Home / News

Kamis, 14 Oktober 2021 - 12:12 WIB

Kota Yogyakarta Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 untuk kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (Foto:Dok Humas Pemkot Yogya)

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 untuk kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (Foto:Dok Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya. Kota Yogyakarta pada kesempatan kali ini berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 untuk kategori Madya.

Penghargaan ini diumumkan secara daring melalui zoom meeting oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada Pemerintah Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Sisruwadi pada Rabu (13/10/2021).

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan bentuk pengakuan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (PPPA) atas komitmen dan peran dari instansi pemerintahan.

Instansi Pemerintahan yang masuk di dalam penghargaan anugerah ini antara lain adalah pemerintah daerah baik kota maupun kabupaten, provinsi, hingga kementerian maupun lembaga yang mengupayakan dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.

Baca juga   PD BPR Bank Jogja Raih TOP BUMD Awards 2021

“Keberhasilan Pemkot Yogyakarta dalam meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 kategori Madya ini tentunya merupakan wujud nyata Pemkot Yogyakarta melalui berbagai program dan kebijakan untuk meminimalkan kesenjangan gender,” kata Asisten Kesra Sekda Kota Yogyakarta, Sisruwadi.

Sisruwadi menuturkan Pemkot Yogyakarta terus mengupayakan peningkatan kesetaraan dan keadilan gender dengan membentuk jaringan kerja antar lembaga pemerintah melalui perangkat-perangkat daerah, aparat penegak hukum, tokoh masyarakat, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat yang juga diakomodasi melalui program Gandeng Gendong.

Pemkot Yogyakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama lima kelompok rentan yakni perempuan, anak, lanjut usia, difabel, dan kaum miskin. Komitmen ini terwujud dengan dibentuknya Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG) yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008.

Baca juga   Gunung Merapi Kembali Semburkan Awan Panas

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya juga diterima oleh Pemda DIY. Pemda DIY pada kesempatan kali ini memperoleh penghargaan dengan kategori mentor. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan terima kasihnya kepada Pemerintah Pusat terutama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

“Upaya pengarusutamaan gender di DIY telah dilakukan cukup lama dan berlangsung secara berkesinambungan. Terjadi sinergi di OPD Pemda DIY dan juga pemerintah kota maupun kabupaten dalam mewujudkan good governance yang berdampak pada tercapainya kesejahteraan masyarakat tanpa membedakan satu sama yang lain termasuk kelompok rentan,” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X. (*)

Share :

Baca Juga

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Surakarta, Senin (13/9/2021). (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

News

Menteri Nadiem Apresiasi Gibran dalam Pelaksanaan PTM
Ganjar Pranowo meluncurkan bus vaksin milik Dinkes Jateng di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. (Foto: Humas Jateng)

News

Luncurkan Bus Vaksin, Ini Upaya Jateng Jangkau “Remote Area”
Wapres Ma’ruf Amin usai meninjau sentra vaksinasi gradhika dan menggelar rapat tertutup di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Kamis 7 Oktober 2021. (Foto: Humas Jateng)

News

Wapres Optimistis, Akhir Tahun Jateng Mampu Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem

News

Tiga Kecamatan di Blora Ini Tidak Ada Kasus Covid-19
Salah satu stand UMKM yang menjual produk kerajinan lokal khas Papua. (Foto Yudi Rahmat/InfoPublik.id)

News

Transaksi di Pameran UMKM PON Klaster Merauke Capai Rp82 Juta per Hari
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Pemda DIY Salurkan Dana Hibah Rp16,45 M untuk Koperasi
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Kasus Sembuh di Magelang Tambah 189 Orang
Istora Papua Bangkit, yang berada di Lukas Enembe Sport Complex, Distrik Sentani Timur, salah satu veneu yang diresmikan Presiden Jokowi hari ini. (Foto: PB PON XX Papua)

News

Resmikan 7 Venue, Presiden Jokowi Buka PON XX Papua Pukul 19.35 WIT