Home / Peristiwa

Senin, 3 Oktober 2022 - 20:16 WIB

Kolaborasi Politeknik Indonusa Surakarta dan FSRD ISI Surakarta Angkat Desa Wisata dalam Hibah P2V

Pemaparan materi Model Pentahelix Pengembangan Desa Wisata. Foto: Ist

Pemaparan materi Model Pentahelix Pengembangan Desa Wisata. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Surakarta – Politeknik Indonusa Surakarta dan FSRD ISI Surakarta berkolaborasi dalam rangkaian kegiatan pelaksanaan Hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi Tahun 2022.

Dana hibah dalam skim Penelitian Produk Vokasi (P2V) di tahun pertama dari dua tahun alokasi pelaksanaan hibah ini dimana tim pengusul dari Politeknik Indonusa Surakarta sebagai ketua Dr. Ratna Susanti, S.S., M.Pd dengan anggota Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds (ISI Surakarta), Ir. Suci Purwandari, M.M., (Politeknik Indonusa Surakarta), dan Eko Sapto, A.Md (Staf Pemkab Sukoharjo).

Tim ini mengusung judul ajuan Model Pentahelix Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Sukoharjo Berbasis Collaborative Governance dan Bernilai Kearifan Lokal.

Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Politeknik Indonusa, Ir. Suci Purwandari, M.M. bertajuk Pelatihan Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Bagi Pokdarwis di Kabupaten Sukoharjo ini dihadiri oleh pengelola Pokdarwis dari Gunung Pegat Desa Karangasem, Obyek Wisata (OW) Batu Seribu, dan OW Langenharjo yang kesemuanya berlokasi di wilayah Sukoharjo.

Baca juga   Kalahkan Malaysia, Tim Goalball Putra Indonesia Optimis Atasi Juara Bertahan Thailand
Pembicara dan peserta Model Pentahelix Pengembangan Desa Wisata berfoto bersama. Foto: Ist

Pelatihan yang juga dihadiri perwakilan dari pemerintah Kabupaten Sukoharjo, Heri Prasetyo, S.Kom., M.I.Kom. selaku Adyatama Pariwisata dan Ekraf Ahli Muda Kabupaten Sukoharjo dan Dodik Tri Anggono, S.H. selaku Fungsional Umum Pariwisata Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatannya sendiri diselenggarakan selama 2 (dua) hari Sabtu – Minggu, 1 – 2 Oktober 2022 di Aula Lantai 3 Kampus 2 Politeknik Indonusa Surakarta, Cemani, Sukoharjo.

Hadir sebagai narasumber, Dr. Ratna Susanti, S.S., M.Pd., Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds, dan Indriati Suci Pravitasari, S.Sn., M.Sn.

Peserta yang mewakili Pokdarwis sangat antusias mendengarkan materi Model Pentahelix Pengembangan Desa Wisata yang dipaparkan oleh Dr. Ratna Susanti, S.S., M.Pd. selaku ketua tim riset dan dosen Prodi Komunikasi Massa, Politeknik Indonusa Surakarta.

Sedangkan 2 pemateri lainnya dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds dengan Branding Destinasi Wisata, selanjutnya Indriati Suci Pravitasari, S.Sn., M.Sn. membeberkan materi Optimalisasi Merchandise Berbasis Muatan Lokal untuk Promosi Desa Wisata.

Baca juga   Buka Pameran “Living in Heritage”, Gibran: Batik Harus Berkembang

Menurut Ratna Susanti yang juga menjabat Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Indonusa menjelaskan bahwa kegiatan di tahun pertama akan mengupayakan peningkatan aspek manajemen pengelolaan desa wisata, khususnya untuk Desa Wisata Gunung Pegat, Desa Karangasem, Kabupaten Sukoharjo.

Direktur Politeknik Indonusa, Suci Purwandari dalam sambutannya mengatakan bahwa Politeknik Indonusa Surakarta berkomitmen dalam mendampingi dan mendukung pelaku maupun Pokdarwis dalam mengembangkan destinasi wisata baik melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun kegiatan lainnya.

Sebagai salah satu anggota tim, Basnendar Herry Prilosadoso dari dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dalam rilisnya mengatakan, “Kolaborasi dua Perguruan Tinggi ini sangat membantu dalam mengembangkan potensi desa wisata agar lebih meningkat kedepannya.”

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam Road Show dan Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Yogyakarta Tahun 2022 pada Selasa (19/4/2022) di Kantor Kelurahan Pringgokusuman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

FKDM Intensifkan Pengawasan Lingkungan Cegah Kenakalan Anak-anak
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menerima kunjungan dari panitia penyelenggara Pesparawi Nasional 2022. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

DIY Siap Gelar Pesparawi Nasional 2022
Kapal kargo yang terbakar di Pelabuhan Kalimas Surabaya, Minggu (17/7/2022) dini hari tadi sekira pukul 02.56 WIB. Foto: selalu.id

Peristiwa

Kronologi Dua Kapal Kargo Ludes Terbakar di Pelabuhan Kalimas Surabaya
Karang Taruna Kota Yogyakarta membentuk tim pemulasaran jenazah Covid-19 khusus wanita yang bernama Srikandi Karang Taruna Jogja. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Srikandi Karang Taruna Jogja Bantu Pemulasaran Jenazah Wanita
Upacara adat ‘Boyong Menoreh’, Senin (8/11/2021) malam menandai hari jadi ke-187 Kabupaten Temanggung. (Foto: MC Temanggung)

Peristiwa

‘Boyong Menoreh’ Warnai Hari Jadi ke-187 Kabupaten Temanggung
Uji coba pembukaan kawasan Alun-alun Wates bagi PKL dimulai sejak 28 September hingga 4 Oktober 2021. (Foto:MC.Kab.Kulonprogo)

Peristiwa

Pemkab Kulon Progo Uji Coba Pembukaan Kawasan PKL Alun-Alun
Foto: MC Diskominfo Prov Jatim

Peristiwa

Bangkai Paus Bungkuk yang Terdampar di Sampang Ditenggelamkan
Bupati Karanganyar, Juliyatmono menerima bantuan dari BNBP di Kantor BPBD. (Foto: Diskominfo Kabupaten Karanganyar)

Peristiwa

BNPB Bantu Peralatan Pasien Covid-19 di Isoter Karanganyar