Home / Peristiwa

Kamis, 29 Juli 2021 - 15:23 WIB

Kota Yogya Raih Penghargaan Kota Layak Anak Terbaik Peringkat Utama 2021

Predikat Terbaik dari Peringkat Utama pada Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 untuk Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Predikat Terbaik dari Peringkat Utama pada Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 untuk Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kota Yogyakarta menjadi satu-satunya wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berhasil meraih Predikat Terbaik dari Peringkat Utama pada Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati, secara virtual pada Kamis (29/7/2021).

“Selamat dan apresiasi kepada pejabat dan pemerintah daerah atas sumbangsih kerja nyatanya demi memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak di wilayahnya. Terutama pada KLA peringkat Utama yang diberikan kepada Kota Denpasar, Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, dan Kota Surabaya,” jelas I Gusti Ayu Bintang Darmavati.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyampaikan, Kota Yogyakarta bukan sebagai pilot project KLA tapi mampu meraih Predikat Terbaik dari peringkat Utama KLA ini merupakan hasil dari kerjasama, gotong-royong di antara berbagai pihak, dengan memberikan kenyamanan bagi masyarakat, seperti sekolah, layanan kesehatan, tempat peribadatan, organisasi komunitas, dunia usaha, serta akademisi dunia pendidikan.

Baca juga   Wawali Heroe Poerwadi Lantik 25 Pejabat Fungsional Kota Yogya

Hal ini dapat membentuk sebuah sistem dan perencanaan pembangunan kota yang mampu mengintegrasikan semua sumber daya secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan. Khususnya berkaitan dalam pengambilan kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

“Kota Yogyakarta terpilih karena komitmennya dalam membangun sistem perlindungan dan pemenuhan hak anak yang berkelanjutan. Tahun kemarin kita mendapatkan peringkat Nindya dan tahun ini menjadi Utama, karena saling sinergi, Pemkot Yogyakarta bersama lembaga terkait memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak,” Kata Heroe Poerwadi.

Pencapaian ini sangat di nanti oleh Kota Yogyakarta, dimana banyak kegiatan yang harus dijalani terlebih di masa pandemi, dengan munculnya tantangan dan ketidakpastian saat ini.

Baca juga   Gus Hilmy: Keraton Ngayogyakarta Itu Representasi Islam-Jawa

“Kita ketahui dengan adanya pemberlakuan PPKM Level 4, adanya pembatasan kegiatan untuk mencegah penularan virus Covid-19 ini, sedikit banyak mempengaruhi kegiatan, aktivitas, perilaku dan psikologi anak, serta menimbulkan pergeseran dalam metode pengasuhan anak itu sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Edi Muhammad mengatakan, dalam penilaian mandiri evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak tahun 2021 untuk Kota Yogyakarta mencapai nilai 985 dari maksimal nilai 1000.

Penilaian ini berdasarkan lima klaster yaitu Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya, serta Perlindungan Khusus.(*)

Share :

Baca Juga

Tim Pitulungan siap pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Yogya)

Peristiwa

Tim Pitulungan Siap Bantu BPBD Dalam Pemakaman Jenazah
Polres Blora Polda Jawa Tengah melalui Satuan Lalu Lintas menggelar sosialisasi tentang larangan menggunakan knalpot brong kepada pemilik bengkel knalpot serta beberapa toko penjual knalpot, Jumat (14/1/2022). (Foto:MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Polantas Polres Blora Sosialisasi Larangan Gunakan Knalpot Brong Sepeda Motor
DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Magelang menggelar audensi dengan Pengadilan Negeri Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (22/3/2022). (Foto: MC TMG)

Peristiwa

Tingkatkan Layanan Hukum, Peradi Magelang Jalin Sinergitas dengan PN Temanggung
Sejumlah penyintas Erupsi Gunung Semeru di Posko Pengungsian yang berada di Lapangan Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur. (Foto: Amiriyandi/ InfoPublik)

Peristiwa

Pengungsi Erupsi Semeru Sebut Layanan di Posko Sumberwuluh Cukup Baik
Kegiatan penyemprotan eco enzyme secara massal di Kabupaten Klaten yang digelar di Alun Alun Klaten, Jumat (7/1/2022) tercatat dalam rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Penyemprotan Eco Enzyme Secara Massal di Klaten Pecahan Rekor MURI
Api berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran dibantu warga berjibaku memadamkan kobaran api. Kerugian ditaksir Rp200 juta. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Ruko Milik Wantiyatmi Ludes Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah
Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa membuka Festival kuliner “Keplek Ilat Creative Food”. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Solo)

Peristiwa

Festival Kuliner “Keplek Ilat Creative Food”, Upaya Berdayakan UMKM
Polres Magelang menggelar vaksinasi Covid-19 untuk anak di GOR Desa Gumelem Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, Sabtu (29/1/2022). (Foto: beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 Anak di Desa Gumelem Pakis