Home / Peristiwa

Senin, 4 Juli 2022 - 21:38 WIB

Kronologi Kerusuhan Babarsari, 5 Ruko dan 6 Motor Dibakar, Sri Sultan HB X Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku

Salah satu ruko di Babarsari yang dibakar pada kerusuhan yang terjadi, Senin (4/7/2022). Foto: @robbyizwnsyh

Salah satu ruko di Babarsari yang dibakar pada kerusuhan yang terjadi, Senin (4/7/2022). Foto: @robbyizwnsyh

NYATANYA.COM, Sleman – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menyampaikan kronologi kejadian kerusuhan di Seturan dan Babarsari, Sleman, yang terjadi pada Senin (4/7/2022) siang.

Kerusuhan yang membuat kawasan Babarsari mencekam pada Senin siang tadi merupakan buntut dari kerusuhan di tempat karaoke yang ada di wilayah Caturtunggal, Depok, pada Sabtu (2/7/2022) dini hari.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, mengatakan sebelum terjadinya kerusuhan, sejumlah orang mendatangi Polda DIY untuk menanyakan kelanjutan proses hukum atas penganiayaan yang menimpa salah satu rekan mereka pada Sabtu dini hari.

“Setelah itu, mereka lantas menuju ke Babarsari. Saat itulah terjadi kerusuhan,” terangnya, Senin (4/7/2022) siang.

Rusuh di Babarsari. Foto: @damkarjogja113

Untuk kronologi kejadian di tempat karaoke pada Sabtu dini hari, terjadi insiden perkelahian beberapa orang dari dua kelompok massa. Insiden tersebut setidaknya mengakibatkan sejumlah orang terluka dan sejumlah bagian bangunan tempat karaoke rusak. Saat itu, polisi yang datang langsung membubarkan aksi tawuran tersebut.

Baca juga   Bawaslu Sleman Jalin Kemitraan Pangawasan Partisipatif di Lingkungan Kampus

Tak berhenti disitu, salah satu kelompok massa yang merasa tidak puas lantas melakukan penyerangan di kawasan Perum Jambusari, Ngemplak, Sleman, Sabtu (2/7/2022) sekitar pukul 05.00 WIB. Penyerangan itu juga mengakibatkan sejumlah orang terluka.

Selang dua hari, pada Senin pagi, sekelompok orang mendatangi Polda DIY. Mereka meminta pertanggungjawaban atas insiden penyerangan di Jambusari yang mengakibatkan salah satu rekan mereka yang menjadi korban.

Rusuh di Babarsari. Foto: @damkarjogja113

Setelah meninggalkan Polda DIY, mereka lantas menuju ke area Babarsari. Saat itulah kemudian kerusuhan terjadi.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X pun angkat bicara atas kerusuhan yang bukan kali ini terjadi di wilayah Babarsari.

Sri Sultan menyayangkan terulangnya peristiwan kericuhan di Yogyakarta. Ia pun menegaskan agar proses hukum untuk dilakukan.

Baca juga   TNI AL Kembali Berduka, 1 Prajurit Gugur Diserang KSTP di Kalikote Papua

Untuk itu Ngarso Dalem pun meminta pihak kepolisian menindak tegas pelaku penganiayaan hingga provokator.

“Karena ini pelanggaran hukum saya berharap Polda DIY tidak hanya sekadar melerai, tapi dengan disiplin ya proses (hukum) dengan baik. Saya tidak mau di Yogya ini ajang kekerasan fisik jadi kebiasaan untuk didik anak,” tegasnya.

Pada kerusuhan siang tadi sedikitnya 5 ruko dan 6 motor dibakar massa yang bentrok, beberapa lainnya dirusak.

Namun demikian kebakaran tak meluas karena petugas Damkar Sleman dan Kota Yogya sigap ke lokasi untuk memadamkan kobaran api.

Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan rinci total kerusakan akibat bentrok antar kelompok di Babarsari.

Warga di sekitar lokasi mengaku was-was dengan rusuh siang tadi, meski diakui ini bukan kali pertama terjadi di wilayah itu. Polisi juga masih siaga berjaga.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Walikota Afzan Arslan Djunaid saat meninjau Lapas Kelas IIA Pekalongan yang ikut terendam banjir. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Banjir di Kota Pekalongan Juga Genangi Lapas Kelas IIA
Rumah rusak di Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang akibat angin kencang. (Foto:humas/beritamagelang)

Peristiwa

Rumah Edi Sarwana Rusak Parah Diterjang Angin Kencang di Magelang
Pemkab Temanggung meminta pada pedagang dan pengunjung pasar tradisional agar ketat dalam menerapkan prokes dengan ketat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ingat! Jangan ke Pasar Jika Sedang Sakit
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Baki patroli keliling kampung-kampung melaksanakan sosialisasi pemberlakuan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Warga Diimbau Patuhi Jam Malam Selama PPKM Darurat
Peluncuran Platform Digital Marketplace sebagai Hub Petani Kota diakhiri dengan panen bersama sayur dan ketela hasil budidaya kelompok tani. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Parikolektif, Wahana Interaksi Kelompok Tani di Kota Yogya
Gedung Perusahaan Umum Produksi Film Negara. (Foto: BUMN Info)

Peristiwa

Pemprov DKI Tetapkan 14 Objek sebagai Cagar Budaya
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan konser kemerdekaan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Korea di Jawa Tengah, merupakan spirit untuk mempererat hubungan, antara Indonesia-Korea Selatan yang sudah berlangsung lama. Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Konser Kemerdekaan Indonesia-Korsel, Ganjar: Spirit Pererat Hubungan Antarnegara
Sebanyak 98 motor yang terlibat balap liar di Dusun Trayang, Kecamatan Ngronggot, Rabu (6/4/2022) diamankan Polres Nganjuk. (Foto: Diskominfo Prov.Jatim)

Peristiwa

Wayahe Lapor Kapolres! Puluhan Motor Balap Liar di Nganjuk Terjaring Razia