Home / News

Minggu, 13 November 2022 - 08:42 WIB

Kontribusi Presidensi G20 Terhadap PDB Indonesia Diperkirakan Capai Rp7,4 Triliun

Kendaraan melintas di jalan yang pinggirnya dihiasi penjor atau hiasan janur kuning khas Bali di Jalan Bandara Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (10/11/2022). Pemerintah memasang penjor, bendera negara peserta, baliho, dan spanduk di sejumlah jalan protokol di Bali untuk memeriahkan KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.

Kendaraan melintas di jalan yang pinggirnya dihiasi penjor atau hiasan janur kuning khas Bali di Jalan Bandara Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (10/11/2022). Pemerintah memasang penjor, bendera negara peserta, baliho, dan spanduk di sejumlah jalan protokol di Bali untuk memeriahkan KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.

NYATANYA.COM, Nusa Dua – Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 diyakini akan memberikan banyak manfaat bagi Indonesia.

Diperkirakan kontribusi Presidensi G20 mencapai USD533 juta atau sekitar Rp7,4 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2022, dan sebagian besar akan berputar di Bali.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Sabtu (12/11/2022).

Luhut menambahkan, konsumsi domestik yang didorong oleh rangkaian forum G20 itu diperkirakan naik sampai Rp1,7 triliun dan membangkitkan serapan tenaga kerja hingga 33 ribu orang, terutama pada sektor transportasi, akomodasi, MICE atau meeting, incentive, conference and exhibition, dan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca juga   Presiden Uni Emirat Arab dan Prancis Tiba di Bali Hadiri KTT G20

Presidensi G20 menjadi momentum bersejarah bagi Indonesia, yang mungkin baru akan digelar di bangsa kita 20 tahun lagi.

“Saya sekali lagi mengajak segenap masyarakat Indonesia, untuk turut mendoakan kesuksesan Indonesia membawa Forum KTT G20 bermanfaat untuk Dunia. Tunjukkanlah bahwa bangsa ini bangsa yang besar, bangsa yang mampu mengedepankan perdamaian dunia. Kita siap menyambut KTT G20,” ujar Luhut.

Baca juga   Kasus Pengeroyokan di Bali Masih Diproses, Lebih dari Dua WNA Terindikasi Terlibat

Selaku Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara KTT G20, Luhut pun meminta dukungan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Bali, untuk turut menjaga ketertiban menjelang dan selama pelaksanaan KTT G20.

“Kepada warga Bali, saya mohon maaf apabila beberapa hari ke depan aktivitasnya terdampak. Kami membutuhkan dukungan untuk saling menyukseskan acara ini. Saya juga memohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar gelaran acara KTT G20 ini dapat terlaksana dengan baik tanpa ada halangan satu apapun,” ujar Luhut.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Sejumlah bangunan rusak akibat gempa di sejumlah wilayah Sumatra Barat pada Jumat (25/2/2022). Parameter gempa yang terjadi bermagnitudo (M)6,2 dan berlangsung pada pukul 08.39 WIB. (Foto: BPBD Sumatra Barat)

News

Gempa M6,1 Guncang Sumatra Barat, 2 Warga Meninggal, Puluhan Luka-luka
Foto: mypertamina.id

News

Beberapa Jam Lagi Harga BBM Naik! Pertamina Mengimbau Masyarakat Tak Perlu Panik
Foto: ANTARA

News

OJK Tegaskan Komitmen Mewujudkan Stabilitas, Pertumbuhan dan Penguatan IJK
Istora Papua Bangkit, yang berada di Lukas Enembe Sport Complex, Distrik Sentani Timur, salah satu veneu yang diresmikan Presiden Jokowi hari ini. (Foto: PB PON XX Papua)

News

Resmikan 7 Venue, Presiden Jokowi Buka PON XX Papua Pukul 19.35 WIT
Polsek Krian Polresta Sidoarjo mengamankan A (41) asal Prambontergayang, Soko, Tuban karena kedapatan membuat dan mengedarkan uang palsu. (Foto:zonajatim.com)

News

Polisi Sidoarjo Bekuk Pembuat dan Pengedar Upal Ratusan Juta, Segini BB yang Disita
Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Foto: Humas Kemenko Marves)

News

Menko Marves: Saat Ini Indonesia Lebih Siap Menghadapi Gelombang Omicron
Hj Etik Suryani SE MM. (Foto:nyatanya.com/Humas Sukoharjo)

News

Etik Suryani Ajak Warga Sukoharjo di Rumah Saja
Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Pendaftaran Calon Anggota KPI Pusat 2022 -2025 Dibuka, Ini Syarat dan Tahapannya