Home / Peristiwa

Kamis, 16 Juni 2022 - 19:08 WIB

Kronologi Pencuri Cabai Tewas Disabet Clurit di Sleman, Pelaku Masih Pelajar

Polres Sleman gelar jumpa pers terkait pencuri cabai tewas disabet celurit. Foto: Dok. Polres Sleman

Polres Sleman gelar jumpa pers terkait pencuri cabai tewas disabet celurit. Foto: Dok. Polres Sleman

NYATANYA.COM, Sleman – Penemuan mayat pria di kebun salak yang gegerkan warga di Gading Kulon, Kelurahan Donokerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta terungkap.

Korban yang diketahui berinisial WBP (4) meninggal akibat penganiayaan dengan senjata tajam oleh pelaku yang berstatus pelajar di bawah umur.

Wakapolres Sleman Kompol Tony Priyanto dalam konfeensi pers, Kamis (16/6/2022) menjelaskan, kronologi kejadian berawal saat pelaku anak berinisial HH (17) diberitahu tetangganya berinisial S yang menyebut tananam cabai di sawah miliknya sering hilang dicuri.

Pada Selasa, 14 Juni 2022 sekira pukul 21.00 WIB, pelaku HH menawarkan diri kepada keluarganya ke sawah untuk menghadang pencuri.

Kemudian pada Rabu (15/6/2022) dini hari sekira pukul 04.00 WIB, pelaku HH dijemput tetangga menuju ke sawah dengan berboncengan pakai motor.

“Pelaku HH sudah membawa celurit untuk melukai korban karena merasa kesal, tapi HH yang mebawa celurit ini tanpa sepengatahuan saksi atau tetangganya ini,” jelas Komol Toni.

Baca juga   Gempa Bumi Berkekuatan M 4,8 Guncang Bali, Tiga Warga Dilaporkan Meninggal

Setengah jam kemudian, keduanya menunggu di sawah. Tak lama berselang, keduanya melihat korban datang ke sawah dari arah barat yang hendak mencuri. Pelaku HH dan S mengintai dulu, sampai mendapati korban memetik cabai.

“Pelaku HH dan S mengendap-endap mendekati pelaku. Keduanya lalu mengepung korban. Merasa terpergok, korban melarikan diri menuju jalan aspal ke arah barat,” kata Wakapolres.

Pelaku HH mengejar berhasil mendekati lalu menyerang korban dengan celurit sebanyak 6 kali.

“Dua kali sabetan tidak kena dan empat kali mengenai tubuh korban,” jelasnya.

Korban berusaha kabur setelah terkena sabetan celurit. Pelaku HH bergegas memegang jaket korban yang berusaha melarikan diri namun tidak berhasil.

Korban berhasil melarikan diri ke arah kebun salak. Namun Pelaku HH dan S tidak melakukan pengejaran lagi, kemudian memberitahukan kepada tokoh warga setempat,”.

Baca juga   Selamat Jalan Mbah Odho, Peramu Teh Herbal Pegagan Kulon Progo

Sekitar pukul 08.00 WIB, korban ditemukan oleh warga kemudian memberitahu kepada pelapor atau adik korban.

Saat ditemukan, korban dalam keadaan pucat, mulut terbuka, tubuh bersandar namun tidak bergerak di kebun salak. Kemudian warga melapor ke Polsek Turi.

Wakapolres mengatakan, terkait kasus ini, Polres Sleman dan Polsek Turi sudah melakukan pemeriksaan dan mengamankan barang bukti serta menangkap pelaku HH di daerah Kledung, Kalurahan Donokerto.

Barang bukti yang diamankan berupa celurit panjang 30 centimeter, baju, celana dan sepatu boot yang dipakai pelaku saat kejadian.

Pelaku yang masih di bawah umur saat ini dilakukan penahanan untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Pelaku anak dijerat pasal 351 ayat 3 KUHP tentang tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan kematian dengan ancaman tujuh tahun penjara.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Demak Gencarkan Vaksinasi Usia 12 hingga 18 Tahun
(Foto: istimewa)

Peristiwa

Klaten Go Digital, Pemkab Terapkan Tanda Tangan Elektronik
Kepala DPU PR Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana saat meninjau pembangunan irigasi di Desa Wonokerso, Kecamatan Tembarak. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Tingkatkan Jaringan Irigasi, Temanggung Peroleh DAK Rp10,2 M
Wagub Jatim Emil Dardak saat meninjau Posko Pengungsian di Kantor Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Wagub Jatim Pastikan Ketersediaan Logistik dan Posko Pengungsi Terpenuhi
Sebanyak 11.390 orang mengunjungi Program “Indonesia Digital Opportunity” hari pertama Program Indonesia Digital Oppurtunity di Paviliun Indonesia EXPO 2020 Dubai. (Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo)

Peristiwa

Lebih dari 11 Ribu Orang Kunjungi Hari Pertama “Indonesia Digital Oppurtunity” di Paviliun Indonesia EXPO 2020 Dubai
(Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Terkait Dugaan Kecurangan, Bank Jatim Lakukan Investigasi Internal
Pemkot Yogya berhasil meraih nilai tertinggi kategori Pemerintah Daerah Kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan Anak dan Pelaporan berbasis aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak Tahun 2021. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Terima Penghargaan KPAI 2021
Para pengusaha Indonesia dan China menandatangani nota kesepahaman (MoU) proyek injeksi kimia dan teknologi digital untuk industri minyak dan gas di Indonesia. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Pengusaha RI-China Teken Nota Kesepahaman Proyek Kimia