Home / Peristiwa

Senin, 8 November 2021 - 11:36 WIB

Komunitas Pajero Indonesia Bersatu Gelar Budaya Sleman Sembada

Salah satu atraksi yang disuguhkan dalam Gelar Budaya Sleman Sembada. (Foto: Humas Sleman)

Salah satu atraksi yang disuguhkan dalam Gelar Budaya Sleman Sembada. (Foto: Humas Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo resmi membuka Gelar Budaya Sleman Sembada pada Minggu (7/11/2021), di Desa Wisata Garongan, Wonokerto, Turi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Pajero Indonesia Bersatu Chapter Ranting Mataram Yogyakarta.

Pada acara tersebut ditampilkan kesenian tradisional Kabupaten Sleman yakni, seni jathilan dan tari rampak buto. Adapun jumlah penari dibatasi 50 orang saja, demi menjalankan protokol kesehatan yang ada.

Dalam sambutannya, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi pihak penyelenggara yang telah mengangkat tema kesenian dan kebudayaan tradisional Kabupaten Sleman.

Ia berharap gelaran ini dapat menjadi sarana pelestarian dan pengembangan budaya di Kabupaten Sleman, sekaligus bisa merajut persatuan dan kesatuan melalui apresiasi karya budaya tradisional yang adiluhung.

Baca juga   Pembangunan Tahap I Rampung, Grha Padmanaba 'Topping Off'

“Melalui Gebyar Budaya Sleman Sembada ini saya mengajak seluruh masyarakat untuk mengapresiasi dan menghargai ragam seni budaya warisan leluhur yang harus terus kita lestarikan,” ujar Kustini.

Lebih lanjut Kustini menjelaskan bahwa, tantangan dalam upaya pelestarian kebudayaan khususnya budaya tradisional tersebut semakin berat karena berkembangnya zaman serta adanya arus globalisasi pada masa sekarang ini.

Perkembangan zaman serta adanya arus globalisasi ini mengakibatkan banyak perubahan-perubahan yang terjadi di dalam pola kehidupan masyarakat, yang juga berpengaruh pada kebudayaan masyarakat itu sendiri.

Baca juga   Percepat Vaksinasi, Pemda DIY Jalin Kerjasama Banyak Pihak

“Upaya untuk mengembangkan dan melestarikan keberlangsungan nilai luhur dan budaya lokal daerah senantiasa terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Hal ini dilakukan dengan mengedepankan potensi nilai luhur yang dimiliki oleh Kabupaten Sleman,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Yuniar Rizaldi selaku Ketua Pajero Indonesia Bersatu Chapter Ranting Mataram Yogyakarta mengatakan, pihaknya melalui kegiatan tersebut untuk kembali menampilkan seni dan budaya tradisional yang mulai ditinggalkan oleh masyarakat, khususnya generasi muda.

“Harapannya jathilan bisa lebih banyak diminati oleh kaum muda, terutama oleh masyarakat di wilayah Sleman,” tuturnya. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

ilustrasi:nyatanya.com

Peristiwa

Pelamar CASN di Magelang Tembus Tujuh Ribu Orang, Formasi Kesehatan Minim Peminat
Bupati Purworejo, Agus Bastian. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Tiadakan Salat Idul Adha di Lapangan dan Masjid
Warga Wadas dan Cacaban Kecamatan Bener, Purworejo menggelar istighosah mendukung pemerintah dibangunnya proyek nasional Bendungan Bener. (Foto Zainuri Arifin)

Peristiwa

Wujud Dukungan Nyata Kepada Pemerintah Soal Pembangunan Bendungan Bener, Warga Wadas dan Cacaban Gelar Istighosah
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan penghargaan secara simbolis kepada relawan dedikasinya dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19. (Foto: Kominfo Kebumen)

Peristiwa

200 Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19 dapat Penghargaan dari Bupati Kebumen
Bupati Klaten mengeluarkan instruksi, agar ASN jajarannya membeli beras Rojolele petani sendiri. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Instruksikan ASN Beli Beras Rojolele Petani
Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat meninjau di salah satu pedagang tembakau di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Senin (22/11/2021). (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Jaga Kemurnian Tembakau Asli Temanggung untuk Dongkrak Harga Jual
Gibran Rakabuming membuka gelaran Solo Great Sale 2021. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Targetkan Transaksi Rp800 Miliar, Solo Great Sale 2021 Resmi Dibuka
Pemenang Pati Innovation Award 2021 menerima hadiah dan penghargaan. (Foto: Diskominfo Pati)

Peristiwa

Proficiat! Ini Dia Pemenang Pati Innovation Award 2021