situbondo-Banyuwangi. (Foto: Zainuri Arifin)

NYATANYA.COM, Situbondo – Tidak banyak yang tahu, jikalau Kota Situbondo, Jawa Timur ternyata memiliki segudang lokasi wisata nan elok untuk dikunjungi serta dinikmati. Salah satu lokasi wisata yang indah di Situbondo adalah Pantai Bletok.

Pantai Bletok berada di jalur Besuki-Situbondo. Area pantai ini tidak terlalu luas sehingga sering disebut wisata mini. Pantai Bletok berada di Desa Bletok, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Lokasinya berjarak lebih kurang 12 km dari Besuki dan sekitar 27 km dari  pusat kota.

Tapi jika dihitung dari Kota Surabaya menuju Situbondo sejauh 160 km. Jarak tersebut dapat ditempuh menggunakan tranportasi umum berupa bis atau mobil pribadi.

Lokasi wisata Pantai Bletok berada tepat di pinggir jalan lintas Situbondo-Banyuwangi. Tak ayal bilamana tengah melakukan trip dari arah Surabaya menuju Banyuwangi ataupun Pulau Dewata Bali dapat singgah terlebih dulu di rest area Bletok/ Pantai Bletok untuk sejenak lepas kepenatan.

Taman di lokasi wisata Pantai Bletok terlihat cantik dan asri dengan kursi-kursi tertata rapi. (Foto: Zainuri Arifin)

Melihat pantai dengan background Gunung Ringgit dan udara segar serta menikmati kuliner sea food atau ikan bakar khas Situbondo dengan suguhan ikan segar serta menikmati segarnya es kelapa muda tentu bakal manjur mengusir rasa lelah dan kantuk usai menempuh perjalanan panjang.

Baca juga   Woowww! Indahnya Pesona Rumah Apung Bangsring Banyuwangi

Rest area di Pantai Bletok juga terdapat fasilitas umum parkir mobil dan motor, kafe dan membrant gazebo serta spot swa foto.

Kendati pantai ini bukanlah pantai yang besar, namun Pantai Bletok memiliki pemandangan yang tidak kalah cantik dibanding pantai-pantai wisata lainnya. Wisatawan bakal dimanjakan oleh pesona menawan ketika matahari tenggelam.

Deburan ombak pantai yang dipadukan semburat jingga yang memantul pada permukaan air serta goyangan-goyangan perahu nelayan yang tengah ditambatkan di bibir pantai.

Sementara, pantai ini biasa ramai dikunjungi pada sore hari. Banyak pemuda atau pengguna jalan yang berhenti untuk sekedar duduk dan menikmati suasana pantai.

Di Pantai Bletok juga dapat berselfi menikmati matahari terbit dan terbenam degan background hamparan laut lepas. (Foto: Zainuri Arifin)

Sebagian wisatawan mengungkapkan bahwa keunggulan Pantai Bletok ini adalah lokasinya yang dekat dengan jalan raya. Sangat strategis sebagai tempat beristirahat ketika dalam perjalanan. Tidak heran jika banyak kendaraan yang menghentikan mobil atau motornya di tepi pantai.

Baca juga   Praon Cawan Sedayu, Jadi Rintisan Wisata Budaya

“Untuk menikmati keindahan Pantai Bletok ini tidak dikenakan tarif biaya masuk. Karena memang terletak di pinggir jalan. Jadi siapapun pengunjung bisa langsung menuju pantai, bisa menikmati keindahan pantai sepanjang waktu selama 24 jam,” papar Yuni, pemilik warung kopi di area wisata Pantai Bletok kepada wartawan nyatanya.com.

Ditambahkan wanita tengah baya yang sudah cukup lama berjualan di area wisata ini, bahwa pemandangan Pantai Bletok ini cukup indah, sehingga diberikan fasilitas bangku untuk duduk menikmati panorama.

“Banyak yang selfie dengan background hamparan lautan lepas dan keindahan garis pantai yang bersatu dengan buih ombak. Taman-taman di sini juga unik dan cantik. Begitu sampai di pantai, bisa juga foto dulu taman dengan tulisan nama Pantai Bletok dalam ukuran yang besar di pinggir jalan,” jelasnya.   (N2)

Share :

Baca Juga

Simulasi pembukaan kembali objek wisata Kemit Forest. (Foto: Kominfo Cilacap)

Wisata

PPKM Level 3, Kemit Forest Gelar Simulasi Wisata
Kepala Disparpora Kabupaten Magelang meninjau Vaksinasi Merdeka Candi Polres Magelang bagi pelaku pariwisata di Pendopo dr Soepardi Sawitan Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

‘Vaksinasi Merdeka Candi’ Sasar Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif
Vaksin Wisata kali ini bukan saja ditujukan untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) tetapi juga keluarga dan lingkungannya. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

93% Pelaku Parekraf DIY Telah Divaksin, 3 Obwis Ini Sudah Dibuka
Selain untuk suplai oksigen dan kebutuhan dekorasi, tanaman hias tersebut juga dijual untuk menambah inkam masyarakat. (Foto: dokumentasi pribadi)

Wisata

Sejuta Bunga Kali Code, Upaya Alternatif saat Pandemi
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti membagikan gelang vaksin bagi pelaku usaha wisata di Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Pemkot Yogya Bagikan Gelang Vaksin bagi Pelaku Usaha Wisata
Ternyata belum semua wisatawan menginstal plikasi PeduliLindungi sebagai syarat mengunjungi Candi Borobudur. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Masih Banyak Wisatawan Belum Instal Aplikasi PeduliLindungi
Pemberian penghargaan kepada para juara pemilihan duta wisata Kabupaten Kendal Sinang dan Sinok 2021. (Foto: Diskominfo Kendal)

Wisata

Sinok dan Sinang 2021 Didorong Terlibat dalam Pembangunan di Kendal
Kerajinan wayang kayu yang diproduksi Pipit Dwi Ernawati bersama suaminya. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Wayang Kayu Asal Madiun Makin Moncer di #LapakGanjar