Home / Wisata

Selasa, 14 September 2021 - 10:07 WIB

Komunitas VW Cabrio Jelajah Wisata “Ayo Wayahe Dolan Nglobo”

Komunitas VW Cabrio menjajal jelajah wisata lokal di Desa Nglobo. Kegiatan ini menjadi bagian dari program “Ayo Wayahe Dolan Nglobo” yang sedang digalakkan. (Foto: Dokumentasi Sedulur Art)

Komunitas VW Cabrio menjajal jelajah wisata lokal di Desa Nglobo. Kegiatan ini menjadi bagian dari program “Ayo Wayahe Dolan Nglobo” yang sedang digalakkan. (Foto: Dokumentasi Sedulur Art)

NYATANYA.COM, Blora – Banyaknya destinasi lokal yang menarik wisatawan kini menjadi komoditas yang menjanjikan bagi perkembangan wisata daerah itu sendiri. Salah satunya adalah wisata alam air hangat Plumpung yang berada di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Untuk mendongkrak wisatawan datang menikmati potensi yang ada, kini wisata alam air hangat Plumpung terus berbenah memoles keunggulan lokal menjadi daya tarik tersendiri.

Pudik Harto, Kepala Desa Nglobo menjelaskanan, Konsep pengembangan destinasi yang berinovasi tanpa meninggalkan kekuatan karakter lokalitas, diharapkan mampu menjadi branded nasional. Diantaranya ada sumur angguk, peninggalan sumur tua, kolam air hangat dan pipa api yang tetap menyala selama masih ada produksi minyak di desa Nglobo.

Pudik Harto juga terus mengali potensi masyarakat desanya, dalam menyulap limbah sampah menjadi souvenir/handycraft. Termasuk pengolahan dan pemanfaatan tapak kontur tanah pedestrian hutan jati yang memiliki unsur sungai dengan sedimentasi mineral dan batu kapur menjadikan panorama petualangan western yang menawarkan view Exsotis penuh tantangan.

Baca juga   Jogja International Batik Biennale Kembali Digelar

Dijelaskan Pundik, konsep rancangan struktur dan perpaduan estetika dalam merespon obyek alam wisata di dusun Nglobo juga lahir dari kolaborasi antara Yoyo Arsitek dan Agus seniman yang tergabung dalam komunitas Sedulur Art Blora.

“Dengan semangat “Ayo Wayahe Dolan Nglobo” yang menjadi jargon wisata masyarakat Desa Nglobo, kami ingin mendongkrak kunjungan wisata ke daerah ini,” terang Pudik Harto.

Semangat “Ayo Wayahe Dolan Nglobo” salah satunya dilakukan komunitas VW Cabrio yang menjajal jelajah wisata Nglobo, Minggu (12/9/2021).

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora, Slamet Mujiono, Eko Findy Afrianto ketua HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) sekaligus pemilik Travel Rajawali Tour, Drs Agus Suryanto ketua Komunitas Sedulur Art, Ir Arsitek Yoyo Borobudur sebagai pendamping perencana tata lingkungan di Desa Nglobo dan Lurah Nglobo Pudik Harto S.KM.

Kehadiran mereka pun melahirkan kesepakatan untuk membuat sinergitas pemberdayaan lahan di wilayah desanya untuk mengelola dan menggali manfaat untuk kesejahteraan masyarakat, dari pengembangan Wisata yang berbasis naturalisasi alam lingkungan.

Baca juga   Sempat Langka, Stok LPG 3 Kilogram di Pekalongan Aman

Slama tiga jam berjelajah yang dikemas dalam paket Nglobo Adventure dengan Mobil VW Cabrio, Slamet Mujiono selaku Kadinporabudpar sangat mendukung potensi wilayah Desa Nglobo sehingga diharapkan mampu mendongkrak ekonomi desa yang berimbas pada kesejahteraan kehidupan masyarakat sekitar.

“Untuk itu masyarakat bisa menjaga dan merawat potensi alam agar tidak rusak, tercemar dari eksplorasi industri, sehingga terus menerus memberi manfaat kepada masyarakat,” jelas Slamet Mujiono.

Senada dalam suport pengembangan destinasi wisata, ketua HPI Blora, Findy Afrianto sangat merespon uji coba (Trials trip) Nglobo Adventure dengan transportasi VW Cabrio kali ini.

Menurut Findy, Desa Nglobo memiliki potensi besar untuk di garap lebih serius dengan mengedepankan fasilitas kenyamanan jalan sebagai penghubung dengan rangkain di sekitar kawasan obyek wisata berikutnya secara terpadu dan bekesinambungan.

Findy berharap dengan digarapnya wisata lokal Desa Nglobo, masyarakat Blora tidak perlu jauh-jauh keluar mencari tempat wisata hingga sampai ke luar kota. (N6)

Share :

Baca Juga

Pemberian penghargaan kepada para juara pemilihan duta wisata Kabupaten Kendal Sinang dan Sinok 2021. (Foto: Diskominfo Kendal)

Wisata

Sinok dan Sinang 2021 Didorong Terlibat dalam Pembangunan di Kendal
Salah satu objek wisata di Batang yang ditutup sementara selama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Membandel, Pengelola Objek Wisata Akan Disanksi Tegas
Watu Dodol berada ditengah ruas jalan yang menghubungkan Situbondo-Banyuwangi dan terletak 5 kilometer sebelum Pelabuhan Ketapang. (Foto: zainuri arifin)

Wisata

Pesona Watu Dodol yang Menyimpan Cerita Mistis
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Uji Trail Pola Perjalanan Super Prioritas Borobudur. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

Wisata

Borobudur Travel Pattern, Terobosan Baru Paket Wisata Edukatif
Keberadaan kereta api khusus bandara ini bisa mendongkrak pariwisata di DIY. Dengan kemudahan aksesbilitas bagi wisatawan diharapkan kunjungan wisata di DIY mengalami peningkatan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Kereta Bandara Beroperasi Dongkrak Pariwisata Yogya
“Eling Mbansari” merupakan kawasan pedesaan Eduwisata yang memadukan wisata alam, ekonomi kreatif dan wisata penjelajahan. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Wisata

Temanggung Buka Kawasan Pedesaan Eduwisata “Eling Mbansari”
Edukasi membuat donat dari susu kambing dalam simulasi pembukaan wisata edukasi di Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Wisata Edukasi Lereng Menoreh Gelar Simulasi Pembukaan Kembali
Indahnya panorama air terjun Lepo di Dlingo, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Pemkab Bantul)

Wisata

Air Terjun Ledok Pokoh Dlingo Tawarkan Kesegaran Alami