Home / Plus

Jumat, 18 November 2022 - 11:44 WIB

Kreatif dan Inovatif, Souvenir Unik Pohon Pisang dalam Botol Buatan DPP Kota Yogya

Souvenir pohon pisang dalam botol kreasi DPP Kota Yogyakarta yang unik. Foto: Humas Pemkot Yogya

Souvenir pohon pisang dalam botol kreasi DPP Kota Yogyakarta yang unik. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Souvenir sudah menjadi sebuah kebutuhan atau bahkan keharusan sebagai buah tangan saat hajatan pernikahan ataupun kepentingan lainnya.

Beragam bentuk dan kreativitas bisa kita temui pada karya buah tangan ini. Salah satu yang unik adalah souvenir pohon pisang kreasi Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogyakarta.

Kepala DPP Kota Yogyakarta Suyana mengatakan, salah satu keunggulan yang dimiliki Kota Yogyakarta adalah tanaman pisang. Dimana hingga saat ini DPP Kota Yogyakarta memiliki ratusan jenis pisang yang terus dikembangkan melalui teknologi kultur jaringan.

Foto: Humas Pemkot Yogya

“Melalui kultur jaringan ini, berbagai macam jenis pisang bisa kita kembangkan dan tanaman pisang juga bisa digunakan sebagai souvenir ataupun buah tangan bagi siapa saja yang singgah ke Kota Yogyakarta,” ujar Suyana, Kamis (17/11/2022) dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya.

Ia berharap, dengan adanya inovasi ini jenis-jenis pisang terus berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta dengan membawa souvenir berupa pohon pisang.

Baca juga   Biennale Jogja XVI Equator #6 Mempertemukan Indonesia-Oseania

Menurutnya, souvenir pohon pisang dipilih sebagai souvenir yang diunggulkan karena tahan di berbagai cuaca dan rasanya pun tetap manis walaupun saat musim hujan ataupun kemarau.

“Souvenir ini bisa bertahan hingga satu bulan. Sampai saat ini saya belum pernah menemukan pohon pisang di dalam botol sebagai souvenir. Semoga dengan inovasi ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Kepala DPP Kota Yogyakarta Suyana dan souvenir pohon pisang dalam botol. Foto: Humas Pemkot Yogya

Sementara itu Analis Laboratorium Kultur Jaringan DPP Kota Yogyakarta Anny Widi Astuti mengungkapkan, souvenir pisang ini berdasarkan pesanan. Karena persiapannya pun membutuhkan waktu.

“Pisang yang akan menjadi souvenir ini melalui beberapa tahap. Jadi butuh waktu dalam menyiapkannya,” ujarnya.

Tahapan yang dimaksud adalah pertama-tama botol dan alat disterilisasikan terlebih dahulu. Selanjutnya setelah itu, bibit pohon pisang dimasukkan ke botol dan tunggu selama tiga hari untuk melihat kestabilan tanaman.

Baca juga   Visiting Profesor Ujud Kerjasama UNY dengan Universitas Munster Jerman

“Jika dirasa sudah siap, maka tinggal dipercantik menggunakan pita ataupun paperbag untuk menambah estetik souvenir,” kata Anny.

Ia menjelaskan jenis-jenis pisang yang dijadikan souvenir antara lain, pisang raja bagus, pisang mas kirana, pisang kepok, pisang ambon, pisang cavendish dan lain sebagainya.

Tak hanya tanaman pisang saja yang bisa dijadikan souvenir, adapun tanaman hias seperti anggrek jenis dendrobium dan phalaenopsis. Selain itu ada bibit pohon keladi, aglaonema juga bisa dijadikan souvenir.

Pihaknya menambahkan untuk harga souvenir belum bisa dipastikan, namun jika anda berminat silahkan pesan langsung ke DPP Kota Yogyakarta di Jalan Lingkar Selatan, Malangan, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Bagian buah dan daun pepaya mempunyai khasiat kesehatan. (Foto: Istimewa)

Plus

Pepaya Cegah Infeksi Saluran Kemih
Prima Trisna Aji ketika memberikan sosialisasi terapi rebusan daun salam bagi penderita hipertensi. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Plus

Penelitian Dosen Spesialis Medikal, Rebusan Daun Salam Efektif Menurunkan Tekanan Darah Hipertensi
Ngatman sedang menyungging wayang di rumahnya RT 01/RW 02 Desa Sogo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora. Foto: Dinkominfo Blora

Plus

Ngatman, Dalang Sepuh yang Bertahan Jadi Perajin Hiasan Dinding Wayang Kulit
Miniatur Candi Prambanan setinggi 2 meter berbahan jajanan tradisional menjadi ikon Rakernas PPJI di Convention Centre Yogyakarta. Foto: Agoes Jumianto

Plus

Gelar Rakernas di Jogja, PPJI Bersinergi untuk Percepatan Inovasi Jasaboga
Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Minggu (30/10/2022). Foto: Ist/InfoPublik

Plus

Ini 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, Dua Desa di DIY Raih Penghargaan
Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

15 KPM PKH Kota Yogya Siap Jalankan Usaha Olahan Lele Tanpa Duri
Diskusi dan Ngopi Bersama bertajuk Membangun Konservasi Berbasis Ekonomi, Secangkir Kopi Merawat Bumi, Jumat (1/4/2022), di komplek Kantor Desa Larangan Lor, Garung. (Foto: Diskominfo Kab.Wonosobo)

Plus

Secangkir Kopi Merawat Bumi, Membangun Konservasi Berbasis Ekonomi di Kawasan Dieng
Jeruk lemon memiliki sejumlah ciri khas dan berkhasiat. (Foto : Istimewa)

Plus

Hindari Obesitas dengan Jeruk Lemon