Home / Panggung

Minggu, 12 Juni 2022 - 22:35 WIB

Kopdar Musisi Pelestari Koes Bersaudara/ Koes Plus Yogya, Bentuk Pengurus Baru

Acara Kopdar Paguyuban MPKBKP yang digelar di Basecamp R-Plus, Embung Mororejo, Domban, Mororejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman, Minggu (12/6/2022). Foto: Dok.JKPC

Acara Kopdar Paguyuban MPKBKP yang digelar di Basecamp R-Plus, Embung Mororejo, Domban, Mororejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman, Minggu (12/6/2022). Foto: Dok.JKPC

NYATANYA.COM, Sleman – Yogyakarta dengan segudang julukan memang menyimpan banyak potensi dan energi untuk terus tumbuh dan berkembang menjadikannya kian istimewa.

Sebutan Yogyakarta sebagai Kota Koesplusan yang pernah mengemuka beberapa waktu silam, ditengah maraknya pentas musik band pelestari Koes Bersaudara dan Koes Plus, rupanya masih terus dirawat dan dikembangkan para pelakunya.

Di bawah naungan komunitas pelestari bernama Jogja Koes Plus Community (JKPC), atmosfir Koesplusan bukan hanya sekadar menggelar pentas musik pelestari, tetapi juga bagaimana menanamkan kecintaannya itu dari dalam hati.

Foto: Dok.JKPC

“Mencintai Koes Bersaudara maupun Koes Plus bagi kami memang bukan semata-mata hafal lagu-lagu dan menikmatinya, tapi kami benar-benar merasakan itu dalam hati dan sanubari. Semangat itu yang terus tumbuh dalam JKPC,” ujar Wowo Nugroho, salah satu pendiri dan pentolan JKPC saat berbincang dengan nyatanya.com, Sabtu (11/6/2022) malam di Posko JKPC, Jl Ibu Ruswo 25 Yogyakarta.

Meski saat ini hingar bingar pentas Koesplusan tak semarak beberapa waktu silam, namun semangat itu terus tumbuh dan berkembang.

Baca juga   Omah Wayang Diresmikan: Pakem Terjaga, Kreativitas dan Ruang Dialog Makin Terbuka

Terbukti kian banyak lahir band-band pelestari Koes Bersaudara/ Koes Plus baru lahir dan diawaki para musisi muda yang nota bene lahir jauh dari zamannya band legendaris Koes Bersaudara atau pun Koes Plus.

Untuk tetap menjaga semangat pelestari itulah para musisi band pelestari Koes Bersaudara/ Koes Plus di bawah naungan JKPC dibentuklah Paguyuban Musisi Pelestari Koes Bersaudara Koes Plus (MPKBKP) Yogyakarta.

Daniar Yogie, Ketua Paguyuban MPKBKP. Foto: Dok.Pribadi

Sedikitnya ada 35 band pelestari Koes Bersaudara/ Koes Plus dimana para musisinya hadir di paguyuban yang pada Minggu (12/6/2022) siang tadi menggelar Kopdar dengan agenda pemilihan pengurus baru untuk periode 5 tahun ke depan.

Acara Kopdar digelar gayeng di Basecamp R-Plus, Embung Mororejo, Domban, Mororejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman pada pukul 12.00 WIB sampai selesai.

Sedangkan pengurus Paguyuban MPKBKP baru secara demokratis terbentuk dengan komposisi Daniar Yogie (YO Plus) sebagai Ketua, Inug (Mipa Plus) sebagai Wakil Ketua.

Baca juga   Lima Dalang Cilik Berprestasi Dapat Penghargaan dari Bupati

Sementara Sekretaris dijabat Wawan dari BR Plus, Bendahara Ari (Love Plus), Sie Humas Kribo (AM Plus) dan Mbah Slamet (Dia Plus).

Kepada nyatanya.com, Yogie, menjelaskan, dengan dibentuknya kepengurusan yang baru ini, Paguyuban MPKBKP ingin terus menjaga tali silaturahmi dan paseduluran insan musisi band pelestari Koes Bersaudara/ Koes Plus di Yogyakarta.

“Semangat paseduluran itu akan terus kami jaga dan tumbuhkan sebagaimana kebersamaan kami selama ini dalam ikut melestarikan lagu-lagu legendaris Koes Bersaudara/ Koes Plus,” terangnya.

Ditambahkan Yogi, keberadaan Paguyuban MPKBKP makin menguatkan semangat musisi band pelestari untuk terus berkiprah nyata melestarikan lagu-lagu Koes Bersaudara/ Koes Plus di Yogyakarta khususnya dan juga Indonesia.

Selanjutnya, Kopdar Paguyuban MPKBKP yang rutin digelar setiap tiga bulan sekali juga menjadi ruang untuk mempererat ikatan persaudaraan diantara anggotanya.

“Semangat dalam jiwa kami satu, semangat Jiwa Nusantara,” pungkas Yogie.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Bupati Blora H. Arief Rohman, mengapresiasi kreativitas para pemuda khususnya dalam menghasilkan film dokumenter yang menarik dan berkesan. (Foto: MC Kab.Blora/Teguh)

Panggung

Diapresiasi Bupati Blora, Lomba Film Dokumenter Vespa Pawai Mubarak 2022 Umumkan Pemenangnya
Kelompok seni Saung Kinanthi Bawang dari Dusun Pongangan, Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman, menerima bantuan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) bersama Dinas Sosial Provinsi Jateng dan Dinas Sosial Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Panggung

Kelompok Seni Magelang Terima Bantuan Kostum dan Alat Musik Tradisional
Band pelestari Koes Plus/Koes Bersaudara, R-Plus. Foto: Dok.R-Plus

Panggung

Malam Ini R-Plus Siap Gayengkan Koesplusan di Jenggleng Cafe
Reza Rahardian saat bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Menurut rencana, Malam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2022 akan digelar di kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

Panggung

Gelar Malam Nominasi FFI di Borobudur, Reza Rahardian Temui Ganjar Pranowo
Gaga Muhammad. (Foto: Instagram @gagamuhammad)

Panggung

Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun Penjara Kasus Kecelakaan Laura Anna
Some Island mempersembahkan lagu berjudul “PPKM - Pelan Pelan Kucoba Melupakanmu”. Karya ini merupakan klimaks dari trilogi patah hati, setelah sebelumnya hadir lewat single “Bantu Aku”, dan “Benar-Benar Terjadi”. (Foto: Dok.Some Island)

Panggung

Jadi Klimaks Trilogi Patah Hati, Some Island Rilis PPKM (Pelan Pelan Kucoba Melupakanmu)
Lyodra Margareta Ginting. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Panggung

Juara Indonesia Idol, Lyodra Ginting Debut Album Baru
Azka Rindra saat unjuk kebolehan memainkan drum di depan wartawan. Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Azka Rindra, Drummer Cilik Jogja yang Boyong 5 Medali WCOPA 2022 di Amerika Serikat