Home / Peristiwa

Minggu, 1 Mei 2022 - 18:31 WIB

KKP-Polri Gagalkan Penyelundupan 506.600 BBL di Palembang

Foto: Dok.KKP

Foto: Dok.KKP

NYATANYA.COM, Palembang – Menjelang Hari Raya Idulfitri, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tak mengendurkan penindakan upaya penyelundupan benih bening lobster (BBL) atau benur.

Bersinergi dengan Ditpolairud Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Palembang, berhasil mendeteksi pergerakan para penyelundup lobster di Palembang.

“Kami berkordinasi dengan Polda dan mendapatkan info ada pergerakan lobster dan dilakukan operasi penangkapan Kamis malam,” kata Kepala BKIPM Palembang, Yoyok Fibrianto di kantornya, Sabtu, (30/4/2022).

Dari pengungkapan ini, Kamis (28/4/2022) malam sekira pukul 23.30 WIB, aparat berhasil menyita 506.600 ekor benur. Barang bukti tersebut ditemukan dalam 88 box styrofoam yang hendak diselundupkan ke pasar internasional melalui pelabuhan tangkahan.

Baca juga   Ditemukan 46 Botol Miras Oplosan di Stadion Kanjuruhan, Polisi Pastikan Tindak Tegas Pelaku Anarkis

Tak hanya itu, 3 orang tersangka langsung ditahan oleh Polda Sumatera Selatan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Ada 2 speedboat dan 1 kendaraan minibus juga yang disita petugas, sekarang 3 pelaku sudah ditahan di Polda,” ujar Yoyok.

Setelah dilakukan pencacahan, 506.600 ekor BBL tersebut terdiri dari 493.400 ekor jenis pasir dan sisanya jenis mutiara.

Yoyok memastikan, setelah berkoordinasi dengan jajaran Ditjen Pengelolaan Ruang Laut, benur-benur ini akan dilepasliarkan di perairan Lampung.

“Kita koordinasi dan bersinergi dengan teman-teman di PRL dan direkomendasikan untuk pelepasliaran di perairan Lampung,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Yoyok mengingatkan agar para pelaku penyelundupan mulai mempertimbangkan untuk menghentikan kegiatan mereka. Terlebih pelaku penyelundupan benur bisa dijerat dengan Pasal 92 jo Pasal 26 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, sebagai Perubahan dari UU Nomor 45 Tahun 2009 dan UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Baca juga   Ketua DPD Minta Polisi Tangkap Bos Judi Besar, Bukan Kejar Operator Lapangan

“Ancaman pidananya 8 tahun, jadi mending tobat menyelundupkan benur dari sekarang karena kita akan terus kejar bersama Polri,” tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menegaskan komitmennya terhadap budidaya lobster dalam negeri. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17 Tahun 2021 yang sekaligus melarang ekspor benur.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo mencoba pakaian adat Tobelo. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Dianggap Peduli Budaya, Tokoh Adat Tobelo Ini Serahkan Baju Adat untuk Ganjar
Selama 2021 ini, Dinperinaker telah membuka tiga angkatan pelatihan kerja berbasis kompetensi. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Siapkan Tenaga Kerja Siap Pakai, Dinperinaker Temanggung Latih 112 Orang
Begini kondisi mobil yang terlibat kecelakaan di Jembatan Suramadu, Kamis (19/5/2022) sore tadi. (Foto: Ist/selalu.id)

Peristiwa

Dua Mobil Adu Banteng di Jembatan Suramadu, Begini Kondisinya
Foto: Dok.Polres Dogiyai/tribratanews

Peristiwa

Polisi Tangkap Pelaku Pengeroyokan Anggota TNI Koramil Moanemani
Lapas di Indonesia mengalami kelebihan kapasitas sebanyak 88 persen dari kapasitas yang ada. Oleh karena itu, Ditjenpas semakin gencar melakukan upaya untuk mengatasi kelebihan kapasitas di lapas. (Foto:ditjenpas.go.id)

Peristiwa

Kemenkumham Optimalkan Remisi untuk Atasi Kelebihan Kapasitas di Lapas
Para pemenang AIPD tahun 2021 menerima hadiah dan penghargaan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Festival Inovasi Jogja, Digelar 13-18 November 2021 di Taman Pintar
Yayasan Buddha Tzu Chie salurkan bantuan beras untuk masyarakat terdampak pandemi Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Yayasan Budha Tzu Chi Bantu 10.000 Karung Beras
Sekolah di Kota Yogyakarta siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. Berbagai kesiapan telah dimatangkan, antara lain penegakan protokol kesehatan (prokes) serta memaksimalkan peran Satgas Covid-19 di sekolah. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Sekolah di Kota Yogya Mantapkan Kesiapan PTM 100 Persen