Home / Wisata

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 17:00 WIB

Kereta Bandara Beroperasi Dongkrak Pariwisata Yogya

Keberadaan kereta api khusus bandara ini bisa mendongkrak pariwisata di DIY. Dengan kemudahan aksesbilitas bagi wisatawan diharapkan kunjungan wisata di DIY mengalami peningkatan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Keberadaan kereta api khusus bandara ini bisa mendongkrak pariwisata di DIY. Dengan kemudahan aksesbilitas bagi wisatawan diharapkan kunjungan wisata di DIY mengalami peningkatan. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan didampangi, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti meresmikan pembangunan stasiun dan sarana prasarana kereta bandara yang berada di Yogyakarta International Airport (YIA).

Namun sebelum diresmikan, kereta bandara ini telah melalui uji coba dari Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Uji coba yang dilakukan ini meliputi sistem operasi hingga persinyalannya.

Kereta bandara akan menghubungkan akses penumpang dari YIA menuju Stasiun Yogyakarta. Kereta bandara Yogyakarta direncanakan melayani 28 perjalanan dengan kapasitas 200 penumpang per perjalanan atau 5.600 penumpang per hari.

Pada kesempatan tersebut Menko Marves mengungkap bahwa kereta api bandara ini termasuk salah satu proyek strategis nasional dengan nilai anggaran sekitar Rp 1,1 triliun. Proyek ini mulai dikerjakan sejak tahun 2015.

Baca juga   Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta Ikuti Fact Finding Tingkat Nasional

“Operasional kereta bandara ini melengkapi sarana pendukung Bandara YIA selain moda transportasi darat lain, seperti taksi dan Bus Damri yang sebelumnya sudah beroperasi,” katanya, Jumat (27/8/2021).

Menurut Luhut, dengan adanya KA khusus bandara ini bisa mendongkrak pariwisata di DIY. Dengan kemudahan aksesbilitas bagi wisatawan diharapkan kunjungan wisata di DIY mengalami peningkatan.

Sementara itu Walikota Yogyakarta sangat bersyukur karena pengerjaan kereta bandara dapat selesai dengan cepat, ia pun berharap dengan adanya kereta tersebut dapat mendongkrak geliat pariwisata di DIY, khususnya untum Kota Yogya.

Baca juga   Keren..! Nikmati Sunrise dan Sunset di Pantai Bletok Situbondo

Terkait kenyamanan dan keamanan bagj para wisatawan yang akan datang ke Kota Yogya, Walikota mengungkapkan telah mencanangkan Stasiun Yogyakarta dan kawasan Malioboro sebagai kawasan wajib memakai Masker dan wajib vaksin.

“Ini dalam rangka percepatan program pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kota Yogyakarta,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya pencanangan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan herd imunity bagi masyarakat. Kegiatan tersebut diawali di Stasiun Yogyakarta, dan kawasan Malioboro karena kedua tempat tersebut adalah tempat dimana masyarakat sering berkumpul

“Karena kita ingin di tempat tempat masyarakat berkumpul harus wajib Masker dan Vaksin. Pencanangan ini akan kita lanjutkan ke tempat yang lainnya, seperti di perbatasan kota, tempat keramaian, serta tempat kegiatan masyarakat,” papar Haryadi. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Karimunjawa, Jumat (10/9/2021). Dengan pengembangan Bandara Dewandaru Ganjar berharap paket wisata segera dibuka.(Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Ganjar Minta Wisata Karimunjawa Diujicobakan Terbatas
Objek wisata di Pekalongan membenahi sarana dan prasarana selama tutup PPKM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Wisata

PPKM Level 4, Pengelola Wisata Pekalongan Benahi Sarana Prasarana
Ilustrasi tempat wisata di DIY. (Foto:nyatanya.com/Igantius Anto)

Wisata

PPKM Level 4, Penutupan Tempat Wisata di DIY Juga Diperpanjang
Tempat makam para Wali yang sehari-harinya didatangi ribuan peziarah dari berbagai kota di nusantara ini masih ditutup total. (Foto:nyatanya.com/Humas Kab. Magelang)

Wisata

Makam Para Wali Gunungpring Masih Ditutup untuk Peziarah
Vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif digelar Dinas Pariwisata DIY di Kawasan Hutan Pinus Mangunan dan Geosite Ngingrong. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Wisata

Percepatan Vaksinasi Pelaku Wisata, Ikhtiar Bangkit Bersama Sektor Pariwisata
Para pelaku dan pegiat pariwisata saat mencoba sepeda elektrik dan scooter, dengan latar belakang Candi Pawon. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Sepeda Elektrik dan Scooter Ramaikan Wisata Malam Candi Borobudur
Sejumlah wisatawan masih terlihat di Nol Kilometer kota Yogyakarta, Sabtu (3/7/2021) sore. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Wisata

Tunda Piknik Dulu Lur, Tempat Wisata di Yogya Tutup
Petugas Balai Konservasi Borobudur meneliti abu vulkanik Merapi. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Candi Borobudur, Pawon dan Mendut Terdampak Abu Vulkanik Gunung Merapi