Home / Peristiwa

Kamis, 4 Agustus 2022 - 17:54 WIB

Komplotan Pembobol ATM BPD DIY di 17 Lokasi di Yogya dan Kulon Progo Digulung Polisi di Bandung

Para tersangka pembobol ATM BPD DIY ditangkap polisi. Foto: @poldajogja

Para tersangka pembobol ATM BPD DIY ditangkap polisi. Foto: @poldajogja

NYATANYA.COM, Sleman – Polda DIY melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum berhasil mengungkap kasus pembobolan mesin ATM. Korban pembobolan ini adalah mesin ATM milik Bank BPD DIY.

Sebagaimana disampaikan Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, S.I.K., M.Sc. dalam konferensi pers di Lobi Mapolda DIY, Kamis 4 Agustus 2022.

Bersama Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad, Kabid Humas menjelaskan, komplotan ini melakukan kejahatannya pada Sabtu (30/7/2022) malam hingga 31 Juli 2022 dini hari.

Polisi menunjukkan barang bukti alat yang digunakan pelaku pembobol ATM. Foto: @poldajogja

Dalam waktu tidak sampai dua hari, pada Senin 1 Agustus dini hari, Tim Resmob Polda DIY berhasil mengamankan pelaku. Pelaku yang berjumlah empat orang ini diamankan di wilayah Bale Endah, Bandung.

Baca juga   SMAN 2 Batang Jadi Sekolah Bersinar, Pelajar Diminta Jadi Agen Perubahan

Sedangkan Direktur Reskrimum Polda DIY melalui Wadir Reskrimum AKBP Kayuswan Tri Panungko S.I.K., M.M. menjelaskan bahwa pembobolan ATM ini dilakukan di 17 lokasi, 15 berlokasi di Kota Yogyakarta dan dua berlokasi di Kulon Progo.

Modus yang dilakukan komplotan ini dengan menggunakan semacam pengait untuk memaksa mesin ATM tetap terbuka setelah transaksi resmi yang pelaku lakukan. Para pelaku berhasil mencuri uang sebanyak Rp43.800.000.

Komplotan tersangka pembobol ATM BPD DIY di depan mobil yang digunakan melakukan tindak kejahatan. Foto: @poldajogja

Keempat pelaku yang berhasil diamankan adalah DH (32) laki-laki, asal Tanah Sarael Kota Bogor, DF (33) laki-laki, Wiraswasta warga Bale Endah Jawabarat Bandung, T (36) Wiraswasta, warga Cibinong Bogor, Jawa Barat, dan W (31) Wiraswasta, asal Tanggamus, Lampung.

Baca juga   Identitas Pembunuh Budi Utomo Terindentifikasi, Kini Diburu Polisi

Dari para pelaku petugas berhasil mengamankan alat penjepit uang, obeng minus, Kartu ATM, dan sebuah unit mobil Honda Brio warna Kuning. Sedangkan uang hasil kejahatannya habis digunakan untuk berfoya-foya.

Sedangkan terkait keamanan uang milik para nasabah Bank BPD, Dirut BPD memastikan bahwa uang nasabah tetap aman.

Direktur Utama BPD memastikan, modus yang dilakukan para pelaku ini relatif baru dan belum pernah menimpa mesin ATM milik Bank BPD DIY.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Provinsi Aceh. 15 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar terdampak kejadian tersebut. Fenomena ini berlangsung pada Minggu (29/5/2022), pukul 13.26 WIB. Foto: BPBD Kabupaten Aceh Besar

Peristiwa

Angin Kencang Terjang Kabupaten Aceh Besar, 15 Kecamatan Terdampak
Kabar gembira untuk produk panel surya (Crystalline Silicon Photovoltaic Cells and Modules/CSPV) Indonesia. Produk ini kembali siap bersaing di Amerika Serikat (AS) karena terbebas dari pengenaan safeguard duty atau bea masuk tindakan pengamanan (BMTP) dari Pemerintah AS. (Foto: InfoPublik)

Peristiwa

Diteken Presiden Joe Biden, Panel Surya Indonesia Bersaing di Amerika
FGD inventarisasi data dan kebijakan penanganan iklim, Rabu (23/2/2022) di ruang Arjuna Balaikota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

ICLEI Dukung Upaya Pemkot Yogya Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca
Foto/gambar (ilustrasi)

Peristiwa

Positif Pakai Sabu, Kasatres Narkoba Polres Blitar Dimutasi
Petugas sedang memotong pohon yang roboh merusak rumah warga di Temanggung. (Foto: BNPB)

Peristiwa

Angin Kencang Sapu 9 Rumah Warga di Kabupaten Temanggung
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam acara Anniversary 29th Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram pada Rabu malam (2/2/2022) di Ballroom, Hotel Tentrem, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya dan Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram Kerjasama Atasi Dampak Pandemi
Menkominfo Johnny G. Plate memandu Courtessy Briefing: Welcoming Indonesia’s Precidency in 2022. (Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo)

Peristiwa

Perkuat Edukasi Presidensi G20 Indonesia, Pemerintah Gandeng Komunitas Media dan Internasional
Situs Liyangan berada di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Balai Arkeologi Luncurkan Rumah Peradaban Situs Liyangan