Home / News

Sabtu, 10 Desember 2022 - 14:51 WIB

KPK Tahan Hakim Agung Gazalba Saleh Terkait Suap Penanganan Perkara di MA

Foto: Pasha Yudha Ernowo/ InfoPublik

Foto: Pasha Yudha Ernowo/ InfoPublik

NYATANYA.COM, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Hakim Agung Gazalba Saleh (GS). Gazalba Saleh merupakan tersangka dalam kasus suap penanganan perkara di lingkungan Mahkamah Agung (MA).

“Untuk kepentingan proses penyidikan, Tersangka GS dilakukan penahanan oleh Tim Penyidik selama 20 hari pertama, dimulai tanggal 8 Desember 2022 sampai 27 Desember 2022 di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur,” ungkap Johanis Tanak, Wakil Ketua KPK, dalam kanal Youtube KPK, Jumat (9/12/2022).

Kasus itu berawal ketika adanya perselisihan di internal Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana pada awal 2022.

Permasalahan itu berakhir dengan laporan pidana dan perdata yang berlanjut hingga proses persidangan di Pengadilan Negeri Semarang.

Setelah itu, Debitur KSP Intidana Heryanto Tanaka meminta Pengacara Yosep Parera dan Eko Suparno untuk mengurus dua perkara itu.

Dalam kasus ini, Heryanto melaporkan Pengurus KSP Intidana Budiman Gandi Suparman atas tudingan pemalsuan akta dan putusan di tingkat pertama pada PN Semarang dengan Terdakwa Budiman Gandi Suparman dinyatakan bebas.

Baca juga   Jelang Pemilu 2024, KPK Ingatkan Penyelenggara Negara Hindari Praktik Korupsi

Putusan bebas itu membuat jaksa mengajukan kasasi ke MA. Heryanto juga meminta Yosep dan Eko mengawal kasasi tersebut. Yosep dan Eko meminta bantuan pegawai negeri sipil (PNS) di MA Desy Yustria untuk mengondisikan putusan kasasi. Desy dijanjikan uang SGD 202 ribu yang setara dengan Rp2,2 miliar.

Setelah mendengar janji itu, Desy langsung menghubungi staf Kepaniteraan MA Nurmanto Akmal. Nurmanto kemudian meminta bantuan staf Hakim Agung Gazalba Saleh, Redhy Novarisza dan Hakim Yustisial Prasetio Nugroho.

Adapun salah satu anggota majelis hakim yang ditunjuk untuk memutus perkara terdakwa Budiman Gandi Suparman saat itu adalah Gazalba Saleh. Kongkalikong ini membuat kubu jaksa memenangkan kasasi.

Baca juga   Ajang World Superbike Memacu Pemulihan Ekonomi

Sehingga, Budiman dinyakatan bersalah dan dihukum penjara selama lima tahun. Karena sudah menang, Yosep dan Eko menyerahkan uang tersebut secara tunai ke Desy.

Total ada 13 tersangka yang dijerat KPK dalam kasus ini. Mereka yakni Hakim Agung Gazalba Saleh, Hakim Yustisial Prasetio Nugroho, dan staf Gazalba Redhy Novarisza.

Sementara 10 lainnya sudah lebih dahulu dijerat yakni Hakim Agung Sudrajat Dimyati, Hakim Yudisial atau panitera pengganti Elly Tri Pangestu (ETP), dua aparatur sipil negara (ASN) pada Kepeniteraan MA Desy Yustria (DY) dan Muhajir Habibie (MH), serta dua ASN di MA Nurmanto Akmal (NA) dan Albasri (AB).

Kemudian, pengacara Yosep Parera (YP) dan Eko Suparno (ES) serta Debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana Heryanto Tanaka (HT) dan Debitur Koperasi Simpan Pinjam Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS).

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Rp1,2 M Pagu Anggaran 9 Parpol di Purbalingga Diserahkan
(Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Indonesia Tambah Stok Vaksin Pfizer 1.210.950 Dosis
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Foto: Kemlu RI)

News

Menlu Retno: Arab Saudi Buka Kembali Umrah untuk Jamaah Asal Indonesia
Di awal 2022, Indonesia mendapatkan tambahan pasokan vaksin Pfizer sebanyak 1.236.000 dosis. Vaksin ini merupakan donasi dari kerja sama yang dibangun antara negara Italia beserta dengan Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX) Facility. (Foto: Amiriyandi/ InfoPublik)

News

Tambahan 1.236.000 Dosis Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Humas Kemenko Polhukam)

News

Menko Polhukam Tegaskan Pemerintah Tetap Fokus Siapkan Pelaksanaan Pemilu 2024
Wamenhan RI M. Herindra mengatakan pemerintah membuka peluang terobosan bagi investasi industri pertahanan (Inhan). Foto: Biro Humas Kemhan

News

Pemerintah Buka Peluang Investasi Industri Pertahanan, Ini Kata Wamenhan Herindra
Ganjar Pranowo memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantornya, Senin (5/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda Jateng)

News

Tiga Hari PPKM Darurat di Jateng 1.706 Pelanggar Terjaring Operasi
ANTARA FOTO/Ardiansyah/aww

News

Foto: Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni