Home / News

Rabu, 25 Januari 2023 - 06:13 WIB

KPK Tangkap Buron Korupsi Izil Azhar, Mantan Panglima GAM yang Terkait Kasus Gratifikasi Proyek Bareng Gubernur Aceh 2007-2012

Ilustrasi. Foto: Dok KPK

Ilustrasi. Foto: Dok KPK

NYATANYA.COM, Jakarta – Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan KPK berhasil menangkap Izil Azhar, buronan dalam daftar pencarian orang (DPO) terkait kasus dugaan gratifikasi terkait proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang tahun anggaran 2006-2011.

“Benar, hari ini dengan bantuan tim dari Polda Nangroe Aceh Darusalam (NAD), tim berhasil menemukan DPO KPK atas nama Izil Azhar,” ujar Ali Fikri, Selasa (24/1/2023).

Baca juga   Jalur Mudik Lebaran di Batang Mulai Disiapkan

Ia juga mengatakan, tersangka Izil Azhari masuk daftar pencarian orang sejak 30 November 2018. “Hari ini tersangka ditemukan dan diamankan di sekitar Banda Aceh. Sebelumnya tim KPK terus koordinasi dengan Polda NAD sudah dilakukan sejak Desember 2022,” ujarnya.

Ali mengungkapkan, KPK mengapresiasi jajaran Polda NAD yang telah membantu KPK dalam pencarian dan penangkapan DPO KPK dimaksud. “Berikutnya tersangka segera akan dibawa ke Jakarta untuk proses lebih lanjut,” tutupnya.

Baca juga   Kejagung Periksa Lima Saksi Kasus Korupsi Pengadaan Satelit Kemenhan

Sebelumnya, Izil Azhar merupakan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Dia merupakan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya bersama-sama Irwandi Yusuf Gubernur Aceh periode 2007-2012.

Izil yang memiliki nama lain Ayah Merin ini disebut sebagai orang kepercayaan Irwandi Yusuf. Bersama Irwandi, Izil diduga bersama-sama menerima gratifikasi dengan nilai total Rp32 miliar. (*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Kemenko PMK

News

Menko PMK Sambut Kepulangan Jemaah Haji Pertama di Bandara Soetta
Ribuan pengemudi (driver) ojek online (ojol) menggelar aksi demo di kantor Gojek Cabang Yogyakarta di Jalan Imogiri Timur, Kamis (24/3/2022). (Foto: Istimewa/kabarmilenia)

News

Ribuan Driver Gojek Yogya Lakukan Demo, Ternyata Ini yang Jadi Penyebab
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Abaikan Produk UMKM, Direksi BUMN Siap-siap Dicopot
Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam Puncak Peringatan Hari Kartini 2022, Kamis (21/4/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Iriana Jokowi: Hari Kartini 2022, Era Kebangkitan Perempuan Indonesia Lawan Pandemi
Ganjar Pranowo.(Foto: Humas Jateng)

News

Jangan Sembarangan Gelar PTM, Ini Aturannya di Jawa Tengah
Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan berdasarkan data per 21 Oktober 2022, jumlah kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada anak sebanyak 241 kasus di 22 provinsi dengan 133 kematian atau 55 persen dari jumlah kasus. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz

News

Cerita Orang Tua yang Kehilangan Anaknya Usai Minum Paracetamol
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

News

Resmi! Presiden Teken Biaya Penyelenggaraan Haji 2022, Ini Besarannya
Foto: ANTARA

News

Kemenkumham Gali Informasi Dugaan Deportasi UAS