Home / Peristiwa

Rabu, 13 Oktober 2021 - 21:29 WIB

Kreatif, di Grobogan Bayar Pajak Kendaraan Bisa Dicicil Lur

Ganjar Pranowo berbincang dengan salah satu warga desa Bandungharjo yang membayar pajak kendaraan dengan cara dicicil. Program talangan ini diprakarsai BUMDes Cindelaras untuk membantu warga.(Foto: Humas Jateng)

Ganjar Pranowo berbincang dengan salah satu warga desa Bandungharjo yang membayar pajak kendaraan dengan cara dicicil. Program talangan ini diprakarsai BUMDes Cindelaras untuk membantu warga.(Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Grobogan – Ada hal unik ditemui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja ke Kabupaten Grobogan, Rabu (13/10/2021). Di salah satu desa bernama Bandungharjo, Ganjar menemukan adanya sistem pembayaran pajak kendaraan yang tak biasa.

Disebut tak biasa karena masyarakat yang biasanya harus datang ke kantor Samsat kini bisa bayar di kantor desa. Hebatnya lagi, warga tidak perlu bayar lunas pajak kendaraannya. Sebab, ada dana talangan dari BUMDes setempat yang bisa diandalkan. Jadi bayar pajak tak perlu lunas, bisa ngutang dan dicicil selama tiga bulan.

Saat Ganjar datang, ada salah satu warga yang sedang melakukan pembayaran pajak di sana. Ganjar yang penasaran kemudian menanyakan, apakah benar ia bisa menyicil pembayaran pajaknya.

“Lagi ngapa mas? Perpanjangan STNK? Lha didhawakke ngapa (dipanjangkan kenapa), nek dhawa angel ditekuk lho (kalau panjang sudah dilipat),” canda Ganjar.

Warga itu mengatakan memang datang untuk membayar pajak. Selain lebih dekat, pembayaran pajaknya bisa dicicil.

Baca juga   Tertangkap Basah Tengah Malam Tak Bermasker, 2 Pemuda Dihukum Push Up

“Di sini dekat pak, selain itu bisa dicicil. Ini saya pajaknya habis Rp1,5 juta, saya bayar Rp1 juta dulu, sisanya dicicil,” katanya sambil mengeluarkan uang ratusan sepuluh lembar.

Ganjar pun sangat mengapresiasi program itu. Menurutnya, program yang dikembangkan BUMDes Cindelaras Bandungharjo itu sangat menarik dan inspiratif.

“Ini ada yang menarik. Di Desa Bandungharjo Kecamatan Toroh ada BUMDes yang kreatif. Dia melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor masyarakatnya dengan cara tak biasa. Nalangi sik (menutup dulu) kalau ada warga yang belum punya uang dan sudah jatuh tempo. Bisa dicicil selama tiga bulan,” kata Ganjar.

Selain membantu masyarakat mendekatkan pelayanan pembayaran pajak, sistem dana talangan juga menurut Ganjar sangat kreatif. Hal ini membuat masyarakat tertib bayar pajak karena ada kemudahan.

“Ini membantu penarikan pajak juga, negara terbantu. Tinggal kita dorong nanti lebih canggih lagi karena ini ada yang masih manual. Dan yang seperti ini di Grobogan sudah ada di delapan kecamatan berbeda,” ucapnya.

Baca juga   Sri Sultan: Konsentrasi DIY Perbanyak Vaksinasi dan Pindahkan Isoman ke Shelter

Sementara itu, Ketua BUMDes Cindelaras, Yanto mengatakan, program pembayaran pajak kendaraan bermotor di desanya itu sudah dilakukan sejak 2019 lalu. Program itu sangat diminati masyarakat karena program dana talangan.

“Jadi masyarakat yang belum punya uang untuk melunasi pajak, kita bantu. Umpama habisnya Rp400 ribu, baru punya Rp200 ribu, nanti kekurangannya ditalangi BUMDes,” terangnya.

Dana talangan itu lanjut dia bisa dicicil dalam kurun waktu tiga bulan. Bunga yang dikenakan sangat ringan, yakni hanya tiga persen.

“Masyarakat antusias sekali, karena selain malas kalau mau bayar pajak jauh, mereka juga terbantu karena pendapatan mereka sebagai petani kan tidak menentu. Ada yang panen biasanya tiga atau enam bulan sekali, jadi kekurangannya bisa ditalangi,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Garap produksi Purworejo memiliki kandungan NaCl di atas 50 persen. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Purworejo Kembangkan Produksi Garam Mengandung NaCl Tinggi
Sebanyak 186 Jamaah Muji Nabi Asuhan KH Munif Muhammad Zuhri menerima Program vaksinasi. (Foto:MC.Kab.Demak)

Peristiwa

Santri dan Jamaah MUNA Girikusumo Terima Suntik Vaksin
Para relawan yang tergabung dalam Team Kubur Cepat Kelurahan Kricak. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Team Kubur Cepat Kricak Makamkan Warga Terpapar Covid-19 Pukul 22.30 Wib
Mantri Kemantren Tegalrejo Antariksa Agus Purnama mengukuhkan 13 relawan Garda Wiratama. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Garda Wiratama, Panggilan Hati Bantu Tangani Pandemi
Sri Sultan saat meresmikan Balai Budaya Panggungharjo, Bantul pada Senin 20 September 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Dibiayai Danais, Balai Budaya Panggungharjo Diresmikan Sri Sultan
Rumah Pembinaan Carolus Borromeus (RPCB) Syantikara. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Suster CB Peduli, Syantikara Jadi Shelter Isolasi Covid-19
Kunjungan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen ke Papua, dimanfaatkan dengan meninjau langsung Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Jayapura, Jumat (15/10/2021). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Kunjungi Perbatasan Indonesia-PNG, Gus Yasin Terima Kasih kepada TNI dan Polri
Sembari Gowes, Ganjar Pranowo blusukan melakukan edukasi prokes ke warga. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Sosialisasikan Prokes, Ganjar Blusukan ke Gang Sempit