Home / Peristiwa

Selasa, 30 November 2021 - 08:57 WIB

Kuartal III 2021, Laba Bersih Konsolidasi BUMN Capai Rp61 Triliun

Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Biro Humas Kementerian BUMN)

Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Biro Humas Kementerian BUMN)

NYATANYA.COM, Jakarta – Laba bersih konsolidasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Kuartal III – 2021 tercatat mencapai Rp61 triliun, atau hampir lima kali lipat pada periode keseluruhan pada tahun lalu.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan capaian ini merupakan hasil dari upaya efisiensi, perubahan model bisnis dan pengangkatan direksi BUMN dari kalangan profesional.

“Hasil keuangan terlihat dengan efisiensi dan perubahan model bisnis serta mengangkat kalangan profesional, laba bersih konsolidasi BUMN yang pada 2020 Rp13 triliun maka saat ini pada Kuartal III-2021 saja sudah menjadi Rp61 triliun,” ujar Menteri BUMN dalam acara pengukuhan pengurus Forum Humas BUMN (FHBUMN) Periode 2021-2023 yang disiarkan secara daring, seperti dilansir antaranews pada Senin (29/11/2021).

Menurut Menteri BUMN, hasil ini tak lepas dari adanya paradigma positif masyarakat dan para pemangku kepentingan terhadap perusahaan milik negara.

Baca juga   Diresmikan Wakil Bupati Sleman, BUMDes Purwobinangun Kini Punya Pertashop

Oleh karenanya, Menteri BUMN sangat berharap persepsi publik terhadap perusahaan-perusahaan BUMN terus positif yang didukung kinerja luar biasa seluruh jajarannya.

“Saya yakin selama dua tahun terakhir ini kita bekerja luar biasa, buktinya kalau kita melihat persepsi publik kepada BUMN sekarang semakin positif,” kata dia.

Menteri BUMN mengungkapkan bahwa Kementerian BUMN mendapatkan penghargaan sebagai salah satu kementerian yang terbaik untuk review sumber daya manusia di apparatus sipil negara (ASN).

Predikat ini, kata dia, harus terus dipertahankan secara berkesinambungan dengan meneruskan berbagai program yang sudah berjalan dengan bagus, terutama untuk para pemimpin BUMN baru.

“Saya sangat berharap juga bahwa kita semua yang diberikan amanah pada saat ini melakukan review atau evaluasi terhadap program-program BUMN yang sebelumnya bagus maka perlu diteruskan. Jangan karena terjadi pergantian kepemimpinan maka kepemimpinan baru selalu mejelekkan progran di masa kepemimpinan sebelumnya,” tutur dia.

Baca juga   Virtual Job Fair 2022, Pemkot Yogya Sediakan 3.914 Lowongan Pekerjaan, Berikut Link Pendaftarannya

Kementerian BUMN dipastikan akan terus menjaga kebijakan yang sudah berjalan dengan baik, walaupun disisi lain, transformasi perusahaan harus dijalankan oleh para pimpinan perusahaan-perusahaan BUMN.

Transformasi ini dinilai penting supaya BUMN bisa berkembang dan bersaing dalam pasar internasional dengan berbekal ekosistem dan model bisnis yang kuat.

“Kita pastikan juga bagaimana program-program BUMN ini sebagai keseimbangan dari market, dan kita harus pastikan juga ada hasilnya bagi kita semua, terutama untuk negara,” imbuh dia.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Aksi damai masyarakat tradisi Yogyakarta lewat seni jathilan di Bunderan UGM, Jumat (3/11/2023). Foto: Agoes Jumianto

Peristiwa

Masyarakat Tradisi Yogyakarta Gelar Aksi Damai untuk Pemilu 2024 Lewat Pentas Seni Jathilan
FGD inventarisasi data dan kebijakan penanganan iklim, Rabu (23/2/2022) di ruang Arjuna Balaikota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

ICLEI Dukung Upaya Pemkot Yogya Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca
Guru PAUD se Kecamatan Jiken saat menggelar pertemuan di hall stage Plumpung Banyu Anget. (Foto: Priyo Puji R)

Peristiwa

Temu Guru PAUD Kecamatan Jiken di Plumpung Banyu Anget
Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi. Foto: MC Kab.Sumenep

Peristiwa

Pertama Kali di Kabupaten Sumenep, BNNK Ungkap Kasus Sabu 2 Kilogram Lebih
Taksi yang terlibat kecelakaan di Jalan Yogya-Wates dievakuasi Tim Rescue Basarnas Yogyakarta. (Foto: Dok.Basarnas)

Peristiwa

Adu Banteng Taksi vs Minibus di Kulon Progo, Dua Penumpang Terjepit Kendaraan
Sedikitnya 1.500 aparat gabungan dari pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkot Surakarta, anggota TNI-Polri, dan komunitas masyarakat bersih-bersih Taman Sriwedari. Foto: Ist

Peristiwa

Resik-Resik Taman Sriwedari, Simbol Handarbeni Ngopeni Warga Solo
Pemkot Yogya memberikan suntikan penyertaan modal kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY sebesar Rp30 Miliar. Penyertaan modal tersebut dilakukan sesuai amanat Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 17 Tahun 2018 tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Beri Suntikan Penyertaan Modal Rp30 Miliar kepada BPD DIY

Peristiwa

Gebyar Foto dan Pameran Keris Warnai Perayaan HUT ke-266 Kota Jogja