Home / News

Minggu, 24 April 2022 - 10:00 WIB

Kota Yogyakarta Lakukan Pembatasan Lalu Lintas saat Libur Lebaran

Foto: nyatanya.com/agoes jumianto

Foto: nyatanya.com/agoes jumianto

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Mengantisipasi potensi kepadatan lalu lintas saat libur Lebaran, Polresta berkoordinasi dengan Pemkot Yogyakarta menyiapkan sejumlah strategi. Salah satunya memberlakukan pembatasan arus lalu lintas di pintu-pintu masuk.

”Berdasar hasil koordinasi, akan dilakukan pembatasan mobilitas lalu lintas. Tidak ada penyekatan, tetapi pembatasan saja saat kondisi lalu lintas di dalam Kota sudah terlalu padat,” kata Kasatlantas Polresta Yogyakarta Kompol Chandra Lulus Widiantoro.

Menurut Kompol Chandra, rekayasa lalu lintas dengan pembatasan jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Yogyakarta akan dilakukan di pintu masuk di beberapa titik. Di antaranya, simpang Pingit, simpang Gejayan, simpang Wirobrajan, simpang BPK, dan Pojok Beteng Wetan.

”Nantinya di titik-titik tersebut ditempatkan petugas kepolisian dan personel dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Ketika ada penumpukan kendaraan, rekayasa tersebut akan diberlakukan,” ujar Kompol Chandra.

Baca juga   Unjuk Potensi Kemantren Mergangsan Lewat Festival Siji-Siji Dadi Nyawiji

Selain rekayasa lalu lintas, pihaknya juga akan melakukan pemantauan di kantong-kantong parkir, terutama di tiga lokasi yang menjadi kantong parkir utama. Yakni di Ngabean, Abu Bakar Ali, dan Senopati.

”Jika kantong parkir sudah tidak mampu menampung kendaraan wisatawan, akan dikondisikan di beberapa lokasi tambahan,” imbuh Chandra.

Peningkatan volume kendaraan yang masuk ke Kota Jogjakarta tidak akan terjadi sebelum Lebaran tetapi dimungkinkan terjadi mulai H+1 atau H+2 Lebaran.

”Saat itulah, kami akan lakukan rekayasa lalu lintas dan optimalisasi kantong parkir agar arus lancar,” tuturnya.

Beberapa lokasi rawan macet seperti destinasi wisata dan pusat oleh-oleh juga menjadi perhatian kepolisian dengan menempatkan petugas.

”Tidak mungkin melarang wisatawan masuk ke sentra oleh-oleh karena mereka sudah jauh-jauh datang ke Yogyakarta,” papar Chandra.

Baca juga   38 Proyek Irigasi Selesai, Wonogiri Siap Sambut Swasembada Pangan

Oleh karena itu, lanjut dia, yang bisa dilakukan adalah mengupayakan lalu lintas tetap terkendali dan lancar meskipun akan padat.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif menambahkan, penerapan rekayasa lalu lintas akan langsung dilakukan jika terjadi ekskalasi volume kendaraan di dalam kota.

”Misalnya di Jalan Margo Utomo sudah padat dan tidak mampu lagi menampung kendaraan yang akan masuk Malioboro, yang dilakukan adalah melakukan rekayasa supaya arus mengalir,” terang Agus Arif.

Selain pembatasan, rekayasa juga dilakukan dengan menambah jarak tempuh atau mengalihkan kendaraan ke ruas jalan lain supaya arus tetap mengalir.
Simpul-simpul kepadatan di antaranya Malioboro, Tugu, kawasan Keraton, sentra kuliner dan oleh-oleh, hingga destinasi wisata.

(N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Heroe Poerwadi menyerahan bantuan kepada warga terdampak angin puting beliung di Miliran Umbulharjo, Kamis (19/5/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Pemkot Yogya Serahkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Puting Beliung
Ilustrasi:nyatanya.com

News

Di Klaten Positif Covid-19 Tembus 665 Kasus Perhari
Foto: ANTARA

News

Sebanyak 40 Parpol Mendaftar sebagai Calon Peserta Pemilu 2024, Tiga Parpol Ini Tak Mendaftar

News

Peringatan Hari Anak, 52 Napi Anak di Bandung Dapat Remisi
Kondisi banjir yang melanda pemukiman warga di Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, Provinsi Riau pada Kamis (28/10/2021). (Foto:BPBD Kota Dumai)

News

Antisipasi Dampak La Nina, BNPB Tekankan Aspek Mitigasi dan Kesiapsiagaan Daerah
Pasukan gabungan dari Angkasa Pura, TNI, Polri dan Dishub mengikuti apel gelar pasukan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (19/12/2022). Apel pasukan gabungan tersebut untuk mengamankan arus mudik libur Natal dan Tahun Baru menggunakan pesawat terbang di bandara tersebut dan petugas juga mendirikan posko terpadu yang dilengkapi berbagai informasi untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan pemudik. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.

News

Tiga Hari Lagi Polisi Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Wilayah, Amankan Nataru
Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat melakukan kunjungan lapangan ke lokasi pembangunan RISHA di Cianjur, Jawa Barat, Rabu (21/12/2022). Foto: Dok. Kementerian PUPR

News

Kabar Baik bagi Pengungsi Gempa Cianjur, 80 Rumah Tahan Gempa RISHA Siap Huni Akhir Tahun Ini
Foto: Istimewa

News

Untuk Mewujudkan Net Zero Emisi Karbon, Indonesia Butuh Berkolaborasi