Home / News

Rabu, 28 September 2022 - 22:45 WIB

Komisi III Resmi Pilih Johanis Tanak Sebagai Pimpinan KPK

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir saat melakukan voting calon anggota pengganti Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa jabatan periode 2019-2023 melalui mekanisme pemilihan suara yang digelar Rabu, (28/9/2022). Foto: dpr.go.id/Oji

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir saat melakukan voting calon anggota pengganti Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa jabatan periode 2019-2023 melalui mekanisme pemilihan suara yang digelar Rabu, (28/9/2022). Foto: dpr.go.id/Oji

NYATANYA.COM, Jakarta – Komisi III DPR RI secara resmi memilih dan menetapkan Johanis Tanak sebagai calon anggota pengganti Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa jabatan periode 2019-2023 melalui mekanisme pemilihan suara yang digelar Rabu, (28/9/2022).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengungkapkan berdasarkan hasil perhitungan voting dengan sistem ‘one man one vote’ terpilih Johanis Tanak dengan jumlah suara 38 dari total 53 suara.

“Selanjutnya, telah kita saksikan bersama penghitungan suara. Oleh sebab itu, izinkanlah Pimpinan menyimpulkan berdasarkan hasil dari perolehan suara seleksi calon anggota pengganti Pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023 adalah sebagai berikut. Atas nama Johanis Tanak terpilih sebagai calon anggota pengganti pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023. Apakah dapat disetujui?” tanya Adies yang kemudian serempak dijawab setuju, oleh segenap Pimpinan dan Anggota Komisi III DPR RI yang hadir.

Baca juga   Mengenal Tradisi Mendhem Ari-Ari dan Brokohan di Keraton Yogyakarta

Sebelumnya, Komisi III menggelar uji kelayakan untuk menentukan pengganti Lili Pintauli Siregar sebagai Wakil Ketua KPK. Dua nama calon yang akan mengisi posisi Lili adalah auditor BPK I Nyoman Wara dan mantan Jaksa Johanis Tanak.

Adapun uji kelayakan terhadap dua calon dilakukan secara terpisah. Nyoman terlebih dulu memaparkan visi misinya jika terpilih menjadi pimpinan KPK.

Baca juga   Some Island Ungkapkan Getirnya Pengkhianatan Cinta dalam Lagu Terbaru Rela

Selanjutnya, giliran Johanis yang memberi pemaparan di hadapan anggota Komisi III DPR RI.

Dalam pemaparannya, Johanis Tanak menegaskan tindakan pencegahan menjadi skala prioritas dalam memberantas korupsi.

“Kenapa pencegahan? agar anggaran yang tersedia untuk pembangunan tidak disalahgunakan. Sebelum disalahgunakan, dicegah,” tandas mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi itu.

Lebih lanjut, nama Johanis Tanak akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR RI terdekat untuk disahkan dan kemudian dikembalikan ke Presiden Joko Widodo untuk dilantik. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi anak. Foto: Kemenkes

News

Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Meningkat, Nggak Usah Panik Ketahui Gejalanya Sejak Dini
Presiden Joko Widodo. (Foto: Lukas-Biro Pers Sekretariat Presiden)

News

Presiden: PON Papua, Panggung Kesetaraan untuk Maju Bersama
KPK melakukan tangkap tangan dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan sesuatu oleh Penyelenggara Negara atau yang mewakilinya terkait pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan di Pemerintahan Kota Bekasi. (Foto: Biro Humas PKP)

News

KPK Tangkap Tangan 9 Tersangka Suap Proyek dan Lelang Jabatan Kota Bekasi, Salah Satunya Walikota
Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Humas Pemda DIY

News

Sri Sultan Harapkan Grha Keris Jadi Inkubator Pelestarian Budaya
Ambruknya rumah warga akibat hantaman ombak besar itu berada di pesisir pantai utara di Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep. (Foto: MC Kab.Sumenep/Nita/Fer)

News

Ombak Besar Terjang 5 Rumah Warga di Pesisir Utara Sumenep
Presiden Jokowi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS di Washington DC, Amerika Serikat. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

News

Hambat Kemajuan Negara Berkembang, Presiden Jokowi: Hentikan Perang Sekarang Juga
Presiden ACT dalam jumpa pers, Rabu (6/7/2022) di Jakarta. Foto: Ist

News

Ada Aliran Dana ke Kelompok Al Qaeda, Begini Jawaban Presiden ACT
Dirjen Pembinaan Penampetan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK), Kemnaker, Suhartono. (Foto: InfoPublik.id/Kemnaker)

News

Kemnaker Beri Sanksi Tegas P3MI yang Terlibat Penempatan CPMI Nonprosedural