Home / News

Senin, 1 Januari 2024 - 20:15 WIB

Kota Depok Masuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kota Depok, Jawa Barat, masuk dalam jaringan Kota Kreatif UNESCO atau UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2024. (Foto: Dok Kemenparekraf)

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kota Depok, Jawa Barat, masuk dalam jaringan Kota Kreatif UNESCO atau UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2024. (Foto: Dok Kemenparekraf)

NYATANYA.COM, Depok – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kota Depok, Jawa Barat, masuk dalam jaringan Kota Kreatif UNESCO atau UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2024.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, tahun ini Kota Depok belum masuk menjadi UNESCO Creative Cities Network.

Untuk itu, tahun depan kota yang berjuluk “Kota Belimbing” itu dapat berkolaborasi untuk mewujudkannya.

“Sebetulnya Kota Depok ini sebuah kejutan masuk ke dua besar dengan Kota Surakarta, Surakarta itu coba tiga kali. Depok pertama kali mencoba dan langsung masuk dua besar. Jadi, kami juga pada saat itu sangat kagum dan ingin menggunakan momentum. Tetapi karena terbatas satu negara hanya satu, akhirnya Kota Depok belum berhasil,” ujar Sandiaga Uno, dalam keterangan tertulis, Minggu (31/12/2023).

Baca juga   Jajal Lintasan Balap, Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika

Sandiaga menuturkan, kegagalan Kota Depok masuk dalam jaringan UCCN menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah daerah dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Depok.

Mereka harus terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk-produk kreatif di bidang media.

“Kami akan menyediakan sumber daya yang lebih besar, sehingga para pelaku ekonomi kreatif ini bisa terbantuk setelah Kota Depok menjadi UNESCO Creative Cities. Kolaborasi dengan Pemerintah untuk meningkatkan beberapa aspek seperti kuliner dan perbelanjaan. Untuk itu, produk-produk UMKM dan ekonomi kreatif bisa lebih banyak dan diperluas kembali,” katanya.

Kepala Dinas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok, Eko Heryanto, mengimbau pengembangan Media Art untuk promosi produk kreatif.

Baca juga   Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Magelang Capai 81 Persen

“Pentingnya adaptasi digital bagi para pelaku UMKM dan pelaku parekraf di Kota Depok, untuk dapat memasarkan produk produknya lebih luas lagi, guna meningkatkan potensi parekraf di Kota Depok,” ujarnya.

Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemangku Kepentingan Wisata Minat Khusus di Kota Depok tersebut, didatangkan Direktur Utama Transformate Indonesia, Iqbal Aldilas, yang memberikan coaching clinic terkait pemasaran produk melalui media sosial.

Ia menjelaskan tentang konsep branding, marketing, selling, hingga penentuan target pasar untuk meningkatkan omzet penjualan para pelaku bisnis di Kota Depok. (N1)

Share :

Baca Juga

Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah Iwanuddin Iskandar. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

PTUN Tolak Gugatan Warga Wadas, Pemprov Jateng Rangkul Semua Masyarakat
Kantor Penghubung Jawa Tengah di Jakarta mulai ramai didatangi masyarakat, Rabu (20/4/2022). Foto: Humas Jateng

News

Hari Pertama Pendaftaran Mudik Gratis Kereta Api, Warga Jateng Sambut Antusias
Irjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Chatarina Muliana Girsang. (Foto: Kemendikbudristek)

News

MA Tolak Gugata Judicial Review Permendikbudristek PPKS, Ini Alasannya
Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi turun langsung ke lapangan melihat pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

News

Selama PPKM Darurat, Malioboro Gelap Mulai Pukul 20.00 WIB
Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 secara virtual, Selasa (9/2/2022). (Foto: Amiriyandi InfoPublik)

News

HPN 2022, Presiden Beri Tiga Opsi Wujudkan Industri Pers Kuat dan Sehat
H. Harmoko.(Foto:nyatanya.com/istimewa)

News

Mantan Menteri Penerangan Harmoko Meninggal Dunia
Untuk mendapat manfaat siaran TV yang berkualitas, masyarakat diimbau segera beralih ke siaran TV Digital. Untuk dapat menonton siaran TV digital, masyarakat perlu menyesuaikan perangkat TV yang dimilikinya. (Foto: Elvira/InfoPublik)

News

Berpindah ke TV Digital, Pastikan Beli Set Top Box yang Bersertifikasi
Jelang penyelenggaraan Pemilu 2024, Polri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menandatangani nota kesepahaman terkait upaya mencegah penyebaran, penggunaan disinformasi dan muatan-muatan yang dilarang di ruang digital atau media sosial. Foto: Amiriyandi/InfoPublik.

News

Berantas Hoaks Jelang Pemilu 2024, Kominfo-Polri Teken MoU Perkuat Keamanan Ruang Digital