Home / News

Selasa, 8 Februari 2022 - 17:54 WIB

KKP Gagalkan Aksi Kapal Ikan Ilegal Berbendera Malaysia di Selat Malaka

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menghentikan aksi satu kapal ikan asing pencuri ikan berbendera Malaysia, yang beroperasi di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 571 Selat Malaka. (Foto: Humas KKP)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menghentikan aksi satu kapal ikan asing pencuri ikan berbendera Malaysia, yang beroperasi di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 571 Selat Malaka. (Foto: Humas KKP)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menghentikan aksi satu kapal ikan asing pencuri ikan berbendera Malaysia, yang beroperasi di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 571 Selat Malaka.

Penangkapan yang dilakukan oleh Kapal Pengawas Hiu 01 pada Sabtu (5/2/2022). Hal itu menunjukkan kesigapan aparat Indonesia dalam melindungi sumber daya kelautan dan perikanan di laut Indonesia.

“Satu kapal ikan asing berbendera Malaysia berhasil diamankan aparat karena diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di WPP 571 Selat Malaka,” terang Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, di Jakarta, Selasa (8/2/2022).

Adin mengungkapkan bahwa meski cuaca tengah tidak mendukung, namun aparat Kapal Pengawas Hiu 01 tetap tidak kendor melumpuhkan kapal bernama KM. PKFA 7496 (38,01 GT) ini. Tepat pada posisi 03’08.501 LU – 100’38.214 BT Perairan Selat Malaka, KM. PKFA 7496 berhasil dikuasai aparat.

Baca juga   54 Kapal Nelayan di Cilacap Terbakar, 547 Awak Kapal Terdampak

“Sesuai arahan Menteri Kelautan dan Perikanan, komitmen kami jelas. Zero tolerance untuk illegal, unreported and unregulated (IUU) fishing,” tegas Adin.

Adin juga menyampaikan bahwa dalam upaya memerangi praktik illegal fishing di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, pihaknya juga terus akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan aparat penegak hukum Malaysia.

Hal tersebut juga sejalan dengan pertemuan bilateral yang dilaksanakan antara Menteri Kelautan dan Perikanan dengan Menteri Dalam Negeri Malaysia pada 24 Januari 2022 lalu.

“Tentu selain langkah penegakan hukum, kami akan terus memperkuat kerja sama antar negara dalam pemberantasan illegal fishing,” ujar Adin.

Sementara itu, Kepala Stasiun PSDKP Belawan, Andri Fahrulsyah menyampaikan bahwa KM. PKFA 7496 sendiri melakukan praktik illegal fishing dengan mengoperasikan alat tangkap terlarang yakni trawl. Kapal tersebut juga diawaki oleh empat orang awak kapal berkewarganegaraan Indonesia.

Baca juga   Larang Gunakan Cantrang, KKP Permudah Perizinan Nelayan Beralih Alat Tangkap

“Kapal dan sejumlah barang bukti, serta awak kapal berkewarganegaraan Indonesia dibawa ke Satwas PSDKP Dumai untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Andri.

KKP terus menunjukkan komitmennya dalam menjaga kedaulatan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan di laut Indonesia. Sebanyak sembilan kapal yang terdiri dari empat kapal ikan asing ilegal berbendera Malaysia dan lima kapal ikan Indonesia yang melanggar aturan telah berhasil diamankan KKP selama 2022.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Trenggono, juga menyampaikan posisi tegasnya yang tidak memberikan toleransi terhadap praktik illegal fishing dan meminta aparat Ditjen PSDKP untuk bertindak tegas.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: InfoPublik)

News

Menko Marves: Terkendali, Meski Ada Peningkatan Kasus Covid-19 di 105 Daerah
Rapat koordinasi Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Polda DIY dan Polresta di Balai Kota Yogyakarta, Selasa (12/4/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Jalin Sinergitas Jaga Kota Yogya Aman, Begini Langkah Pemkot Merespon Klitih
KRI Dewaruci selesaikan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022. Foto: Kemendikbudristek

News

30 Hari Berlayar, KRI Dewaruci Selesaikan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022
Foto: BPMI Setpres

News

Presiden: Jangan Ganggu Investasi yang Masuk ke Indonesia
Presiden Joko Widodo (kanan) menyampaikan pandangannya dalam Working Session 3 KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Zabur Karuru/ny

News

Di Pertemuan Sesi Ketiga KTT G20, Presiden Jokowi Serukan Perang Dihentikan
Tim intel dan penindakan Kantor Imigrasi Klas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil mengamankan seorang Warga Negara (WN) Filipina berinisial RLA yang memasuki wilayah NTT melalui jalur tikus. (Foto: ANTARA)

News

Imigrasi Merauke Amankan WN Filipina yang Masuk Wilayah Indonesia Lewat Jalur Tikus
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Hingga 2 Agustus Kasus Covid-19 Tambah 5.827, Meninggal 24 Orang
Ilustrasi. Foto: Ist

News

Bareskrim Polri Periksa Dua Perusahaan Farmasi Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut