Home / News

Jumat, 12 Januari 2024 - 14:47 WIB

KPU: Tidak Ada Surat Suara Tercoblos di Yogyakarta

Ilustrasi, KPU Kota Yogyakarta memastikan tidak ada surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang sudah dalam kondisi tercoblos. Foto: Istimewa

Ilustrasi, KPU Kota Yogyakarta memastikan tidak ada surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang sudah dalam kondisi tercoblos. Foto: Istimewa

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta memastikan, tidak ada surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang sudah dalam kondisi tercoblos, berdasarkan hasil sortir di Gudang KPU Kota Yogyakarta mulai 4 sampai 6 Januari 2024.

“Tidak ada yang tercoblos,” ujar Ketua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryosamodro dikutip dari InfoPublik yang melansir Antara, Kamis (11/1/2024).

Meski demikian, dari 328.706 lembar surat suara pilpres yang disortir, petugas masih menemukan surat suara dalam kondisi rusak.

Harsya enggan menyebut jumlah pasti surat suara yang rusak tersebut.

“Jumlah yang diduga tidak layak itu tidak signifikan,” ujarnya.

Menurut dia, sebagian besar surat suara pilpres yang rusak tersebut rata-rata mengalami sobek pada bagian depan kertas yang dinilai dapat mengganggu pemilih saat pencoblosan.

Baca juga   Hari Ini DIY Mencatat 1.094 Orang Sembuh, Positif Covid-19 Tambah 1.628 Kasus

“Bisa sobek saat pengepakan atau kena di luar pengetahuan kami,” katanya.

Terhadap seluruh surat suara pilpres yang diduga tidak layak digunakan tersebut, menurut Harsya, pihaknya masih akan melakukan penyortiran ulang.

“Akan kami sortir lagi dan kami konsultasikan ke KPU DIY. Apabila dipastikan rusak akan diganti oleh percetakan,” katanya.

Menurut Harsya, saat ini pihaknya masih menyortir dan lipat surat suara untuk pemilihan anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota yang masing-masing sebanyak 328.706 lembar, sehingga total surat suara yang disortir dan lipat mulai Senin (8/1/2024) mencapai 986.118 lembar.

Ratusan ribu surat suara DPRD-DPR tersebut telah tiba di Gudang KPU Kota Yogyakarta pada Minggu (7/1/2024) sekitar pukul 15.00 WIB setelah dikawal dari percetakan yang ada di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Baca juga   Biennale Jogja XVI Resmi Ditutup, Nunung WS dan Hermanu Raih Lifetime Achievement Award

Menurutnya, seluruh logistik Pemilu 2024 yang tersimpan di gudang penyimpanan di Jalan Pramuka, Kota Yogyakarta dalam kondisi aman dari risiko pencurian dan kerusakan akibat kondisi cuaca, termasuk surat suara.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11/2023), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (N1)

Share :

Baca Juga

Puan Maharani. (Foto: Biro Humas DPR RI)

News

Ketua DPR RI: Para Relawan PMI Penting bagi Kemanusiaan
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM. (Foto: Humas Kab Sukoharjo)

News

Bupati Etik Suryani Bantah Izinkan Hajatan Selama PPKM Level 4
Haryadi Suyuti saat menghadiri famtrip yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Wayang Jogja Night Carnival #6, Jadi Puncak Acara HUT ke-265 Kota Yogya
Pelepasan ekspor komoditas pertanian Provinsi Jawa Tengah, di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Foto:Humas Jateng)

News

Gubernur Ganjar Gagas Pelabuhan Hortikultura Semarang
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Bertambah 75 Orang
Sejumlah pekerja berjalan di pedestrian kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (29/11/2021). Pemerintah kembali memperpanjang PPKM Jawa Bali hingga dua pekan ke depan dengan sejumlah kabupaten/kota di Jabodetabek akan kembali ke PPKM level 2. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa)

News

Ini 19 Aturan yang Berlaku di Wilayah PPKM Level 2 Jawa – Bali
Presiden Joko Widodo. (Foto: Ist)

News

Presiden Jokowi Terbitkan Keppres Cuti Bersama ASN, Ini Tanggalnya
Kominfo melakukan peningkatan kualitas jaringan atau optimasi sebanyak 16 titik lemah sinyal di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), guna mendukung gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia yang digelar 18-20 Maret 2022. (Foto: Adis A/InfoPublik/Kominfo)

News

MotoGP Mandalika, Kominfo Optimis 16 Titik Lemah Sinyal di Lombok