Home / Militer

Rabu, 13 Oktober 2021 - 08:57 WIB

Ketahanan Pangan di Masa Pandemi, Kikav 2/JRTR Manfaatkan Lahan Tidur Tanami Sayuran

Satuan Kompi Kavaleri 2/JRTR Demak Ijo Yogyakarta melaksanakan program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong. (Foto:Dok Kavaleri 2/JRTR)

Satuan Kompi Kavaleri 2/JRTR Demak Ijo Yogyakarta melaksanakan program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong. (Foto:Dok Kavaleri 2/JRTR)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Masalah ketahanan pangan menjadi sangat penting sekaligus rentan bermasalah pada situasi bencana, termasuk bencana wabah penyakit seperti pandemi Covid-19.

Ketahanan pangan mengindikasikan pada ketersediaan akses terhadap sumber makanan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasar.

Dalam menghadapi penyebaran wabah virus Corona sekarang ini, Satuan Kompi Kavaleri (Kikav) 2/JRTR Demak Ijo Yogyakarta berinisiatif melaksanakan program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong di satuan setempat.

Program kegiatan ketahanan pangan dilaksanakan oleh para prajurit sejak Agustus lalu dengan memanfaatkan lahan kosong seluas 90 x 15 meter dengan menanami tanaman sayur mayur seperti sawi, kangkung,terong, timun, kacang panjang, jagung serta cabe.

Komandan Kompi Kavaleri (Dankikav) Kapten Kav Pradita Yudha Runiawan S.S.T.Han, S.I.P mengatakan, pemanfaatan lahan kosong menjadi kebun sayur-sayuran merupakan hal positif yang terus dikembangkan oleh anggota personel di satuan yang dipimpinnya.

Baca juga   Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/WP Karya Bhakti Besihkan Lapangan Bola

Hal ini menurutnya juga menjadi salah satu wujud dukungan nyata satuannya atas tindak lanjut nota kesepahaman antara TNI dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Kami pun mengimplementasikannya dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada supaya lebih produktif dan bermanfaat,” tegas tentara jebolan Akmil 2012 ini.

Bersama-sama Persit melakukan panen perdana sayuran di kebun ketahanan pangan Kompi Kavaleri 2/JRTR. (Foto:Dok Kavaleri 2/JRTR)

Dijelaskan Kapten Pradita, pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan pertanian berawal ketika dirinya baru dilantik menjabat Dankikav 2/JRTR Mei lalu. Ketika masa orientasi mengenal lingkungan satuan, ia berkeliling satuan dan melihat ada beberapa lahan kosong di satuannya, khususnya di sisi bagian selatan yang banyak ditumbuhi rumput liar serta ilalang.

“Seketika saya mengagendakan dan membuat program untuk memanfaatkan lahan tersebut lebih produktif. Lalu saya sampaikan kepada seluruh anggota prajurit sekaligus saya gelar lomba antar peleton untuk bercocok tanam. Alhamdulillah, prajurit disertai para Persit memberikan respon positif,” sambung Dankikav.

Baca juga   Pasukan Elit Bakamla Latihan Menembak Reaksi di Atas RHIB

Sementara, proses penanaman saur mayor yang dilakukan sejak Agustus lalu telah memasuki masa panen. Sejumlah anggota prajurit Kikav 2/JRTR beserta Persit secara bersama-sama melakukan panen di kebun satuan setempat, Senin (11/10/2021).

“Alhamdulillah, sore ini kita panen sayuran. Hasil tanaman ini dapat memenuhi kebutuhan sendiri dan mengurangi ketergantungan pangan dari luar. Dilain sisi dengan pangan yang lebih sehat dan segar artinya ketahanan pangan dapat terwujud,” imbuh Kapten Pradita.

Lebih lanjut dijelaskannya, melalui pemanfaatan lahan kosong untuk dijadikan kebun atau ladang bercocok tanam sayur mayur, selain membawa manfaat nilai ekonomi. Pemanfaatan lahan kosong ini juga akan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat. (N1)

Share :

Baca Juga

Anggota TNI dan warga gotongroyong merehab MCK Dk. Majasto. (Foto: Humas Sukoharjo)

Militer

Pra TMMD Reguler Ke 112 Kodim 0726/Sukoharjo Rehab MCK Warga Majasto
Prajurit Yon 403/WP laksanakan komsos dengan warga perbatasan. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Militer

Melalui Komsos Satgas Yonif 403/WP Ajak Warga Perbatasan Cinta NKRI
Serma Mulyono. Foto:nyatanya.com/ahmad zain

Kisah Operasi

Lagi Mandi Direntet Tembakan Senjata Minimi
Prajurit Koramil Tegalrejo dan Satgas BKO Armed bagikan nasi kepada warga dalam program Jumat Berkah. (Foto: dokumentasi Koramil 02/Tegalrejo)

Militer

Program Jumat Berkah Koramil Tegalrejo dan Satgas BKO Armed Bagikan Nasi
Prajurit Yon 403/WP ajarkan perempuan perbatasan Papua-PNG bikin olahan singkong. (Foto : dokumentasi Yon 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas Yonif 403/WP Ajarkan Warga Papua Bikin Makanan Olahan Singkong
Prajurit Yonmek 512/QY membuat taman warna-warni dengan manfaatkan ban bekas. (Foto: Penerangan Yonmek 512)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Sulap Halaman Paud Tunas Harapan Jadi Taman Warna Warni
Keberangkatan KRI Singa-651 menuju pulau-pulau terpencil, terluar, dan terdepan di provinsi Jawa Timur dan Bali ditandai dengan dilepasnya secara simbolis tali penambat kapal oleh Pangkoarmada II, Indah Kurnia, dan Budi Hanoto.(Foto:MC Diskominfo Prov Jatim)

Militer

Ekspedisi Singa Nusantara 2021, Sinergitas TNI AL dan BI Layani Masyarakat Terluar
Wadan Satgas Yon 403/WP siaran melalui RRI Papua. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Militer

Dukung Program Satgas Pamtas Papua-PNG, TNI Yonif 403/WP Menyapa Pendengar Setia RRI