Home / Olga

Senin, 4 Oktober 2021 - 08:19 WIB

Klasemen Sementara, DKI Melesat Tuan Rumah Mengejar

NYATANYA.COM, Jayapura – Atlet-atlet dari 34 provinsi saling bersaing untuk merebut keping demi keping medali pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

Setelah dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021), seluruh kontingen kian bernapsu untuk menambah pundi-pundi medali mereka.

Posisi DKI Jakarta belum tergoyahkan di puncak klasemen sementara perebutan medali. Dikutip dari infopubli.id, hingga Senin (4/10/2021) pukul 07.00 WIT, juara 11 kali PON ini berhasil mengumpulkan 35 emas, 21 perak, dan 24 perunggu. Tuan rumah menguntit di peringkat kedua dengan torehan 28 emas, 12 perak, dan 27 perunggu.

Papua mampu menjaga jarak aman dari juara umum PON 2016, Jawa Barat (Jabar), yang mulai merangsek ke urutan ketiga melewati Jawa Timur (Jatim). Jabar, juara empat kali PON, sejauh ini telah mengoleksi 22 emas, 23 perak, dan 28 perunggu. Sepanjang Minggu (3/10/2021), Jabar menjadi kontingen pendulang emas tersubur yakni 11 keping.

Baca juga   PON XX Papua Lahirkan Tujuh Rekor Baru

Berikutnya ada Jatim, juara PON 2000 dan 2008, mengisi peringkat keempat dengan 16 emas, 21 perak, dan 17 perunggu. Jatim sukses menjadi juara umum cabang olahraga wushu dan sandingkan emas tenis beregu putra dan putri PON Papua. Posisi kelima ditempati Jawa Tengah dengan 9 emas, 15 perak, dan 18 perunggu.

Secara keseluruhan sebanyak 31 provinsi telah berhasil merebut medali dan bertengger namanya di papan klasemen perolehan medali sementara. Sebanyak 497 keping medali terdiri dari 146 emas, 144 perak, dan 207 perunggu sudah diboyong pulang para atlet dari ke-31 provinsi tersebut.

Selain itu, sebanyak 11 cabang olahraga di empat klaster penyelenggaraan PON 2021 Papua telah menyelesaikan seluruh nomor lomba mereka. Di klaster Kabupaten Mimika, futsal dan judo kemudian muaythai, bisbol putra, sofbol putra (klaster Kabupaten Jayapura), lalu sepatu roda, canoeing (klaster Kota Jayapura), dan wushu di Kabupaten Merauke menggelar partai final terakhir pada Minggu (3/10/2021).

Baca juga   Kunjungi Kampung Yoka, Ganjar Tawarkan Kerja Sama Desa Jateng-Papua

Dua atlet senior nasional menyatakan pensiun usai membawa tim masing-masing meraih emas. Atlet wushu senior nasional sekaligus juara dunia 2015 yang menjadi andalan Sumatra Utara, Juwita Niza Wasni menyatakan pensiun sebagai atlet usai meraih emas PON Papua.

“Ini adalah penampilan terakhir saya setelah 14 tahun sebagai atlet. Saya bersyukur sekali karena mengakhiri karier dengan manis, menyumbangkan medali emas bagi Sumut di PON Papua,” kata juara Asian Games Incheon 2014 itu seperti dilansir Antara.

Hal serupa dilakukan pemain bisbol senior nasional sekaligus kapten tim DKI Jakarta, FX Donny Trisnadi. Ia menyatakan gantung tongkat bisbol usai membawa kontingen ibu kota merebut emas PON Papua.

PON 2021 Papua diikuti 7.039 atlet dan 3.576 orang ofisial dari 34 provinsi. Para atlet akan bertanding pada 37 cabang olahraga, 56 disiplin pertandingan, 681 nomor pertandingan, serta memanfaatkan 44 arena lomba. Para olahragawan ini akan memperebutkan 681 medali emas, 681 perak, dan 681 perunggu. (*)

Share :

Baca Juga

Pebasket putri DKI Jakarta Valenia Chrishanti (kanan) berusaha melewati pebasket putri Papua Violita Nomantari (tengah) dan Adriana Kayok (kanan) pada pertandingan babak penyisihan basket putri 5x5 PON Papua di GOR Mimika Sport Centre, Senin (4/10/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/tom)

Olga

DKI Jakarta Bertemu Jatim di Semifinal Basket
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan harapannya dalam peringatan Haornas ke-38 tahun 2021. (Foto:bagus/kemenpora.go.id)

Olga

Presiden Jokowi: Haornas ke-38 Diperingati dengan Catatan Prestasi Membanggakan
Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu melaju ke perempat final cabang bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. (Foto:nyatanya.com/noc indonesia)

Olga

Greysia/Apriyani Melaju ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020
Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan medali emas kemenangannya di Olimpiade 2020 Tokyo. (Foto: @Kemenag_RI)

Olga

Indonesia Jago! Greysia Polii/Apriyani Sabet Emas Olimpiade 2020
Lomba pacuan kuda kepang, salah satu agenda Pemkab Sleman dalam rangka Hari Olahraga Nasional. (Foto:Humas Sleman)

Olga

Lomba Olahraga Tradisional Warnai Haornas di Sleman
Atlet cabang olahraga atletik Syamsuddin Massa mengikuti latihan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Lapangan Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan, Senin (20/9/2021). Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan mengikutsertakan sebanyak tiga atlet dari sejumlah nomor cabang olahraga atletik pada PON Papua. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa)

Olga

Hari Ini Cabor Atletik Mulai Digelar di Mimika Sport Complex
Ketua Umum Sub PB PON Klaster Merauke, Romanus Mbaraka didampingi Forkopimda Kabupaten Merauke secara resmi membuka PON XX Papua 2021 Klaster Merauke. (Foto:MCMerauke)

Olga

Diawali Cabor Wushu, PON XX Papua Klaster Merauke Resmi Dibuka
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati melepas dua atlet dan dua pelatih dari Kabupaten Sragen, yang tergabung dalam kontingen Jawa Tengah PON XX Papua. (Foto: Diskominfo Sragen)

Olga

Optimis Raih Medali, Bupati Sragen Dukung Atletnya di PON Papua