Home / News

Rabu, 25 Januari 2023 - 06:13 WIB

KPK Tangkap Buron Korupsi Izil Azhar, Mantan Panglima GAM yang Terkait Kasus Gratifikasi Proyek Bareng Gubernur Aceh 2007-2012

Ilustrasi. Foto: Dok KPK

Ilustrasi. Foto: Dok KPK

NYATANYA.COM, Jakarta – Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan KPK berhasil menangkap Izil Azhar, buronan dalam daftar pencarian orang (DPO) terkait kasus dugaan gratifikasi terkait proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang tahun anggaran 2006-2011.

“Benar, hari ini dengan bantuan tim dari Polda Nangroe Aceh Darusalam (NAD), tim berhasil menemukan DPO KPK atas nama Izil Azhar,” ujar Ali Fikri, Selasa (24/1/2023).

Baca juga   Kebutuhan Obat-obatan dan Oksigen Pasien Covid-19 Masih Aman dan Mencukupi

Ia juga mengatakan, tersangka Izil Azhari masuk daftar pencarian orang sejak 30 November 2018. “Hari ini tersangka ditemukan dan diamankan di sekitar Banda Aceh. Sebelumnya tim KPK terus koordinasi dengan Polda NAD sudah dilakukan sejak Desember 2022,” ujarnya.

Ali mengungkapkan, KPK mengapresiasi jajaran Polda NAD yang telah membantu KPK dalam pencarian dan penangkapan DPO KPK dimaksud. “Berikutnya tersangka segera akan dibawa ke Jakarta untuk proses lebih lanjut,” tutupnya.

Baca juga   Pemkab Cianjur Prioritaskan Perbaikan Sekolah Terdampak Gempa

Sebelumnya, Izil Azhar merupakan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Dia merupakan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya bersama-sama Irwandi Yusuf Gubernur Aceh periode 2007-2012.

Izil yang memiliki nama lain Ayah Merin ini disebut sebagai orang kepercayaan Irwandi Yusuf. Bersama Irwandi, Izil diduga bersama-sama menerima gratifikasi dengan nilai total Rp32 miliar. (*/N1)

Share :

Baca Juga

Menko Polhukam, Mahfud MD saat rapat koordinasi bersama Deputi V Kepala Staf Kepresidenan, Jaleswari Pramodhawardani, pada Jumat (11/2/2022), menyikapi insiden yang sempat terjadi di Desa Wadas. (Foto: Dok. KSP/Menko Polhukam/Istimewa)

News

Libatkan Komnas HAM, Proyek Waduk Bener akan Kedepankan Dialog dan Musyawarah
Ilustrasi/ Foto: MC Riau

News

HET Dihapus, Produk Minyak Goreng Bakal Banjiri Pasar
Jadwal penerbangan selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022 tidak mengalami penambahan. Sejumlah ketentuan diterapkan selama penyelenggaraan angkutan Nataru sebagaimana Surat Edaran No.111 Tahun 2021 yang berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022. (Foto: Angkasa Pura II)

News

Kemenhub: Tidak Ada Extra Flight Selama Nataru 2021/2022
Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi Srikandi, Sistem Informasi Akses Keuangan Daerah Terintegrasi dengan menggandeng Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) se-Jateng dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Permudah Akses Keuangan UMKM, Ganjar Luncurkan Srikandi
Foto: BPMI Setpres/Muchlis

News

Presiden Jokowi Terima Penghargaan Global Citizen Award 2022 dari Atlantic Council
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi didampingi Asisten Perekonomian Kadri Renggono dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono melakukan pemantauan ketersediaan stok serta harga bahan pangan, daging dan minyak goreng di sejumlah lokasi. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Jaga Kestabilan Harga Bahan Pangan di Bulan Ramadan, Pemkot Yogya Siapkan Operasi Pasar
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Ini Kriteria Penceramah Radikal Menurut BNPT
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berjalan di Keraton Yogyakarta, Senin (2/5/2022). Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta dan menghaturkan selamat Idulfitri kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, dan seluruh keluarga Keraton Yogyakarta. (ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Setpres/Lukas/sgd/hp/InfoPublik.id)

News

Usai Salat Id Presiden Jokowi Kunjungi Sri Sultan, Ini yang Dibicarakan