Home / Panggung

Senin, 28 November 2022 - 11:16 WIB

Kineidoscope 2022, Event Gelaran MM Kine Klub UMY yang Tak Sekadar Nonton Film

Film berjudul Dusner dari MM Kine Klub UMY dan pernah juara festival film pendek pada 2022 termasuk yang diputar di event Kineidoscope. Foto: Ist

Film berjudul Dusner dari MM Kine Klub UMY dan pernah juara festival film pendek pada 2022 termasuk yang diputar di event Kineidoscope. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Muhammadiyah Multimedia (MM) Kine Klub dikenal sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang banyak berkegiatan di bidang perfilman.

Tak sedikit film pendek yang diproduksi MM Kine Klub UMY terpilih menjadi juara dalam festival film pendek yang diselenggarakan berbagai pihak. Adapun event tahunan yang digelar MM Kine Klub UMY, yakni bertajuk Kineidoscope.

Pada tahun ini, Kineidoscope diselenggarakan selama empat hari. Rangkaian acaranya antara lain ada pemutaran film, diskusi, hingga seminar perfilman. Tak hanya mahasiswa, masyarakat umum pun boleh mengikuti rangkaian acara tersebut.

Penonton antusias mengikuti rangkaian Kineidoscope seperti saat ada pemutaran film pendek. Foto: Ist

Menurut Budi Dwi Arifianto MSn selaku steering committee dari Kineidoscope 2022, ada 69 judul film pendek dari 18 festival yang diputar dalam rangkaian acara Kineidoscope 2022.

“Kineidoscope dapat menjadi tolak ukur perfilman selama satu tahun terakhir, kemudian dapat digunakan oleh pegiat film untuk melihat tren apa yang sedang diminati penonton,” jelasnya, baru-baru ini.

Baca juga   Citrus Studio Gelar Pameran Keramik "Soil Distortion" di Djawata Gallery

Budi yang juga pembina dari MM Kine Klub UMY berharap, Kineidoscope bisa terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya dan semakin berkembang.

Manfaatnya antara lain dapat menjadi tolak ukur perfilman selama satu tahun terakhir. Bahkan bisa pula menjadi ajang bertemunya para film maker serta menjadi penyambung apresiasi dunia perfilman di Indonesia.

Suatu hal yang banyak ia syukuri pula, selama empat hari pelaksanaan,Kineidoscope 2022 mendapatkan antusiasme yang cukup baik tidak hanya dari pecinta film, namun juga masyarakat secara umum.

“Di samping pemutaran film dari berbagai daerah seperti Balikpapan, Sumbawa dan Papua, Kineidoscope 2022 juga mengadakan, jelajah budaya melalui film hingga seminar terbuka yang membahas mengenai advokasi dalam dunia perfilman,” bebernya.

Dijelaskan Budi, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, Kineidoscope 2022 mengusung konsep yang sedikit berbeda. Tak hanya film pendek hasil produksi MM Kine Klub saja yang diputar.

Baca juga   Setahun Hasilkan Lebih 1.000 Karya Lukis, Pelukis Difabel Raynaldi Halim Diganjar Rekor MURI 

Namun, berbagai film pendek yang pernah memenangkan berbagai festival film pada 2022 juga turut diputar pada acara yang digelar di Gedung Societet Militaire, Yogyakarta.

“Kami merasa bahwa selama ini film-film yang kami putar hanya ditonton oleh kalangan sendiri. Maka, pada tahun ini kami membuat sedikit modifikasi agar Kineidoscope bisa lebih menasional,” tegasnya.

Masih menurutnya, upaya yang dilakukan MM Kine Klub UMY untuk berjejaring dengan berbagai festival film untuk dapat saling bekerja sama, bukanlah hal yang mudah.

“Hal seperti ini memerlukan upaya yang besar dalam menggandeng panitia festival film agar terlibat hingga mengkurasi film-film pendek yang masuk pula,” ungkap Budi.

Ditambahkan, Kineidoscope rutin digelar setiap akhir kepengurusan MM Kine Klub dari satu tahun periode. Termasuk pula sebagai wadah bagi teman-teman pengurus MM Kine Klub UMY untuk laporan akhir tahun.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

“Road to Premiere with Live Performance - Pemutaran Video Pagelaran Sabang – Merauke” di Balai Utari Gedung Mandala Bakti Wanita Tama, Sleman, Senin (16/5/2022). Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Sukses di Candi Prambanan, Pagelaran Sabang – Merauke Diboyong Pentaskan ke Jakarta
Rachel Vennya. (Foto: Instagram @rachelvennya)

Panggung

Rachel Vennya Menyesali Kesalahannya, Sampai Takut Bertemu Orang Lain
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menjadi bintang tamu pentas ketoprak bersama mantan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengusung lakon Taman Mancawarna. (Foto: Humas Jateng)

Panggung

Momen Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo Ger-geran Main Ketoprak
Suasana penerimaan karya dan persiapan display pameran Taman Bunga Felitik Kecil #2n. Foto: Ist

Panggung

Lintas Batas Komunitas Gelar Pameran Taman Bunga Geletik Kecil #2 di Cafe Macan
LT RadioNet menggelar Bincang Malam di LT Studio Sewon Bantul Yogyakarta, Rabu 5 April 2023. (Foto: Ist)

Panggung

Kondisi Musik Rock di Yogya Makin Menggeliat, Begini Kata Pengamat
Personil Pa Pat 1, dari kiri: Godek Mintorogo, Sigit Handari, Watie Respati, Karte Wardaya dan Judi Rismanto. Foto: Ist

Panggung

Suguhkan 25 Lukisan, Kelompok Pa Pat 1 Gelar Pameran di Galeri Kopi Macan
Jane Shalimar. (Foto:nyatanya.com/Instagram @janeshalimar_1)

Panggung

Setelah Berjuang Melawan Covid-19, Jane Shalimar Meninggal Pagi Tadi
Suasana workshop Sinematografi Sangkan Paraning Pakaryan. Foto: Ist

Panggung

IMM AR Fahkruddin Yogyakarta Gelar Workshop Sinematografi “Sangkan Paraning Pakaryan”