Home / News

Jumat, 27 Agustus 2021 - 22:48 WIB

Kereta Bandara YIA Beroperasi, Yogya-YIA Hanya 40 Menit

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendampingi Menkomarvest Luhut Binsar Pandjaitan, soft launching Kereta Bandara Yogyakarta International Airport. (Foto: Humas Pemda DIY)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendampingi Menkomarvest Luhut Binsar Pandjaitan, soft launching Kereta Bandara Yogyakarta International Airport. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Kulonprogo – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendampingi Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarvest) Luhut Binsar Pandjaitan, soft launching Kereta Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat (27/8/2021) sore.

Kini dengan adanya KA Bandara, waktu tempuh Kota Yogyakarta-Bandara YIA menjadi hanya 40 menit.

“Dengan adanya kereta api bandara ini, jarak tempuh dari Yogyakarta ke Bandara YIA yang sebelumnya sekitar 1,5 jam bisa dipangkas menjadi 40 menit saja,” kata Menteri Luhut yang didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Lanjut Menteri Luhut, kereta api bandara termasuk salah satu proyek strategis nasional yang dikerjakan sejak tahun 2015 dengan nilai anggaran Rp1,1 triliun.

“Operasional kereta bandara ini melengkapi sarana pendukung Bandara YIA selain moda transportasi darat lain, seperti taksi dan Bus Damri yang sebelumnya sudah beroperasi,” tambahnya.

Baca juga   Hari Ini 902 Kasus Positif Covid-19 Sembuh di DIY

Beroperasinya kereta bandara ini, menurutnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Ditambah lagi, aksesibilitas bagi masyarakat akan semakin mudah dan lebih ramah lingkungan.

“Kita sudah mengetahui bahwa Yogyakarta adalah kota pelajar dan tujuan destinasi wisata. Sehingga kereta ini disiapkan untuk meningkatkan tujuan wisata ke daerah ini,” ujar Menkomarvest.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada kesempatan tersebut menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dari mulai persiapan hingga telah beroperasi.

“Walaupun memang harus diakui operasional bandara di Kulon Progo ini harus tersendat akibat pandemi Covid-19. Tapi kami punya kebanggaan, airport ini terpaksa juga agak bersedih karena juga bersamaan dengan Covid-19 sehingga tidak sesuai dengan perencanaan awal bahwa YIA ini bisa didarati tidak hanya domestik tetapi juga dari luar,” ujar Sri Sultan.

Baca juga   Hari Ini Yogya Tambah 783 Kasus, Total Menjadi 56.246 Kasus

Sri Sultan berharap masyarakat tetap bisa beraktivitas dengan keadaan sehat dengan tentunya menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Agar nantinya pandemi Covid-19 juga segera usai dan kegiatan masyarakat bisa kembali normal lagi.

“Semoga pandemi kita selesaikan sehingga bisa hidup normal sehingga keberadaan airport ini bisa memberikan akses kebanggan masyarakat Yogyakarta ini. Angan-angan kita dengan adanya International Airport ini betul-betul bisa melaksanakan sebagai kota budaya dan pariwisata,” harap Ngarsa Dalem.

Seusai peresmian, Ngarsa Dalem bersama dengan Menkomarvest, Menhub, Wakil Menteri BUMN beserta jajaran, melakukan ujicoba Kereta Bandara dengan tujuan akhir Stasiun Tugu Yogyakarta. (*)

Share :

Baca Juga

Waspada pasang air laut di perairan selatan Jawa Timur tanggal 22-27 Juni 2021. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

News

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jawa Timur
Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur KGPAA Paku Alm X. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Jatah Oksigen DIY Ditambah 47,6 Ton Setiap Hari
Sri Sultan saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-76 RI di Istana Kepresidenan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

HUT ke-76 RI di Yogya Digelar Sederhana, Sri Sultan Ajak Warga Berbesar Hati
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

99 Warga Mertoyudan Sembuh Covid-19
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Waspada! Covid-19 Varian Delta Cenderung Serang Anak-anak
Paguyuban Pemilik Sound System Magelang saat audiensi ke Bupati Zaenal Arifin di Rumah Dinas Bupati Magelang. (Foto:humas/beritamagelang)

News

PPKM Diperpanjang, Paguyuban Sound System Wadul Bupati
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Ditegur Mendagri, Pemda DIY Realisasikan Insentif bagi Nakes
Ilustrasi:nyatanya.com

News

Hari Ini 902 Kasus Positif Covid-19 Sembuh di DIY