Home / Panggung

Jumat, 24 September 2021 - 10:07 WIB

KJRI Mumbai dan Keraton Yogya Gelar Pertunjukan Kolaborasi Wayang Orang “Gana Kalajaya”

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sebagai upaya berkelanjutan dalam mempromosikan pariwisata Indonesia kepada masyarakat India dan dunia, sekaligus mengangkat kemiripan serta keunikan cultural heritage yang dimiliki oleh Indonesia dan India, Konsulat Jenderal RI di Mumbai berkolaborasi dengan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat akan menyelenggarakan sebuah pertunjukan virtual Wayang Orang (Wayang Wong) “Gana Kalajaya”, Sabtu (25/9/2021) pukul 19.00 – 22.30 WIB / 17.30 – 21.00 IST.

Wayang Wong “Gana Kalajaya” merupakan sebuah kisah klasik tentang kelahiran Batara Gana/ Dewa Ganesha dalam versi Keraton Yogyakarta. Sebagai tokoh sentral dalam pertunjukan ini, Batara Gana digambarkan sebagai makhluk berbadan manusia dengan kepala gajah, memiliki kesaktian serta gading yang kuat.

Karena jasanya dalam menaklukkan raja raksasa Prabu Nilaudraka, ia diangkat sebagai salah satu dewa di kahyangan dengan gelar Batara Gana atau Batara Ganesha. Wayang Wong “Gana Kalajaya” adalah karya spesial (Yasan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X, Raja Kesultanan Yogyakarta.

Baca juga   Bank Jateng Gandeng Kodim Yogya Salurkan Paket Sembako

Batara Gana/ Dewa Ganesha atau Lord Ganesha merupakan salah satu dewa yang diagungkan di dalam kehidupan masyarakat Hindu di India sebagai Dewa Ilmu Pengetahuan. Lord Ganesha juga dianggap sebagai simbol kebijaksanaan, perlindungan, dan keberuntungan.

Pemilihan cerita “Gana Kalajaya” pada pertunjukan kali ini dirasa sesuai dengan suasana perayaan Festival Ganesh Chaturthi di India, terutama di Mumbai, Maharashtra, yang berlangsung selama sepuluh hari pada awal bulan September.

“Pertunjukan Wayang Wong “Gana Kalajaya”, akan disiarkan secara langsung (live streaming) dari Pelataran Srimanganti Keraton Yogyakarta melalui kanal YouTube dan Zoom, agar dapat disaksikan oleh masyarakat dan berbagai kalangan di Mumbai, Maharashtra dan wilayah lainnya di India. Pertunjukan ini juga dapat disaksikan oleh masyarakat di Indonesia dan berbagai negara lainnya,” demikian bunyi siaran pers yang diterima nyatanya.com, Jumat (24/9/2021).

Baca juga   Positif Covid-19 di DIY Hari Ini Tambah 688 Kasus, Meninggal 21 Orang

Selain sebagai bagian dari kegiatan promosi pariwisata, seni dan budaya, penyelenggaraan pertunjukan virtual Wayang Wong “Gana Kalajaya” juga merupakan bagian dari perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Melalui pertunjukan virtual Wayang Wayang Wong “Gana Kalajaya”, diharapkan dapat makin mempererat hubungan Indonesia dan India. Tidak hanya itu, semoga pagelaran ini meningkatkan hubungan people to people contact serta meningkatnya kunjungan wisatawan India ke Indonesia pada masa mendatang.” (Aja)

Share :

Baca Juga

Regeneration #2 karya Deddy PAW. (Foto:nyatanya.com/MayinArt)

Panggung

Pameran Seni dan Launching Gallery MayinArt Indonesia “If Walls Could Speak”
Fafa Yolanda. (Foto:nyatanya.com/dokumentasi)

Panggung

Fafa Yolanda, ke Yogya Kembangkan Talenta Menyanyi
Sidik Martowidjojo dan lukisannya berjudul "Alam Luas", ukuran 141 x 603 cm dengan media cat air di atas kertas.(Foto: agoes jumianto)

Panggung

Pelukis Sidik Martowidjojo Gelar Pameran Tunggal di Pit Mabuk Art Venue
Topik Sudirman dan Dory Harsa berkolaborasi lewat lagu Piyambakan. (Foto:nyatanya.com/YouTube Dory Harsa Music)

Panggung

Berdua, Dory Harsa dan Topik Sudirman Rilis ‘Piyambakan’
Agnes Monica. Foto:nyatanya.com/Instagram agnezmo

Panggung

Agnez Mo Buka Klinik Gratis untuk Vaksinasi Covid-19
Pergelaran wayang bertemakan "Amanat 5 September". (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Disbud Kota Yogya Gelar Wayang Sejarah “Amanat 5 September”
Via Vallen feat Chevra dengan lagu baru 'Memandangmu'. (Foto: YouTube Via Vallen Official)

Panggung

Lagu ‘Memandangmu’ Via Vallen, 4 Jam Tayang Sudah Ditonton 62.683 Kali
Rafael Putra Robert dengan lagu barunya 'Damai Indonesiaku' ciptaan Anton Obama. (Foto: YouTube PT Aoma Record Indonesia)

Panggung

Gibran Rakabuming ‘Bintangi’ Single Lagu ‘Damai Indonesiaku’ Penyanyi Cilik Rafael