Home / Militer

Selasa, 21 Mei 2024 - 18:45 WIB

Komsos TNI dengan Komponen Masyarakat, Bersatu dalam Keberagaman Menuju Indonesia Maju

Komsos TNI dengan Komponen Masyarakat (Kommas) Tahun 2024 di Ballroom Ayodya Hotel Indoluxe, Selasa, (21/5/2024). (Foto: Penrem/072PMK)

Komsos TNI dengan Komponen Masyarakat (Kommas) Tahun 2024 di Ballroom Ayodya Hotel Indoluxe, Selasa, (21/5/2024). (Foto: Penrem/072PMK)

NYATANYA.COM, Sleman – Kasiter Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Kav Tri Sugiarto mewakili Danrem 072/Pamungkas hadiri kegiatan Komunikasi sosial (Komsos) TNI dengan Komponen Masyarakat (Kommas) Tahun 2024 bertempat di Ballroom Ayodya Hotel Indoluxe, Selasa, (21/5/2024).

Sahli Panglima TNI Tingkat III Bidang Komunikasi Sosial/Komsos Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha saat membacakan sambutan Aster Panglima TNI, menyampaikan pentingnya meningkatkan nasionalisme dan membangun sinergi antara semua komponen bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang maju.

Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi antara tahun 2030 hingga 2045, di mana jumlah penduduk usia produktif diproyeksikan mencapai 64 persen dari total penduduk sekitar 297 juta jiwa.

Indonesia memiliki potensi menjadi pasar terbesar di dunia dengan SDM yang menguasai teknologi, inovatif, dan produktif.

Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha saat membacakan sambutan Aster Panglima TNI. (Penrem/072PMK)

Namun, bonus demografi juga membawa tantangan jika kualitas manusia Indonesia tidak dipersiapkan dengan baik.

Baca juga   Bawaslu Sleman Jalin Kemitraan Pangawasan Partisipatif di Lingkungan Kampus

Untuk mewujudkan potensi tersebut, diperlukan peningkatan nasionalisme, kualitas SDM, pembangunan infrastruktur, dan transformasi ekonomi.

Semua komponen bangsa harus bersinergi dan berkomitmen untuk menjadikan Indonesia maju.

Tema kegiatan “Bersatu dalam Keberagaman Menuju Indonesia Maju” mencerminkan semangat untuk memperkuat kebersamaan dan nasionalisme guna mencapai kemajuan dan kemandirian bangsa.

Dengan melibatkan berbagai narasumber, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi dua arah antara TNI dan komponen masyarakat, serta memberikan pemikiran yang bernilai dalam menghadapi tantangan yang dihadapi bangsa saat ini.

Mengakhiri sambutannya Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua narasumber yang telah berkenan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.

Semoga materi yang disampaikan dapat diterapkan dalam tugas-tugas yang akan datang demi kemajuan TNI dan masyarakat Indonesia.

Baca juga   Tim SAR TNI AL Evakuasi Jenazah Perempuan di Perairan Sungai Batanghari, Ini Identitasnya

Kegiatan Komsos TNI dengan Komponen Masyarakat kali ini melibatkan beberapa narasumber diantaranya, Kepala Badan Kesbangpol DIY dengan materi “Sinergitas Pemerintah dan TNI dalam Membina Karakter Bangsa”, Rektor ISI Yogyakarta dengan materi “Kobarkan Semangat Nasionalisme Melalui Budaya” dan Dr. H. Agung Wisnu Barata, S.Sos., M.M., dengan materi “Peran Generasi Muda dalam Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila”.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasiren Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf Yudhi Novrizal, Paban IV/Komsos Ster TNI Kolonel Kav Budi Saroso, Kadispotdirga Lanud Ads Kolonel Sus Dedi Indrawanto, Palaksa Lanal Yka Letkol laut (P) Widi Susanto, Kasubdit Bintipsos Ditbinmas Polda DIY AKBP Tri Novi Purwaningrum, Kabidpoldagri Kesbangpol DIY Bagas Seno Aji, Forkopimda Sleman, perwakilan tokoh Masyarakat, Agama, Adat, Pemuda, Ormas, LSM, Mahasiswa dan Pelajar. (N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Bakamla RI dan China Coast Guard Bahas Kerjasama Soal Satu Ini
Prajurit Yonmek 512/QY lakukan anjangsana di rumah Sumardi. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Jalin Silaturahmi, Satgas Pamtas Yonmek 512/QY Rutin Lakukan Anjangsana
Ziarah di Makam Bung Karno dipimpin Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto selaku Komandan Garnisun Tetap (Dankogartap) III Surabaya. (Foto:MC.Diskominfo Prov Jatim)

Militer

Para Jenderal di Jatim Ziarah ke Makam 2 Mantan Presiden
Foto: Satgas Yonarmed 1 Kostrad

Militer

Bantu Percepat Pembangunan Masjid di Huamual, Satgas Yonarmed 1 Kostrad Terjunkan Prajuritnya

Militer

Panglima TNI Rotasi dan Mutasi 38 Perwira Tinggi TNI, Berikut Daftar Lengkapnya
Foto: Satgas Yonarmed 1 Kostrad

Militer

Satgas Yonarmed 1 Kostrad Bantu Masyarakat Bangun Bak Penampungan Air di Negeri Tuhaha
Anak-anak perbatasan RI-PNG merasa senang dapat bantan tas dan buku. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY).

Militer

Satgas Yonif 512/QY Bagikan Buku dan Tas Kepada Anak-Anak Kampung Perbatasan
Anggota TNI dan warga gotongroyong merehab MCK Dk. Majasto. (Foto: Humas Sukoharjo)

Militer

Pra TMMD Reguler Ke 112 Kodim 0726/Sukoharjo Rehab MCK Warga Majasto