Home / Peristiwa

Rabu, 4 Agustus 2021 - 14:14 WIB

Klaten Siapkan Tempat Isolasi Terpusat Khusus Ibu Hamil dan Menyusui

Edotel Klaten mulai difungsikan sebagai tempat isolasi terpusat bagi ibu hamil dan menyusi. (Foto: Diskominfo Klaten)

Edotel Klaten mulai difungsikan sebagai tempat isolasi terpusat bagi ibu hamil dan menyusi. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Pemerintah Kabupaten Klaten memfungsikan Edotel sebagai tempat isolasi terpusat khusus ibu hamil dan menyusui yang terpapar Covid-19, mulai Selasa (3/8/2021).

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan perawatan dan pemantauan kondisi ibu hamil dan menyusui yang terkonfirmasi postif.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, tempat isolasi terpusat khusus ibu hamil dan menyusui merupakan terobosan Pemkab Klaten dalam upaya penanganan Covid-19.

Ibu hamil menjadi perhatian khusus karena memiliki risiko tinggi saat tertular Covid-19. Risiko dinilai semakin besar bila harus mengikuti isolasi bersama pasien lain.

“Selain itu juga ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 membutuhkan perhatian khusus, agar asupan gizinya terpenuhi dan tidak berdampak pada janin. Sehingga tidak terjadi anak lahir stunting,” ungkapnya.

Baca juga   Bupati Sukoharjo Lantik 415 Pejabat Secara Virtual

Menurut bupati, difungsikannya Edotel sebagai tempat isolasi terpusat khusus ibu hamil dan menyusui, bertujuan memberikan fasilitas yang aman dan memadai bagi ibu menyusui dan anaknya.

Bagaimana pun anak-anak rentan bila harus mengikuti isolasi bersama pasien lain. Karenanya, selain fasilitas kamar untuk masing-masing pasien isolasi, disiagakan pula tenaga medis yang akan memantau kondisi pasien.

Ditambahkan, awalnya Edotel difungsikan sebagai tempat isolasi terpusat kabupaten yang menampung pasien isolasi umum. Saat ini total kapasitas Edotel sebanyak 50 tempat tidur yang dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, yang akan mengikuti isolasi terpusat.

Baca juga   Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 109 Orang

Selain Edotel, terdapat tiga lokasi lain yang saat ini menjadi tempat isolasi terpusat Kabupaten Klaten. Yakni GOR Gelarsena digunakan pasien laki-laki, dan Panti Semedi untuk perempuan.

Selain itu disiapkan pula tempat isolasi terpusat di Pusat Pendidikan Satpam di Jogonalan. Adapun syarat untuk pasien isolasi terpusat nonmedis tersebut, yakni mereka yang memiliki gejala ringan hingga sedang.

“Saat ini mulai ditata agar pemantauannya lebih mudah. Tujuannya agar masyarakat yang mengikuti isolasi terpusat menjadi lebih nyaman. Kapasitasnya juga akan dimaksimalkan di tingkat kabupaten,” paparnya. (*)

Share :

Baca Juga

(nyatanya.com)

Peristiwa

Sejumlah Wartawan Terpapar Covid-19, PWI DIY Keluarkan Imbauan
Logo Kota Magelang. (Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Kota Magelang Raih WTP untuk Kelima Kalinya
Kelompok Wanita Tani Munawaroh Dusun Blederan, Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Wonosobo dengan hasil pertaniannya. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

KWT Munawaroh Sukses Kembangkan Kampung Sayur Organik
Rama Adi Prasetya sudah harus menanggung sakit serius sejak lahir 8 Agustus 2021. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bayi Penderita Hidrosefalus di Sawangan Butuh Bantuan
Polres Temanggung melanjutkan penyekatan di beberapa ruas jalan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

PPKM Darurat Dilanjutkan, Temanggung Teruskan Penyekatan Jalan
Aparat di Kecamatan Grogol Kabupaten SUkoharjo makin gencar lakukan operasi yustisi. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

PPKM Level 4, Aparat Grogol Intensifkan Operasi Yustisi
Pemkab Temanggung kejar target vaksinasi. Sampai kini baru terealisasi 15% dari target vaksinasi sebanyak 554.126 orang. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Dikebut! Vaksinasi di Temanggung Baru 15% dari Target 554.126 orang
Pemkab Pekalongan mendistribusikan paket bantuan budidaya lele melalui program laboratorium kemiskinan. (Foto: Dinkominfo Kabupaten Pekalongan)

Peristiwa

Budidaya Lele Jadi Pilihan Program Laboratorium Kemiskinan