Home / Peristiwa

Senin, 4 Juli 2022 - 21:38 WIB

Kronologi Kerusuhan Babarsari, 5 Ruko dan 6 Motor Dibakar, Sri Sultan HB X Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku

Salah satu ruko di Babarsari yang dibakar pada kerusuhan yang terjadi, Senin (4/7/2022). Foto: @robbyizwnsyh

Salah satu ruko di Babarsari yang dibakar pada kerusuhan yang terjadi, Senin (4/7/2022). Foto: @robbyizwnsyh

NYATANYA.COM, Sleman – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menyampaikan kronologi kejadian kerusuhan di Seturan dan Babarsari, Sleman, yang terjadi pada Senin (4/7/2022) siang.

Kerusuhan yang membuat kawasan Babarsari mencekam pada Senin siang tadi merupakan buntut dari kerusuhan di tempat karaoke yang ada di wilayah Caturtunggal, Depok, pada Sabtu (2/7/2022) dini hari.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, mengatakan sebelum terjadinya kerusuhan, sejumlah orang mendatangi Polda DIY untuk menanyakan kelanjutan proses hukum atas penganiayaan yang menimpa salah satu rekan mereka pada Sabtu dini hari.

“Setelah itu, mereka lantas menuju ke Babarsari. Saat itulah terjadi kerusuhan,” terangnya, Senin (4/7/2022) siang.

Rusuh di Babarsari. Foto: @damkarjogja113

Untuk kronologi kejadian di tempat karaoke pada Sabtu dini hari, terjadi insiden perkelahian beberapa orang dari dua kelompok massa. Insiden tersebut setidaknya mengakibatkan sejumlah orang terluka dan sejumlah bagian bangunan tempat karaoke rusak. Saat itu, polisi yang datang langsung membubarkan aksi tawuran tersebut.

Baca juga   Gerbang Tol dan 20 Ruas Jalan di Boyolali Kembali Dibuka

Tak berhenti disitu, salah satu kelompok massa yang merasa tidak puas lantas melakukan penyerangan di kawasan Perum Jambusari, Ngemplak, Sleman, Sabtu (2/7/2022) sekitar pukul 05.00 WIB. Penyerangan itu juga mengakibatkan sejumlah orang terluka.

Selang dua hari, pada Senin pagi, sekelompok orang mendatangi Polda DIY. Mereka meminta pertanggungjawaban atas insiden penyerangan di Jambusari yang mengakibatkan salah satu rekan mereka yang menjadi korban.

Rusuh di Babarsari. Foto: @damkarjogja113

Setelah meninggalkan Polda DIY, mereka lantas menuju ke area Babarsari. Saat itulah kemudian kerusuhan terjadi.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X pun angkat bicara atas kerusuhan yang bukan kali ini terjadi di wilayah Babarsari.

Sri Sultan menyayangkan terulangnya peristiwan kericuhan di Yogyakarta. Ia pun menegaskan agar proses hukum untuk dilakukan.

Baca juga   Kerahkan Alat Berat, Pemkot Surabaya Kebut Pembongkaran TPS Pasar Turi

Untuk itu Ngarso Dalem pun meminta pihak kepolisian menindak tegas pelaku penganiayaan hingga provokator.

“Karena ini pelanggaran hukum saya berharap Polda DIY tidak hanya sekadar melerai, tapi dengan disiplin ya proses (hukum) dengan baik. Saya tidak mau di Yogya ini ajang kekerasan fisik jadi kebiasaan untuk didik anak,” tegasnya.

Pada kerusuhan siang tadi sedikitnya 5 ruko dan 6 motor dibakar massa yang bentrok, beberapa lainnya dirusak.

Namun demikian kebakaran tak meluas karena petugas Damkar Sleman dan Kota Yogya sigap ke lokasi untuk memadamkan kobaran api.

Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan rinci total kerusakan akibat bentrok antar kelompok di Babarsari.

Warga di sekitar lokasi mengaku was-was dengan rusuh siang tadi, meski diakui ini bukan kali pertama terjadi di wilayah itu. Polisi juga masih siaga berjaga.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Kapolres Bantul, AKBP ihsan SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Archey Nevada SH dalam jumpa pers pengungkapan kasus upal, Senin (7/6/2022). Foto: Ist/YP

Peristiwa

Jual Miras dan Membuat Upal, Warga Banguntapan Bantul Ditangkap Polisi
Polsek Sedayu berhasil menggagalkan rencana aksi konvoi kelulusan sekolah pada Sabtu (4/6/2022) siang. Foto: Dok.Polres Bantul

Peristiwa

Polsek Sedayu Gagalkan Rencana Aksi Konvoi Kelulusan Sekolah, 51 Orang Diperiksa
Dalam rangka membantu pencegahan merebaknya virus Covid-19, ACE Hardware melalui Iris Ohyama dan Kawan Lama Foundation memberikan donasi berupa masker sebanyak 10.080 buah kepada Pemerintah Kota Yogyakarta. Penyerahan bantuan masker tersebut langsung diterima oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti di ruang kerja, Senin (10/1/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

ACE Hardware Serahkan Bantuan 10.080 Masker kepada Pemkot Yogya
Ganjar Pranowo dikerubuti warga saat mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Pasar Johar, Rabu (5/1/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Momen Ganjar “Dikeroyok” Warga, Saat Dampingi Presiden Resmikan Pasar Johar
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengatakan bahwa tanaman mangrove memiliki manfaat dan berkontribusi besar dalam penyerapan karbon dioksida atau gas rumah kaca. (Foto: Kemenko Marves)

Peristiwa

Indonesia Salah Satu Negara Super Power Karbon Kredit Tanaman Mangrove
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi anak yang digelar Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) DIY. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gandeng Berbagai Pihak Genjot Vaksinasi Anak
KKP menghentikan aksi tiga orang nelayan asal Malaysia yang diduga melakukan pengeboman ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 716 Laut Sulawesi. (Foto: Dok.KKP)

Peristiwa

Diwarnai Aksi Kejar-kejaran, KKP Hentikan Aksi Pengebom Ikan Asal Malaysia di Laut Sulawesi
Sebanyak 365 usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Magelang, mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Kementerian Koperasi UKM dan Dekranas. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

365 Perajin UKM di Borobudur Dilatih Jualan Online