Home / Plus

Rabu, 9 November 2022 - 17:31 WIB

Kota Yogya Dorong Ekonomi Kerakyatan Melalui E-Warong dan KUBE

Workshop Manajemen Pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan E-Warong, yang digelar oleh Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta di Hotel Tasneem, Rabu (9/11/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Workshop Manajemen Pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan E-Warong, yang digelar oleh Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta di Hotel Tasneem, Rabu (9/11/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kota Yogya itu dikenal dengan kreativitas dan inovasi masyarakatnya. Jadi tidak heran kalau semasa pandemi Covid-19 tahun lalu hingga sekarang pertumbuhan ekonominya baik, karena peran dari pelaku UMKM yang mendorong kekuatan ekonomi kerakyatan.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi, dalam kegiatan Workshop Manajemen Pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan E-Warong, yang digelar oleh Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta di Hotel Tasneem, Rabu (9/11/2022).

“Kami apresiasi apa yang sudah Ibu dan Bapak lakukan untuk mendorong ekonomi kerakyatan melalui KUBE dan E-Warong. Terima kasih atas usaha yang sudah dilakukan, dan teruslah berinovasi dengan kreativitas yang dimiliki,” jelasnya.

Baca juga   Banyak Diburu Saat Ramadan, Ini Lima Manfaat Kolang Kaling
Foto: Humas Pemkot Yogya

Zaman itu akan terus berkembang, lanjut Sumadi, maka kita harus terus mengembangkan diri supaya tidak ketinggalan. Tentunya juga untuk meningkatkan daya saing supaya kita bisa semakin maju.

“Harapannya melalui kegiatan ini Ibu Bapak sekalian bisa mendapatkan wawasan baru sebagai modal untuk mengembangkan usaha yang dimiliki, bersama-sama gotong royong mensejahterakan masyarakat Kota Yogya,” tambahnya.

Kepala Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang mengatakan, KUBE dan E-Warong merupakan salah satu upaya pemerintah dalam penanganan kemiskinan.

Pada bulan Agustus lalu telah diberikan dana pengembangan melalui APBD kepada 15 KUBE di 45 Kelurahan yang aktif sebesar Rp15 juta tiap kelompok.

Baca juga   Gadaikan Mobil Rental Sebesar Rp22,5 Juta, Warga Gondokusuman Diringkus Polisi di Bandungan

“Bantuan dana pengembangan tersebut tujuannya untuk mendukung usaha-usaha anggota KUBE agar pulih, berkembang, dan meningkatkan pendapatan serta kualitas hidup,” ujarnya.

Selain itu, papar Maryustion, E-Warong yang ada di Kota Yogya juga mendapatkan pendampingan dan pelatihan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil, mampu bersaing menjalankan usaha berbasis teknologi.

“Keberadaan E-Warong di tengah-tengah masyarakat dapat menjadi embrio wirausaha yang tidak hanya menggerakkan roda perekonomian tapi juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial masyarakat,” tutupnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Daun jarak tumbuh liar namun memiliki khasiat obat.

Plus

Daun Jarak Manjur Sembuhkan Sembelit
Cecak Jarilengkung jenis baru dari Kawasi, Pulau Obi. (Foto: BRIN)

Plus

Peneliti BRIN Berhasil Identifikasi Cecak Jarilengkung Jenis Baru
Buah cermai khasiatnya tak bisa diremehkan. (foto: istimewa)

Plus

Cermai Tingkatkan Kesuburan Pria dan Mengobati Diabetes
Dendeng berbahan dasar mikroalga spirulina yang diberi nama Spirulina Garlic Jerky (SPIGAKY). Foto: Humas ITB

Plus

Penderita Hipertensi Nggak Perlu Cemas, Mahasiswa ITB Ciptakan Dendeng Plant-Based
Kepada Ganjar, Awal menjelaskan, produk yang dibawanya adalah hasil kreasi dari para penyandang disabilitas di Kebumen. (Foto: Humas Jateng)

Plus

Bahagianya Awaludin, Disabilitas yang Kaos Kreasinya Dibeli Ganjar
Jamu Ginggang yang dirintis pada 1930-an oleh Mbah Joyo Tan Ginggang, hingga kini masih lestari hingga generasi kelima. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Jamu Ginggang yang Melegenda Itu Kini Juga Merambah Jualan Online
Kepala Desa Tegaldowo Kundari mengatakan, lahan berstatus lahan desa ini ditangani oleh KWT, dan tersebar di empat titik, dan sudah berjalan selama tujuh bulan. (Foto: MC Kab Rembang)

Plus

KWT Tegaldowo Rembang Sukses Ubah Lahan Tidur untuk Budidaya Sayuran
Komunitas Papa Merdeka Yogyakarta menggelar acara Halal Bihalal dan melakukan penggalangan dana yang donasikan untuk anak yatim di PA Sardulo Seto serta diterima simbolis oleh Gus Imam Heru selaku pengasuh panti asuhan. (Foto: Istimewa)

Plus

Berawal Pertemanan Grup WhatsApp, “Papa Merdeka” Usung Misi Sosial Kemasyarakatan