Home / Panggung

Minggu, 10 Oktober 2021 - 17:37 WIB

Ketika Sandiaga Uno Kagumi Penampilan Dalang Cilik Alby

Sandiaga Uno berbincang dengan dalang cilik Alby saat berkunjung ke Desa Wisata Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. (Foto: Dokumentasi Kemenparekraf)

Sandiaga Uno berbincang dengan dalang cilik Alby saat berkunjung ke Desa Wisata Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. (Foto: Dokumentasi Kemenparekraf)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Saat mengunjungi Desa Wisata Rejowinangun, Kotagede Yogyakarta, Jumat (8/10/2021), selain menetapkan Desa Rejowinangun masuk sebagai 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno rupanya juga mengagumi penampilan dalang cilik Adimas Alby Ersani Widyaputra.

Sandiaga Uno begitu menikmati pertunjukan wayang kulit yang dimainkan oleh Alby. Tak segan pula Menparekraf mengutarakan kekagumannya itu. Bahkan terang terangan Sandiaga Uno men-subcribe channel YouTube milik dang dalang cilik itu.

“Ini saya subcribe ya, karena saya sangat kagum dengan Alby yang melestarikan wayang kulit sebagai salah satu budaya nasional,” ujar Sandiaga saat berbincang-bincang dengan Alby usai menyaksikan pertunjukan wayang dalam k unjungannya ke Desa Wisata Rejowinangun Kotagede Yogyakarta, baru-baru ini.

Tak disangka, saat Sandiaga mensubscribe kanal YouTube Alby maka pengikut akunnya langsung naik dan melesat menjadi lebih dari 1.000 subscriber.

Baca juga   Setelah Lama Vakum, Seniman Boyolali Ramaikan Pentas Seni

Untuk itu, Sandiaga mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan seni dan budaya masyarakat. Karena dengan kreativitas masyarakat maupun pelaku seni dalam melestarikan budaya berpotensi membuka lapangan kerja baru.

“Potensi lahirnya lapangan kerja bisa muncul melalui kreativitas masyarakat, salah satunya dengan pengembangan desa wisata budaya dengan daya tarik seperti pertunjukan dalang cilik seperti Alby. Karena dengan adanya dalang cilik yang tak semua orang bisa melakukannya tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berhubungan dan menyaksikan,” tamba Sandiaga.

Melihat penampilan dalang cilik tersebut, Sandiaga pun berpikir akan membawa Alby ke Washington DC Amerika untuk mementaskan wayangnya.

“Insya Allah kalau situasi sudah kondusif Alby akan kita bawa pentas Washington DC,” ucap Mas Menteri, sapaan akrab Sandiaga Uno.

Baca juga   Sandiaga Uno Canangkan Tebing Breksi sebagai 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2021

Untuk menambah semangat dan kreativitas Alby, Mas Menteri lantas memberikan bantuan Rp10 juta untuk membeli wayang. Bahkan siswa kelas III SD inipun mendapat bantuan ponsel pintar untuk mendukung pengembangan kanal YouTube dalam pelestarian seni budaya khususnya wayang kulit.

Sementara Alby mengaku telah belajar mendalang secara otodidak sejak berusia 3,5 tahun. Sehingga ketika saat ini berusia 9 tahun ia mahir menampilkan pertunjukan wayang bak dalang professional.

Untuk mengenalkan wayang kulit, Alby pun tidak pernah absen untuk mendalang. Konten YouTubenya sengaja dibuat untuk mempromosikan dan melestarikan wayang kulit sebagai salah satu warisan kebudayaan Jawa.

“Saya juga bangga sekaligus senang mendapat perhatian dari Bapak Menteri, apalagi Pak Menteri Uno ikut nonton pertunjukan wayang saya,” ungkap Alby yang kemudian berfoto bersama Sandiaga Uno. (Aja)

Share :

Baca Juga

Koes Hendratmo dan Aprilia Puspitawati (Foto: www.instagram.com/p/B8bs7NpgRpI/)

Panggung

Koes Hendratmo ‘Berpacu Dalam Melodi’ Meninggal Dunia
Penyerahan sembako kepada warga sekitar Radio Geronimo. Foto: nyatanya.com/Dokumentasi Geronimo

Panggung

50 Tahun Radio Geronimo, Optimistis dengan Perubahan Zaman
Happy Asmara dan lagu baru 'Tak Warahi Carane' (Foto: Instagram @happy_asmara77)

Panggung

Happy Asmara Curhat Lewat Lagu Baru ‘Tak Warahi Carane’
Kemeriahan Wayang Jogja Night Carnival edisi 2019. (Foto: Tangkapan layar YouTube Evio Media)

Panggung

Wayang Jogja Night Carnival #6 Digelar 7 Oktober 2021
Salah satu kartun karya peserta Kontes Kartun 'Merdeka Guyonan, Guyonan Merdeka'. (Foto: Instagram Pakarti)

Panggung

Pakarti Gelar Kontes Kartun ‘Merdeka Guyonan, Guyonan Merdeka’
Topeng Kekasih, komedi Jedink Production. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Panggung

Usung Lakon Topeng Kekasih, Komedi Jedink Masuki Episode 34
Agnes Monica. Foto:nyatanya.com/Instagram agnezmo

Panggung

Agnez Mo Buka Klinik Gratis untuk Vaksinasi Covid-19
Safira Inema. (Foto:nyatanya.com/@Safirainema_)

Panggung

Lagu ‘Jang Ganggu’ Safira Inema, 1 Jam Tayang Sudah Ditonton 11 Ribu Kali