Home / Panggung

Sabtu, 17 September 2022 - 16:54 WIB

Kolaborasi dengan Pelukis Nasirun, Sawung Jabo dan Sirkus Barock Konser ‘Senandung Anak Wayang’

Sawung Jabo dan Sirkus Barock konser Senandung Anak Wayang Reunion di TBY, Minggu (18/9/2022). Foto: Agoes Jumianto

Sawung Jabo dan Sirkus Barock konser Senandung Anak Wayang Reunion di TBY, Minggu (18/9/2022). Foto: Agoes Jumianto

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Musisi gaek Sawung Jabo bakal menggelar konser ‘Reunion’ bersama Sirkus Barock bertajuk ‘Senandung Anak Wayang’.

Konser digelar di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, Minggu (18/9/2022) pukul 19.00 WIB, dimana perupa Nasirun bakal hadir berkolaborasi dalam konser kali ini.

Sebagaimana tajuknya Senandung Anak Wayang Reunion, tentu tak hanya melibatkan para personil Sirkus Barock saja, tetapi juga para musisi dan seniman yang pernah bersentuhan, berproses, dan berkarya bersama Sirkus Barock.

Salah satunya Nasirun yang akan memuntahkan gagasan rupa di atas kanvas pertunjukan. Dimana sebagian hasil dari penjualan karyanya bakal diberikan kepada proses kreativitas Sirkus Barock.

Sawung Jabo dan Sirkus Barock saat jumpa media di Concert Hall TBY, Sabtu (17/9/2022). Foto: Agoes Jumianto

“Sebagian hasil penjualan lukisan nantinya untuk Sirkus Barock, 50 persen,” ungkap Nasirun dalam jumpa media, Sabtu (17/9/2022) siang.

Pada kesempatan yang sama Sawung Jabo mengungkap, “Semoga pementasan Sirkus Barock Senandung Anak Wayang ini bisa kita jadikan pegangan dan sebagai ruang kreatif yang luas tak terbatas. Hidup ini selalu bergerak menggelinding tanpa henti.”

Baca juga   Genjot Ekonomi Kedua Kota, Walikota Yogya dan Surakarta Teken Kerja Sama

Sedikitnya akan ada 20 lagu yang disiapkan Sirkus Barock dalam konser Senandung Anak Wayang. Dan meski tak semuanya merupakan lagu baru, namun akan dihadirkan dengan aransemen yang selalu baru dengan pengkayaannya.

Dari kiri: Susan Piper, Bonita, dan Sawung Jabo dengan buku ‘Senandung Anak Wayang’. Foto: Agoes Jumianto

“Seperti biasa dalam setiap pementasan Sirkus Barock kita akan menikmati dan melihat sebuah proses panjang dari hasil pengamatan, kontemplasi, perenungan dan pemikiran terhadap dinamika sosial, budaya, dan politik yang kemudian diolah dalam karya-karya musikal,” tandas Sawung Jabo.

Sirkus Barock mempunyai komitmen untuk selalu menghadirkan yang terbaik dan karya-karyanya bisa menjadi permenungan dan penyadaran bagi semua orang, terutama pada saat perubahan-perubahan dalam kehidupan masyarakat berjalan dengan sangat cepat dan tidak menentu.

Lagu-lagu Sirkus Barock seperti Anak Wayang, Di Atas Langis Masih Ada Langit, Kanvas Putih, Menjadi Matahari, Karena Kau Bunda Kami, Anak Setan, Dongeng Politik, Goro-goro, dan lain-lain bakal mengingatkan indera dengar penggemarnya di konser ini.

Baca juga   Komunitas Sastra Sompilan 12 Gelar Diskusi dan Pertunjukan "Spirit Pena Kartini"

“Kanvas Putih, lagu inilah yang aku persembahkan sekaligus menemani Nasirun berproses rupa di konser Senandung Anak Wayang,” beber Jabo.

Musisi Sirkus Barock yang akan tampil bersama Sawung Jabo besok malam adalah, Suzan Piper (voval), Toto Tewel (gitar), Joel Tampeng (gitar), Ucok Hutabarat (biola), Bagus Mazasupa (keyboard), Denny Dumbo (perkusi), Ruben Kayon (gitar), Tauhid SUbarkah (bass), Hasnan Hasibuan (cello), Reza Achman (drum), Alfred Maliola (vokal), dan Bonita (vokal).

Sementara para seniman yang ikut ambil bagian dalam konser kali ini selain Nasirun, ada nama Butet Kertaredjasa, Eko Supriyanto, Agus (mBendol) Margiyanto, Djarot B. Darsono, Hery Samsara, Iksan Skuter, Radil, dan Jhony Freedom.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Dalang cilik, Sadida saat pentas wayang climen di SDIT Anak Sholeh Sedayu. Foto: Istimewa

Panggung

Dalang Cilik Athaya Jihadin Sadida Unjuk Gigi Pentaskan Wayang Climen dengan Lakon Banyu Suci Perwitosari
Marion Jola. (Foto: Istimewa)

Panggung

Marion Jola Rilis Single Baru “Overthinking”, Lagi-lagi Soal Perasaan Cinta
Azwar AN. (Foto: istimewa)

Panggung

Lebih 100 Seniman Terlibat dalam “100 Mantra Teater Alam untuk Azwar AN”
Workshop Citrus Studio, membuat keramik yang dapat menjadi aroma terapi atau difuser. Foto:Dok.MKF

Panggung

From Hands to Something, MKF 2022 Ciptakan Ruang Nyaman Kesenian
Watie Respati. (Foto: Istimewa)

Panggung

Perempuan Pelukis “Lintas Batas Komunitas” Gelar Pameran di Taman Budaya Yogyakarta
Song Art Exhibition di Joning Art Space. Foto: Ist.

Panggung

Tujuh Perupa Gelar “Song Art Exhibition” di Joning Art Space Kasongan
Didampingi komunitas Froghouse bersama Fitri Taring Padi, anak-anak diajari membuat dekorasi bernuansa ikan yang kelak akan dipakai untuk dekorasi artistik Ngayogjazz 2022. Foto: Dok.Ngayogjazz2022

Panggung

Dusun Cibuk Kidul Sambatan Dekor Kampung Sambut Ngayogjazz 2022
Salah satu penampilan peserta dalam Festival Ketoprak antar Kemantren yang digelar di Gedung Societet TBY. Foto: Humas Pemkot Yogya

Panggung

Festival Ketoprak antar Kemantren 2022 Digelar di Societet, Usung Tema Sejarah Mataran