Home / Peristiwa

Rabu, 23 Juni 2021 - 15:14 WIB

Korem 072/Pamungkas Gelar Komsos dengan Pemda DIY

Wagub DIY Sri Paduka Paku Alam X dalam agenda komsos dengan Korem 072/Pamungkas. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Wagub DIY Sri Paduka Paku Alam X dalam agenda komsos dengan Korem 072/Pamungkas. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Korem 072/Pamungkas bersama seluruh Aparat Pemerintah di DIY melakukan komunikasi sosial (komsos) guna merumuskan strategi pencegahan penyebaran Covid-19 di DIY. Komunikasi Sosial Aparat Pemerintah DIY dengan tema “Sinergitas Aparat Pemerintah, Membangun Imunitas Bangsa Untuk NKRI’ berlangsung pada Selasa (22/6/2021) di Gedhong Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Dalam acara tersebut, Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X yang membacakan sambutan Gubernur DIY, menyampaikan bahwa, Pemerintah daerah harus mengontrol tempat-tempat keramaian yang menimbulkan kerumunan.

“Perlu bagi kita bersama untuk merancang strategi pembatasan mobilitas masyarakat dengan memperhatikan taraf status sosial, budaya, dan pertahanan keamanan,” tutur Sri Paduka.

Lebih dari satu tahun pasca dilaporkannya konfirmasi positif pertama kali di DIY, perkembangan kasus Covid-19 tidak juga kunjung mereda bahkan menunjukkan eskalasi yang semakin mengkhawatirkan.

Baca juga   Purworejo Kembangkan Produksi Garam Mengandung NaCl Tinggi

Untuk menekan bertambah dan meluasnya kasus klaster-klaster yang ada, utamanya klaster keluarga, pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berskala mikro yang mengatur sampai dengan tingkat Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW).

“Saat ini, sudah saatnya strategi penanganan Covid-19 semakin didetailkan dengan kapasitas RT/RW sebagai lembaga terkecil di masyarakat untuk memperkuat ketahanan dalam menghadapi pandemi,” jelas Sri Paduka.

Dengan bermodalkan gotong royong, Satgas RT/RW akan menjadi perpanjangan tangan Satgas Pusat dan Daerah yang sebelumnya sudah terbentuk, sehingga tingkat efektivitas untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan serta penanganan pandemi. Gubernur DIY memutuskan bahwa PPKM harus diterapkan dengan lebih intens dan detail.

Baca juga   Gembleng ASN Berkualitas, Pemkot Yogya Bentuk 'Jogja Corporate University'

Kepala Staff Korem 072 Pamungkas Kolonel Infantri Afianto, berharap melalui kegiatan komsos dengan aparat pemerintah diharapkan dapat terjalin silaturahmi dan kerjasama antar instansi sehingga program-program pemerintah di daerah dapat berjalan dengan baik, baik penanganan pandemi Covid-19 maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat DIY.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie, menyampaikan informasi bahwa telah terjadi penambahan kasus positif 662 rata-rata perhari di DIY, selama tiga hari terakhir. Angka ini masih rendah dibanding nasional. Akan tetapi dinilai sangat tinggi apabila dibanding dengan jumlah penduduk yang ada di DIY.

“Oleh karena itu, dengan kondisi seperti ini maka kami sebenernya berharap bahwa shelter-shelter di Kabupaten/ Kecamatan/ RT/ RW itu bisa dioptimalkan,” ungkapnya.(*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo meninjau call center Covid-19 bentukannya. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Ini Nomer Call Center Covid-19 Jawa Tengah, 024 76442888 dan 08112622000
Rapat persiapan pelaksanaan isolasi terpusat yang dipimpin Dandim Sleman dihadiri Dandim Yogya. (Foto : dokumentasi Kodim 0734/Yogyakarta

Peristiwa

Rusun UNY Tempat Isolasi Terpusat Khusus Pasien Bergejala Ringan
Pemerintah Kelurahan Sorosutan gencar tegakkan PPKM Darurat di wilayahnya. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kelurahan Sorosutan Gencar Lakukan Edukasi dan Penegakan PPKM Darurat
(ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Banyak Pelanggaran PPKM Darurat, Pemkab Klaten Gencar Operasi Yustisi
Pengajian yang digelar Paguyuban Trah Pedhot Bali Mulyo di Masjid Danoedjo As-Sudairi, Kemeritan, Yogyakarta, Sabtu (27/11/2021) menghadirkan Ustad Heriyanda Falih Tehan. S.Ag. (Foto: Agoes Jumianto)

Peristiwa

Undang Ustad Heriyanda Falih Tehan, Trah Pedhot Gelar Pengajian
Job Fair Virtual Bantul 2021 resmi digelar mulai 12 Juli – 14 Juli 2021. (Foto:nyatanya.com/Humas Bantul)

Peristiwa

Job Fair Virtual Bantul 2021 Siap Tampung 2000 Tenaga Kerja Baru
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menandatangani perjanjian Pengembangan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik antara Provinsi Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (1/12/2021) malam. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Harmonisasi Jawa-Sunda, Sri Sultan dan Ridwan Kamil Tandatangani Perjanjian Kerjasama
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menghadiri deklarasi Kampung Panca Tertib Kumendaman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kumendaman Kampung Panca Tertib ke-90 di Kota Yogya