Home / News

Sabtu, 13 Januari 2024 - 22:13 WIB

KPK Ajukan Banding Terhadap Vonis Rafael Alun Trisambodo

Gedung KPK (Foto: Dok KPK)

Gedung KPK (Foto: Dok KPK)

NYATANYA.COM, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan banding terhadap vonis yang diberikan majelis hakim kepada mantan pejabat Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo (RAT).

“Setelah tim jaksa KPK analisis pertimbangan majelis hakim, maka tim jaksa telah ajukan banding ke Pengadilan Tinggi melalui PN Jakarta Pusat atas putusan majelis hakim dimaksud,” ungkap Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya dikutip dari InfoPublik, Sabtu (13/1/2024).

Baca juga   Jaksa Agung Kaji Penerapan Hukuman Mati Kasus Korupsi

Lanjut Ali, banding difokuskan terkait belum dipertimbangkannya beberapa fakta hukum mengenai aset yang diduga dari hasil korupsi dan TPPU.

“Sebagai bagian efek jera maka kami berupaya optimalisasi asset recovery hasil kejahatan korupsi dengan melakukan penyitaan dan perampasan untuk dikembalikan kepada negara,” terangnya.

Sebelumnya, KPK mengapresiasi vonis 14 tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) terhadap mantan pejabat pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo (RAT).

Baca juga   Kadinas Penanaman Modal Ditahan KPK, Pj Wali Kota Yogya Segera Tetapkan Pengganti

“KPK mengapresiasi atas putusan Majelis Hakim yang telah mempertimbangkan dan memutus sesuai tuntutan amar pidana badan yang dibacakan Tim Jaksa,” ujar Ali.

Ali menerangkan, sebagai salah satu perkara yang bermula dari pemeriksaan LHKPN yang tidak sesuai dengan profil Penyelenggara Negara, maka ini menjadi terobosan KPK dalam strategi penanganan perkara korupsi.

“Selain itu, dukungan masyarakat yang turut mengawal setiap prosesnya juga menjadi kunci penyelesaian perkara ini,” terangnya. (N1)

Share :

Baca Juga

Sejak 30 Agustus 2022, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memberlakukan arus lalu lintas satu arah ke selatan di Jalan Gambiran. Mulai dari simpang SPBU Gambiran sampai ujung tembus di simpang tiga Jalan Pramuka. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Jadi Satu Arah, Jalan Gambiran Tidak Boleh untuk Parkir On Street
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini 1030 Kasus Positif Covid-19 di DIY Sembuh, Meninggal 26 Pasien
ANTARA FOTO/Paramayuda/YU

News

Foto: Gangguan Listrik KRL Commuterline
Pekerja berjalan dengan latar belakang awan mendung di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (27/12/2022). BMKG menyatakan cuaca di Indonesia akan berpotensi terjadi hujan lebat pada periode 25 Desember 2022 - 1 Januari 2023 imbas dinamika atmosfer seperti peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

News

BMKG: Ada Lima Fenomena Akhir 2022 hingga Awal 2023 yang Perlu Diwaspadai
MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Batang serahkan sertifikat kepada 487 siswa pendidikan dan pelatihan (diklat) Komando Inti Mahatidana. Foto: MC Batang

News

Ketua MPW Jateng: Pemuda Pancasila Bukan Organisasi Preman
Syukuran dan doa bersama bertajuk 'Ketupat Mayday' di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Minggu (1/5/2022). Foto:MC Diskominfo Prov Jatim

News

“Ketupat Mayday” Jadi Momentum Peringatan Hari Buruh di Surabaya
Foto: Diskominfo Indramayu

News

Dipasarkan Online, Sapi Indramayu Diserbu Pembeli hingga Kehabisan Stok
Vaksin Covid-19 merk AstraZeneca yang diterima pemerintah Indonesia dari Italia. (Foto:Amiri Yandi/InfoPublik)

News

Melimpah, Stok Vaksin Covid-19 Indonesia 277.006.270 Dosis