Home / Peristiwa

Kamis, 9 September 2021 - 10:23 WIB

Komoditas Kelengkeng Akan Dikembangkan di Kawasan Borobudur

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Petani Holtikultura Teknik Budidaya Dan Pemasaran Buah Kelengkeng. (Foto: Humas/beritamagelang)

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Petani Holtikultura Teknik Budidaya Dan Pemasaran Buah Kelengkeng. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Pengembangan kawasan kelengkeng di sekitar destinasi wisata super prioritas Borobudur, diharapkan dapat mendukung dan mengangkat sektor pariwisata maupun pertanian.

“Melihat pentingnya keberhasilan pengembangan kawasan ini, maka perlu diadakan bimbingan teknis,” demikian disampaikan disampaikan Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Ade Sri Kuncoro dalam acara Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Petani Holtikultura Teknik Budidaya Dan Pemasaran Buah Kelengkeng, di Hotel Atria Magelang, Rabu (8/9/2021).

Ade melaporkan, secara khusus terkait pengembangan holtikultura khususnya buah di Kabupaten Magelang, setelah refocusing anggaran bulan Agustus 2021, mendapatkan fasilitasi kegiatan berupa pengembangan kawasan kelengkeng seluas 30 hektar, melalui anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang berlokasi di kecamatan Salaman. Kemudian kawasan kelengkeng aspirasi (Dapil) seluas 20 hektar juga di Salaman.

Baca juga   Ajak Warga Taati Prokes, PAC PDIP Danurejan Bagikan 3 Ribu Masker

“Terkait fasilitas pengembangan kawasan tersebut, Pemkab Magelang menyampaikan terima kasih pada Vita Ervina, anggota Komisi IV DPR RI dapil IV Jateng dari Fraksi PDIP. Bantuan dan fasilitasi dalam wujud berbagai kegiatan fisik dan non fisik ini amat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Magelang, khususnya masyarakat lereng Menoreh,” katanya.

Sementara itu, Vita Ervina dalam sambutan secara virtual menyampaikan, bimbingan teknis yang dilakukan Direktorat Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian RI tersebut difokuskan pada komoditi buah kelengkeng.

Budi daya kelengkeng saat ini sedang didorong Pemerintah Kabupaten Magelang dalam upaya mendukung program pemerintah yang menetapkan Borobudur sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional.

Baca juga   Pemkot Surakarta Terima Bantuan Rp300 Juta untuk Perbaikan RTLH

“Dengan penetapan kawasan tersebut, masyarakat yang ada di sekitar Kawasan Borobudur tidak boleh hanya menjadi penonton. Melainkan, masyarakat di wilayah Perbukitan Menoreh juga turut menjaga kelestarian Borobudur,” pesannya.

Warga sekitar Bukit Menoreh harus turut mengelola dan mampu bertransformasi melalui budidaya kelengkeng. Walaupun biasanya hanya bertani, juga bisa ikut menambah penghasilannya.

Vita juga menyatakan mendukung penuh pengembangan Kampung Buah Kelengkeng di Kecamatan Salaman dan Borobudur, agar bisa diwujudkan menjadi kawasan sentra produksi kelengkeng di Perbukitan Menoreh. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan inovasi Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan digitalisasi, Teman Gardagita. (Foto: HUmas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Teman Gardagita, Aplikasi Online Akses Benda Cagar Budaya
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti juga meraih predikat TOP Pembina BUMD 2021, sementara Direktur Utama Bank Jogja Kosim Junaedi meraih predikat TOP CEO BUMD 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

PD BPR Bank Jogja Raih TOP BUMD Awards 2021
Seremoni Harlah ke-75 Kabupaten Sukoharjo digelar di DPRD dengan Rapat Paripurna Istimewa. (Foto:nyatanya.com/Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Harlah ke-75, Sukoharjo Siap Bangkit dari Pandemi Corona
Heroe Poerwadi. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Wakil Wali Kota Yogyakarta Tetap Produktif Meski Jalani Isoman
Ketua Dekranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ayo Borong Produk UMKM Jateng di Pameran “Online” Rumah Kriya Asri
Semua pasar tradisional yang ada di Kabupaten Klaten hanya akan buka sampai pukul 14.00 WIB. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Selama PPKM Darurat, Semua Pasar Tradisional Klaten Tutup Pukul 14.00 WIB
Petani di Kembanglimus Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang melakukan okulasi tanaman jeruk untuk meningkatkan kualitas. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tingkatkan Kualitas Pertanian Eduwisata, Petani Borobudur Okulasi Tanaman Jeruk Non Biji
Gelar vaksinasi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri. (Foto: Diskominfo Wonogiri)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Pemkab Wonogiri Sediakan 10 Ribu Dosis Vaksin Moderna