Home / Peristiwa

Sabtu, 31 Juli 2021 - 20:45 WIB

Komunitas Jejaring ‘Isoman Iso’ Bantu Warga Terpapar Covid-19

Jejaring 'Isoman Iso' sedang menyiapkan logistik untuk disalurkan kepada warga yang sedang isoman. (Foto: Humas Magelang)

Jejaring 'Isoman Iso' sedang menyiapkan logistik untuk disalurkan kepada warga yang sedang isoman. (Foto: Humas Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Banyaknya warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19, membuat berbagai komunitas tergerak hatinya untuk membantu.

Seperti kelompok warga yang membentuk jejaring bernama “Isoman Iso” atau Isoman Bisa. Jejaring ini khusus mendampingi warga yang sedang isoman di wilayah Kabupaten dan Kota Magelang (Magelang Raya).

Isoman Iso yang dibentuk awal Juli 2021 ini, berawal dari keprihatinan atas lonjakan kasus aktif Covid-19 beberapa waktu terakhir.

Kondisi itu menyebabkan banyak warga yang harus menjalani isolasi mandiri karena rumah sakit rujukan baik Kabupaten dan Kota Magelang mengalami overload. Kondisi itu memaksa warga yang terpapar Covid-19 namun bergejala ringan (OTG) harus menjalani isolasi mandiri.

“Namun tidak hanya yang bergejala ringan, yang gejala beratpun banyak yang menjalani isoman,” tutur Adhang Legowo, Koordinator ‘Isoman iso’ di sekretariat Isoman Iso, di Dusun Nepak, Desa Bulurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Adhang Legowo menyampaikan, sejak dibentuk sudah sekitar 100 warga yang mendapat bantuan dan pendampingan dari jejaring ini. Ratusan warga itu berasal dari berbagai Kecamatan di Kabupaten dan Kota Magelang.

Baca juga   Gerakan Kampung Panca Tertib Turunkan Pelanggaran Perda

Jejaring ini selain membantu memberi bantuan sembako, juga kebutuhan ibu dan anak, lansia, obat-obatan, vitamin dan sebagainya.

Isoman Iso berisi berbagai komunitas kemanusiaan yakni Jawilan Kemanusiaan, Berbagi Nasi Magelang, dan Jamaah Kopdariyah. Komunitas ini digerakkan oleh orang-orang dari berbagai latar belakang profesi, seperti karyawan BUMD, dokter, pengasuh pondok pesantren, pegiat sosial, relawan kesehatan jiwa, perangkat desa dan sebagainya.

Adhang mengatakan, awalnya jejaring ini hanya diperuntukkan untuk anggota komunitas saja yang saat itu menjalani isoman. Namun melihat perkembangan banyak warga sekitar yang menjalani isoman, maka pendampingan diperluas ke wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang dan Kota Magelang.

Jejaring ini mendata orang-orang yang isoman memakai google form yang disebar melalui grup WA. Data ini penting agar bantuan benar-benar sampai dan tepat sasaran.

“Karena kami berbasis data ini sehingga dipercaya para donatur untuk menyalurkan bantuan mereka,” imbuhnya.

Data itu langsung diisi oleh pasien yang sedang isoman, sehingga pihaknya mengetahui apa saja kebutuhan yang diperlukan. Tidak hanya sembako yang biasanya sudah dipenuhi oleh Satgas Jogo Tonggo, tapi juga kebutuhan lain yang hampir tidak pernah terpikirkan.

Baca juga   Kenduren Tutup Suro Doa untuk Negeri

Misal susu untuk balita, pembalut wanita, popok bayi dan dewasa, inhaler sampai minyak kayu putih.

“Pasien itu sebenarnya butuh, namun tidak tersedia di Satgas Jogo Tonggo. Bahkan, pernah ada pasien yang butuh pulsa HP, pulsa listrik sampai LPG,” ungkap Adhang.

Jejaring ini juga mengcover warga pendatang yang tinggal di wilayah Magelang. Karena mereka biasanya tidak tercatat di Satgas Jogo Tonggo sehingga tidak pernah mendapatkan bantuan.

Adhang menekankan, sasaran penerima bantuan pun tidak memandang suku, agama, maupun kelompok tertentu. Semua warga yang terpapar Covid-19 yang isoman berhak mendapatkan bantuan.

Bahkan yang saat ini sedang menjadi pemikiran, bagaimana memenuhi warga isoman yang membutuhkan oksigen. Sebab ada 3 pasien isoman yang butuh, namun saat ini pasokan oksigen cukup sulit.

Kendala yang dihadapi jejaring ini, imbuh Adhang, adalah tenaga relawan yang belum tercukupi. Pihaknya pernah mengirim bantuan sampai kecamatan Windusari dan Ngablak. Karena itu, ia berharap, jejaring ini bisa sampai di setiap kecamatan, sehingga distribusi bantuan bisa terorganisir dengan baik. (*)

Share :

Baca Juga

Tenda darurat mulai dipasang di RSUD Pandan Arang Boyolali. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Antisipasi Lonjakan Kasus Corona, RSUD Boyolali Pasang Tenda Darurat
Bupati Klaten Sri Mulyani menerima bantuan APD dari PT Parna Raya dan Marianna Foundation. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Terima Bantuan 1.000 Pakaian Hazmat
Bupati Klaten melepas armada pengiriman bantuan beras dari Kemensos RI ke 26 wilayah kecamatan. (Foto:Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Salurkan 3.000 Paket Beras Bantuan Kemensos
Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa memantau pelaksanaan PPKM Darurat di sejumlah lokasi di Solo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Pantau Langsung Pelaksanaan PPKM Darurat
Pemkot Magelang salurkan bantuan pangan kepada warga yang Isoman. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pemkot Magelang Salurkan Sembako Bagi Warga yang Isoman
(ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Banyak Pelanggaran PPKM Darurat, Pemkab Klaten Gencar Operasi Yustisi
Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menyaksikan pelaksanaan vaksinasi 'Drive Thru' yang digelar di UGM. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Vaksinasi ‘Drive Thru’ Sasar 3.000 Orang
Identifikasi varietas padi Sri Mulyo oleh Distan Pangan Kabupaten Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Setelah Punya Varitas Padi Mentik Wangi Susu, Kini Magelang Siapkan Varitas Unggulan Kedua