Home / Plus

Minggu, 21 April 2024 - 13:32 WIB

Komunikotavisual Ajak Siswa SD Negeri Bromantakan Surakarta Menggambar Bareng Kenang RA Kartini

Puluhan siswa SD Negeri Bromantakan Surakarta antusias mengikuti kegiatan menggambar bersama mengenang pahlawan nasional RA Kartini. (Foto: Dok.Komunikotavisual)

Puluhan siswa SD Negeri Bromantakan Surakarta antusias mengikuti kegiatan menggambar bersama mengenang pahlawan nasional RA Kartini. (Foto: Dok.Komunikotavisual)

NYATANYA.COM, Surakarta – Puluhan siswa SD Negeri Bromantakan Surakarta antusias mengikuti kegiatan menggambar bersama mengenang pahlawan nasional RA Kartini.

Tampak Lena Apriyani, siswa kelas V ini sangat menikmati setiap goresan kapur tulis dengan warna yang beragam di media triplek.

Ia menggambar wajah RA Kartini disertai teks ucapan selamat mengenang jasa pahlawan Nasional emansipasi tersebut.

Selain Lena juga terlibat sekitar 80an siswa kelas 3, 4, dan 5 SD Negeri Bromantakan Surakarta lainnya terlibat aksi kreatif di pedestrian Ngarsopuro Surakarta menggambar dengan tema seputar kesetaraan gender, emansipasi wanita, figur RA Kartini, persamaan hak antara wanita dan pria, serta obyek gambar lainnya.

Baca juga   Warga Perum Solo Elok Mojosongo Sembelih 5 Sapi dan 3 Kambing

Aksi kreatif yang digagas okeh Komunikotavisual, lembaga independen yang fokus dalam edukasi kepada masyarakat lewat seni rupa dan desain ini berlangsung ramai dan seru pada Jumat, 19 April 2024.

Kegiatan ini sebagai upaya mengenalkan perjuangan dan jasa RA Kartini kepada siswa sekolah dasar dan memberi media alternatif berkesenian, khususnya seni rupa.

Puluhan media triplek berwarna hitam yang berjajar memenuhi pedestrian Ngarsopuro Solo ini berisi aktifitas siswa sekolah dasar yang mengenakan kaos seragam olahraga tampak antusias menuangkan ide kreatif lewat beragam goresan, ucapan selamat dan obyek gambar lainnya.

Hasil karya kreatif siswa SD Negeri Bromantakan Surakarta ini sebagai wujud dan dukungan menyambut peringatan Hari Kartini tahun 2024.

Baca juga   Studio 103 'Our Creative Space' Jadi Nama Baru Ruang Ekonomi Kreatif Pasar Prawirotaman

Kepala Sekolah SD Negeri Bromantakan Surakarta, Surni Andayani, S.Pd SD., M.Pd dalam rilis yang dikirim menjelaskan sangat mendukung inisiatif yang digagas Komunikotavisual dengan memberi wahana berekspresi dan berkreasi melalui menggambar massal di ruang terbuka.

“Selain juga media alternatif dalam mengenalkan figur pahlawan Nasional RA Kartini kepada siswa didik,” ujar Surni.

Sementara diungkap penggagas aksi, Basnendar Herry Prilosadoso selaku Co Founder Komunikotavisual bahwa dengan beraktifitas seni di ruang terbuka akan dapat menambah pengalaman dalam berekspresi sekaligus dapat menambah aspek kebersamaan antar siswa. (N1)

Share :

Baca Juga

Aldi tengah menjalani terapi buta warna dan ditangani oleh terapis dari Klinik Banyu Urip. (Foto: istimewa)

Plus

Heboh…Dokter Nyatakan Sehat Usai Terapi Buta Warna di Klinik Banyu Urip
Niko Kurniawan, Direktur Penjualan, Pelayanan & Distribusi Adira Finance, bersama Jin Yoshida, Direktur Strategi Aliansi Bisnis Adira Finance, dan Sylvanus Gani, Deputi Direktur Chief of Financial Officer Adira Finance bersama Kepala Desa Karanganyar, Suyanto saat meresmikan Desa Wisata Ramah Berkendara. Foto: Eko W

Plus

Adira Finance Canangkan Karanganyar Borobudur sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara
Kirab Batik Tulis Lasem, yang digelar dalam rangka Hari Jadi ke-1140 Kota Lasem. Foto: Kominfo Rembang

Plus

Kirab Batik Tulis Ramaikan Peringatan Hari Jadi Kota Lasem
Contoh prangko crypto. (Foto: InfoPublik.id)

Plus

Transformasi Prangko Digital dan Prangko Crypto
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerima bibit pohon dari Fahmi Ali dan Lukman, yang berkeliling Indonesia mengkampanyekan menanam pohon. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Plus

Bersepeda Keliling Indonesia, Fahmi dan Lukman Kampanyekan Menanam Pohon
Pemotongan tumpeng menandai digelarnya Pasar Kangen Jogja 2022. Ong Hari Wahyu menyerahkan tumpeng kepada perwakilan peserta. Foto: Agoes Jumianto

Plus

Perkokoh Ketahanan Pangan, Pasar Kangen Hadir Lagi di TBY Lur
Aldila Gizca Pramugi dan Henrikus Nikolas Ardi bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz. Foto: Kominfo Rembang

Plus

Bercita-cita Jadi Menlu, Dua Siswa Asal Rembang Peringkat I di SMA Taruna Nusantara
Ratusan pelajar di DIY dan sekitarnya mengikuti kontes roket air pada Sabtu (20/8/2022) yang digelar Taman Pintar Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Kontes Digelar Taman Pintar, Ratusan Roket Air Meluncur di Embung Giwangan