Home / Militer

Rabu, 22 Desember 2021 - 07:20 WIB

Kodim 0812 Lamongan Gelar Apel Kesiapan Pasukan Antisipasi Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

Kodim 0812 Lamongan menggelar Apel gelar kesiapan Pasukan dalam Rangka Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di wilayah Kodim 0812 Lamongan, Selasa (21/12/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Kodim 0812 Lamongan menggelar Apel gelar kesiapan Pasukan dalam Rangka Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di wilayah Kodim 0812 Lamongan, Selasa (21/12/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

NYATANYA.COM, Lamongan – Sebagai wujud persiapan dan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam Hydrometeorologi, Kodim 0812 Lamongan menggelar Apel gelar kesiapan Pasukan dalam Rangka Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di wilayah Kodim 0812 Lamongan, Selasa (21/12/2021).

Apel gelar yang dipimpin langsung oleh komandan Kodim 0812 Lamongan, Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf, yang bertempat di Lapangan apel Kodim 0812 Lamongan tersebut diikuti oleh ratusan anggota TNI jajaran Kodim 0812 Lamongan.

Dalam Apel gelar kesiapan Pasukan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi Komandan Kodim 0812 Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf, dalam amanatnya menegaskan, apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan antisipasi apabila terjadi bencana hidrometeorologi.

“Semua pihak harus menyadari memang bencana alam tidak dapat ditolak, akan tetapi yang lebih penting dari itu adalah bagaimana upaya untuk dapat meminimalisir dampak yang akan mungkin terjadi akibat bencana alam atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana,” kata Dandim 0812 Lamongan.

Dandim 0812 Lamongan juga menambahkan, Kabupaten Lamongan sebagai daerah yang rawan terhadap berbagai bencana, oleh karena itu kita harus berupaya meningkatkan kemampuan di bidang penanggulangan bencana.

Baca juga   Serka Tutut Dampingi Satgas Covid Lakukan Tracing

Bencana merupakan rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam manusia atau oleh keduanya yang mengakibatkan korban penderitaan bagi manusia itu sendiri, kehilangan harta benda, kerusakan lingkungan dan fasilitas umum serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan masyarakat.

Bencana yang diakibatkan oleh alam seperti gempa bumi, banjir, gelombang tsunami, tanah longsor dan sebagainya, ada juga bencana yang disebabkan oleh perbuatan manusia.

Seperti peperangan, gejolak sosial, kebakaran, kecelakaan industri, yang waktunya dapat berlangsung singkat tetapi juga dapat berlangsung dalam waktu yang panjang.

Penanggulangan bencana adalah salah satu proses yang dinamis, berlanjut dan terpadu untuk meningkatkan kualitas, langkah-langkah yang berhubungan dengan observasi dan analisis serta pencegahan, penjinakan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi yang diakibatkan oleh bencana.

Oleh karena itu melalui apel gelar kesiapan pasukan dalam rangka penanggulangan bencana hidrometeorologi ini diharapkan akan semakin meningkatkan kemampuan para anggota penanggulangan bencana dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

Sehingga penanganan terhadap bencana dapat lebih cepat tepat dan dapat meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan oleh bencana.

Baca juga   Yonzipur 5/ABW Malang Normalisasi Akses Jalan Erupsi Semeru

Kebijakan penanggulangan bencana memberikan prioritas tinggi pada peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan Kodim 0812/Lamongan, masyarakat serta jajaran pemerintah daerah.

Terutama di daerah rawan bencana kemampuan petugas dan masyarakat untuk pencarian dan penyelamatan pemberian pengobatan serta perawatan korban ditingkatkan baik dalam kecepatan maupun ketepatan waktu penyelamatan dengan dukungan peralatan yang memadai.

Disamping itu kemampuan perlindungan masyarakat dalam penanggulangan bencana juga ditingkatkan melalui apel gelar kesiapan pasukan dalam rangka penanggulangan bencana hidrometeorologi yang terencana sistematis dan berkelanjutan sebagaimana yang sedang kita laksanakan ini.

Rencana penanggulangan bencana akan tidak efektif jika tidak didukung oleh latihan-latihan yang cukup fasilitas dan peralatan yang memadai serta ada dukungan dari semua pihak terkait dan masyarakat.

Akhirnya kita peserta apel ikuti arahan dan petunjuk dari para pimpinan yang ada di unsur bawah dan kepada para Danramil sangat mengharapkan agar dapat memberikan bimbingan yang lebih baik dan sungguh-sungguh sehingga satuan tugas penanggulangan bencana yang kita harapkan dapat tercapai dengan sukses.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Babinsa dan Bhabinkamtibmas latih Paskibra dari Siswa SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta yang terpilih menjadi Paskibraka tingkat Kemantren Pakualaman. Foto: Ist

Militer

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pakualaman Bersinergi Latih Siswa Paskibra
Panglima Tentara Diraja Malaysia Jenderal Tan Sri Datuk Zamrose Bin Mohd Zain mengunjungi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Jumat (4/3/2022). (Foto: Dispenad)

Militer

Pererat Persahabatan, Panglima Tentara Darat Diraja Malaysia Kunjungi Kasad
Foto: Satgas Yonif Raider 142/KJ

Militer

Satgas Yonif Raider 142/KJ Rayakan Natal di Polres Yalimo Bersama Masyarakat
Memanfaatkan waktu istirahat siang, prajurit TNI bercengkerama bersama warga di gubuk tengah sawah. (Foto: Pendim 0732/Sleman)

Militer

Berteduh di Gubuk, Prajurit dan Warga Rajut Kebersamaan
Alumni Milter Suka Rela (Milsuk) Angkatan ke-9 yang berdinas di wilayah DDaerah Istimewa Yogyakarta (DIY) rayakan HUT ke-31 pada Jumat (18/2/2022). (Foto: Milan)

Militer

Alumni Milsuk-9 DIY Rayakan HUT ke-31 Pengabdian di TNI AD
Prajurit Yonif 512 tururt amankan jalannya penyaluran dana desa. (Foto: nyatanya.com/dokumentasi Yonif 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Amankan Penyaluran Dana Desa di Papua Agar Patuhi Prokes
Prajurit kesehatan Yonmek 403/WP memeriksa kesehatan warga perbatasan. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Berikan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Foto: Dispenal

Militer

Bawa 4 Kg Sabu-sabu, Dua Wanita Kurir Asal Malaysia Ditangkap Satgas Marinir