Home / News

Sabtu, 23 Maret 2024 - 21:45 WIB

KPK Menyita Hotel dan 10 Bidang Tanah Milik Mantan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba

Ilustrasi gedung KPK. (Foto: Pasha Yudha Ernowo/ Infopublik.id)

Ilustrasi gedung KPK. (Foto: Pasha Yudha Ernowo/ Infopublik.id)

NYATANYA.COM, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita satu unit hotel dan 10 bidang tanah miliki mantan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK).

Penyitaan ini terkait perkara dugaan suap pengadaan dan perizinan proyek di Pemprov Maluku Utara.

“Berdasarkan informasi dari saksi-saksi yang diperiksa Tim Penyidik, ditemukan adanya dugaan kepemilikan beberapa aset bernilai ekonomis dari Tersangka AGK yang tersebar dibeberapa lokasi diantaranya Kota Ternate, Kabupaten Tidore Kepulauan dan Bacan Halmahera Selatan diduga terkait perkara yang sedang dilakukan penyidikan ini,” ungkap Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya, Sabtu (23/3/2024).

Lanjut Ali, aset dimaksud berupa 10 bidang tanah dan bangunan dan telah dilakukan penyitaan pada (20/3/2024).

Baca juga   KPU Kota Magelang Uji Publik Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

Disalah satu lokasi tanah, terdapat bangunan hotel yang akan disiapkan untuk segera beroperasi.

“Maksud penyitaan aset-aset tersebut bertujuan untuk optimalisasi aset recovery dari hasil kejahatan korupsi,” paparnya.

Sebelumnya, KPK menyerahkan tersangka beserta barang bukti para terduga pemberi suap kepada AGK untuk segera disidangkan.

Empat tersangka pemberi suap yaitu, Adnan Hasanudin (AH) (Kadis Perumahan dan Pemukiman Pemprov Malut); Direktur Eksternal PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) Stevi Thomas (ST); Daud Ismail (DI) (Kadis PUPR Pemprov Malut); dan Kristian Wuisan (KW) (Swasta).

“Jumat (16/2/2024), tim penyidik telah selesai melaksanakan penyerahan Tersangka dan barang bukti sebagai pihak pemberi suap pada Tersangka AGK (Gubernur Maluku Utara) yakni Tersangka ST, AH, DI dan KW pada Tim Jaksa,” jelas Ali.

Baca juga   Uni Eropa Apresiasi Kepemimpinann Indonesia di G20

Ali menambahkan, dari hasil penelitian berkas perkara, tim jaksa menilai formil dan materil isi berkas perkara terpenuhi dan lengkap.

Untuk itu, para tersangka dilakukan perpanjangan penahanan masing-masing untuk 20 hari kedepan masih tetap dilakukan sampai dengan 6 Maret 2024 di Rutan Cabang KPK.

“Persiapan persidangan dengan melakukan pelimpahan berkas perkara dan surat dakwaan ke Pengadilan Tipikor segera dilakukan dalam waktu 14 hari kerja,” paparnya. (N1)

Sumber: infopublik.id

Share :

Baca Juga

Menhan Prabowo menyambut kedatangan mantan Perdana Menteri Inggris Raya Tony Blair, Jumat (19/4/2024). (Foto: Biro Humas Setjen Kemhan)

News

Menhan Prabowo Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair, Diskusi Isu Global
(ANTARA FOTO/Kosasih/sen/aww)

News

Rumah Warga Jember Rusak Diguncang Gempa
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Kasus Covid-19 di Magelang Tambah 410, Sembuh 266 Orang
Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak melalui Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022. Foto: BNPB

News

Sudah Menyebar di 22 Provinsi, Pemerintah Tetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat PMK
Anggota KPU Temanggung, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM, Henry Sofyan Rois. Foto: MC TMG

News

2.160 Orang Melamar Anggota PPS di Kabupaten Temanggung
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Widayat. (Foto:MC Kab.Blora/Teguh)

News

Meski Belum Ada Kasus, Blora Antisipasi Penyakit Hepatitis Akut
Presiden Jokowi ketika acara jamuan pemimpin negara-negara ASEAN oleh Ketua Dewan Perwakilan AS Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS di Capitol Hill, Washington DC. (Foto: BPMI Setpres)

News

Indonesia Ajak AS Jaga Perdamaian Indo-Pasifik Melalui Kerja Sama Inklusif
Polri membuka peluang bagi lulusan SMA/SMK untuk bergabung dengan kepolisian dengan mendaftar sebagai tamtama. Jumlah peserta didik yang diterima akan mencapai 1.600 orang. Foto: Ist/Tribratanews

News

Polri Buka Pendaftaran Tamtama 12 – 21 September 2022, Cek Cara Daftar dan Syaratnya