Home / Militer

Jumat, 17 Juni 2022 - 10:39 WIB

Kodim 0734/Yogyakarta Gelar Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kodim 0734/Kota Yogyakarta menggelar acara Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial yang dihadiri oleh Forkompimda Kota Yogyakarta dan segenap komponen masyarakat yang ada di wilayah Kota Yogyakarta, di Pendopo Museum Diponegoro, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Kamis (16/6/2022).

Dalam sambutan pada kegiatan yang mengusung tema “Sinergitas Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial”, Komandan Kodim (Dandim) 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto menyampaikan bahwa kegiatan Binkom (pembinaan komunikasi) dilaksanakan sebagai upaya membantu Pemerintah Daerah dalam mencegah dan meredam potensi konflik sosial yang terjadi di wilayah Kota Yogyakarta.

“Melalui kegiatan ini kita juga berharap dapat meningkatkan kerjasama dan sinergitas yang baik antara satuan Kodim 0734/Kota Yogyakarta dengan komponen masyarakat, terutama untuk mencegah terprovokasinya masyarakat akibat berita tidak benar,” ujar Dandim.

Baca juga   Manfaatkan Waktu Istirahat, Prajurit Satgas Menjalin Komsos Dengan Warga

“Yogyakarta sebagai miniatur Indonesia tentunya banyak perbedaan yang harus di satukan, oleh karenanya kami mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan konflik sosial ditengah-tengah masyarakat dan selalu bekerja sama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di berbagai permasalahan yang terjadi,” pungkas Dandim.

Dandim juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Binkom dari Mabesad yang diketuai Waasintel Kasad Bidang Manajemen Intel Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.I.P., M.Han dan para narasumber pada kegiatan tersebut.

Baca juga   Ketahanan Pangan di Masa Pandemi, Kikav 2/JRTR Manfaatkan Lahan Tidur Tanami Sayuran

Sementara itu Waasintel Kasad Bidang Manajemen Intel Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.I.P., M.Han dalam pemaparan materinya menyampaikan pentingnya pemantapan nilai-nilai wawasan kebangsaan kepada komponen masyarakat dalam rangka mencegah timbulnya konflik sosial.

“Saya melihat sinergitas komponen masyarakat di Yogyakarta sudah cukup terbangun, masyarakat antusias untuk menjadikan Yogyakarta sebagai miniatur Indonesia, menjadi barometer Indonesia dan menjadikan central grafik untuk Indonesia sudah dapat dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan masif komprehensif,” ungkap Brigjen TNI Antoninho.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap dapat meredam bila terjadinya konflik sosial baik vertikal, horizontal, ras, suku maupun agama di masyarakat,” pungkasnya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Satgas TMMD Kodim Sleman dan warga menyelesaikan rehab RTLH. (Foto: Pendim0732/Sleman)

Militer

Penerima Bantuan RTLH Mengucapkan Terima Kasih
Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo mewakili Danrem 072/Pamungkas menghadiri acara pembukaan TMMD Reguler ke-113 Tahun 2022 dengan tema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI" di Sleman. (Foto: Penrem072PMK)

Militer

Kasrem 072/Pamungkas Hadiri Pembukaan TMMD Reguler ke-113 Tahun 2022 di Sleman
Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Militer

Turut Berbela Sungkawa, Satgas Yonif 126/KC Antarkan Duka ke Peristirahatan Terakhir
Seluruh unsur Muspika Pakualaman foto bersama usai digelar workshop. Foto: nyatanyacom/istimewa

Militer

Koramil Pakualaman Hadiri Acara Workhsop Kerukunan Beragama
Foto: Satgas Yonarmed 1 Kostrad

Militer

Lestarikan Cagar Budaya, Satgas Yonarmed 1 Kostrad Bersihkan Area Benteng Hoorn
Rapim Kodam IV/Diponegoro Tahun Anggaran 2022 mengusung tema "Prajurit sejahtera dan profesional siap mendukung pemulihan ekonomi reformasi struktural di wilayah Kodam IV/Diponegoro". (Foto:Penrem 072PMK)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Mengikuti Rapim Kodam IV/Diponegoro Tahun Anggaran 2022
Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, S.I.P menerima audiensi pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara wilayah DIY, Rabu (18/1/2023).

Militer

Kasrem 072/Pamungkas Terima Audiensi BEM Nusantara wilayah DIY
Pembangunan Pangkalan baru di Pulau Natuna disurvei Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), di Kepulauan Riau, Rabu (19/1/2022). (Foto: Dispenal)

Militer

Bangun Pangkalan Baru, TNI AL Survei Lahan di Natuna