Home / Olga

Senin, 14 Februari 2022 - 21:52 WIB

Kirab Obor Pekan Special Olympic Nasional 2022 Tiba di Kabupaten Sukoharjo

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menerima kirab obor PeSONas 2022 dari panitia PeSONas Kabupaten Wonogiri, di Pendapa Graha Satya Praja, Jumat (11/2/2022). (Foto: MC Kab Sukoharjo)

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menerima kirab obor PeSONas 2022 dari panitia PeSONas Kabupaten Wonogiri, di Pendapa Graha Satya Praja, Jumat (11/2/2022). (Foto: MC Kab Sukoharjo)

NYATANYA.COM, Sukoharjo – Kirab obor virtual dan ekspresi seni budaya Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) 2022 sampai di Kabupaten Sukoharjo.

Kirab obor tersebut diterima Bupati Sukoharjo Etik Suryani, dari panitia PeSONas Kabupaten Wonogiri, di Pendapa Graha Satya Praja, Jumat (11/2/2022).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sukoharjo Setyo Aji Nugroho mengatakan, pelaksanaan PeSONas di Kabupaten Sukoharjo akan berlangsung empat hari mulai 11 – 14 Februari 2022. Kegiatan akan berlangsung di sanggar inklusi se-Kabupaten Sukoharjo.

Adapun peserta ekspresi seni budaya adalah seluruh sanggar inklusi di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 12 sanggar.

“Pada 15 Februari nanti akan dilakukan penyerahan obor pada panitia PeSONas Jawa Tengah yang kemudian dibawa ke Kabupaten Boyolali,” terang Aji.

Baca juga   Peparnas XVI Papua, Hari Ini Empat Cabor Mulai Bertanding

Pada kesempatan tersebut Bupati Etik Suryani menyampaikan, kegiatan Special Olympic merupakan gerakan untuk memberi kesempatan, merangkul, dan menumbuhkembangkan bakat atlet special olympic.
Nantinya, diharapkan dapat membuka pikiran masyarakat untuk menerima disabilitas intelektual, dengan cara mengumandangkan kesamaan harkat dan martabatnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Disabilitas intelektual adalah kelompok orang yang lemah dalam intelegensinya. Mereka mengalami kesulitan dalam berbagai aspek kehidupan, sehingga selalu membutuhkan pendampingan. Berbeda dengan disabilitas lain, disabilitas intelektual punya kendala besar dalam berkomunikasi dengan pihak lain,” terangnya.

Etik melanjutkan, dalam kehidupan sehari-hari disabilitas intelektual cenderung kurang berinteraksi.

Untuk itu, pemerintah akan mencari upaya yang lebih komprehensif untuk mengembangkan anak-anak bertalenta khusus atau disabilitas intelektual.

Baca juga   Pemkab Sukoharjo Jamin Pendidikan Anak Yatim Piatu Karena Corona

Sebab, disabilitas intelektual adalah bagian dari kelompok rentan yang memiliki hak yang sama dengan warga negara lain, dalam kehidupan bernegara.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Kegiatan PeSONas 2022 ini merupakan bentuk dukungan pemerintah, termasuk Pemkab Sukoharjo, kepada atlet bertalenta khusus,” ujar Etik.

Ia berharap kegiatan PeSONas tersebut bisa menghasilkan atlet-atlet bertalenta khusus.

Etik juga meminta pada semua pejabat dan masyarakat di Kabupaten Sukoharjo untuk mengampanyekan dunia inklusi, dan berperan serta secara aktif mendukung penyandang disabilitas sebagai anak yang memiliki talenta khusus, dan didukung menjadi atlet berprestasi pada masa yang akan datang.

(N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Blora, H. Arief Rohman membuka dua event olahraga (olga) dan komunitas di Kecamatan Cepu, Minggu (19/12/2021). Yakni Turnamen Golf bertajuk KA PPSDM Migas Golf Tournament 2021 di lapangan golf Nglajo, dan Lomba Kicau Burung “Bupati Cup Blora feat 3 Kawan Lama” di halaman parkir Gedung SOOS Cepu. (Foto: MC Kab BLora/Teguh)

Olga

Buka Event Olga, Bupati Berharap Sport Tourism Blora Terus Berkembang
Pengda DIY Shokaido menggelar ujian kenaikan sabuk di Segoroyoso, Pleret, Bantul. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Olga

45 Karateka Ikuti Ujian Kenaikan Sabuk di Dojo Shokaido Segoroyoso
Team Rally Gumregah Jogja Motorsports siap berlaga di ajang Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022. Foto: Ist

Olga

Team Rally Gumregah Jogja Motorsports Dilaunching, Diperkuat Pebalap Kondang Emmanuel Amandio
Atlet para-atletik Jawa Tengah, Priyano sukses meraih medali emas pertama bagi provinsinya. (Foto:ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Olga

Priyano Belum Terkalahkan di Cabor Lempar Cakram Peparnas Papua
Bupati Magelang Zaenal Arifin memberikan sejumlah bonus/tali asih kepada para atlet dan pelatih yang telah mengukir prestasi dalam ajang National Paralympic Commite (NPC) PEPARNAS Papua 2021, POPDA Jateng, PON, Kejurnas dan Kejurprov 2021. (Foto: humas/beritamagelang)

Olga

Bupati Magelang Beri Bonus Atlet dan Pelatih Berprestasi
Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr. Taqwallah, mewakili Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menerima pataka Pekan Olahraga Nasional (PON) pada acara penutupan PON Papua 2021. (Foto:PBPONPapua)

Olga

PON Papua Usai, Aceh-Sumut Siap Jadi Tuan Rumah PON 2024
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan bonus kepada para atlet yang berhasil memperoleh medali pada ajang PON XX Papua. (Foto: Humas Sleman)

Olga

Ganjar Bonus, Pemkab Sleman Sambut Kedatangan Atlet PON Papua XX
Presiden Joko Widodo. (Foto:Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden/kemenpora.go.id)

Olga

Sumbang 3 Medali di Paralimpiade, Presiden Jokowi: Tak Ada yang Bisa Hentikan Leani Ratri Oktila