Home / Peristiwa

Rabu, 9 Maret 2022 - 19:11 WIB

Kominfo Jamin STB yang Beredar Berkualitas, Termasuk yang Diberikan untuk Warga Miskin

Foto: Djanes Nafi/InfoPublik

Foto: Djanes Nafi/InfoPublik

NYATANYA.COM, Serang – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan setiap perangkat Set Top Box (STB) yang beredar di pasaran berkualitas. Termasuk, yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu atau miskin, karena telah dilakukan sertifikasi.

Melalui sertifikasi yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo, seluruh masyarakat dapat menikmati tayangan televisi digital yang berkualitas, berupa gambar yang tajam dan suara yang sangat jernih kala menikmati televisi digital.

“Setiap perangkat STB yang beredar sudah dipastikan melalui tahapan sertifikasi oleh Kominfo,” kata Koordinator Ekosistem Direktorat Pita Lebar, Direktorat PPI Kementerian Kominfo, Dany Suwardani, di Kantor Kepala Desa (Kades) Sindangkarya, Serang, Banten pada Rabu (9/3/2022).

Menurut Dany, sertifikasi perangkat STB merupakan bagian dari jaminan Kementerian Kominfo kepada masyarakat luas, bahwa produk yang beredar telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Otomatis, kualitas siaran televisi digital dapat terwujud ke depan.

Baca juga   Sri Sultan HB X Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020

“Memiliki standar spesifikasi teknis sesuai dengan ketentuan,” imbuhnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu, Menteri Kominfo Johnny G Plate, mengatakan, sertifikasi dilakukan berlandaskan perundangan yang berlaku. Jelasnya termaktub dalam Pasal 85 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran juga mengatur tentang STB.

Dalam ayat 1 Pemerintah membantu penyediaan alat bantu penerimaan siaran atau STB kepada rumah tangga miskin agar dapat menerima siaran televisi secara digital secara teresterial.

Ayat 2 menjelaskan penyediaan alat bantu penerima siaran atau STB kepada rumah tangga miskin sebagaimana dimaksud di ayat 1 berasal dari komitmen penyelenggara multipleksing, yakni Lembaga Penyiaran Publik (LPP), LPP Lokal, Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), dan Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK).

Baca juga   Ini Dia Pemenang Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021

Selanjutnya Ayat 3, dalam hal penyediaan alat bantu penerima siaran atau STB sebagaimana dimaksud di ayat 2 tidak mencukupi, jadi kalau penyelenggaran multipleksing belum mencukupinya dapat berasal dari APBN sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Untuk itu kami bersama-sama dengan Komisi I serta Badan Anggaran telah menyetujui untuk 2021 dialokasikan sebagian dari kebutuhan STB. Kalau saya tidak salah ingat yang sudah di komitmen bersama-sama kita sebanyak 1 juta dari permintaan atau dari usulan Kominfo sebanyak 3 juta, sehingga masih kita cari jalan keluar yang tersisa 2 jutanya,” kata Menkominfo beberapa waktu lalu.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Kenaikan harga kopi jenis Robusta untuk kopi yang dikelola oleh petani. Proses pengolahan dilakukan dengan cara petik merah 70 sampai 90%. (Foto: MC Temanggung)

Peristiwa

Harga Biji Kopi Kering Robusta di Temanggung Capai Rp24.000 per Kilo
Rumah rusak akibat angin puting beliung. Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Sekretaris Daerah telah membuat Surat Edaran tentang Peringatan Dini Bahaya La Nina yang ditujukan kepada seluruh kecamatan di Temanggung. (Foto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

BPBD Temanggung Minta Warga Siaga Dampak La Nina
Mahasiswa dan dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, menggelar kegiatan Kampanye Gerakan Budaya Bersih dan Sehat bagian Gerakan Nasional Revolusi Mental Tahun 2021. (Foto: Dok.DKV ISI Surakarta)

Peristiwa

Galakkan Kampanye GNRM, Mahasiswa DKV ISI Surakarta Gandeng Sekolah dan Komunitas
Kepengurusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bantul periode 2021–2026 resmi dikukuhkan di Pendopo Manggala Kompleks Pemda II Manding, Rabu 6 Oktober 2021. (Foto:MC Bantul)

Peristiwa

Kepengurusan MUI Kabupaten Bantul 2021-2026 Resmi Dikukuhkan
Foto: Dok.Puspenkum

Peristiwa

Kejagung Tetapkan Tiga Tersangka Baru Kasus Korupsi Waskita Beton
Ganjar Pranowo hadiri Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021 di kantornya. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Sepuluh Desa dan Kelurahan di Jateng ini Bersih Narkoba
Akibat penambangan pasir laut, Pantai Beting Aceh sudah terjadi abrasi hampir 50 persen. Kemudian, ikan di perairan tersebut juga sudah berkurang. (Foto: Mediacenter Riau/ip)

Peristiwa

Terjadi Penambangan Pasir Laut, Begini Kondisi Kawasan Pulau Rupat Riau
Pemerintah Kabupaten Sleman mencanangkan Sekolah Lansia Standar 1 di BKL Mugi Waras Blendung, Sumbersari, Kapanewon Moyudan, Kabupaten Sleman, Kamis (17/2/2022). (Foto: MC Kab. Sleman)

Peristiwa

Pertama di Kabupaten Sleman, Pemkab Canangkan Sekolah Lansia