Home / News

Kamis, 19 Agustus 2021 - 16:49 WIB

Kuasa Hukum Tergugat Hadirkan Saksi Ahli Rektor Undip, Kuasa Hukum Penggugat Pilih Walk Out

Gugatan yang dilayangkan warga penolak Bendungan Bener kepada Gubernur Ganjar Pranowo disidangkan di PTUN Semarang.  (Foto: Tim LBH Nyi Ageng Serang)

Gugatan yang dilayangkan warga penolak Bendungan Bener kepada Gubernur Ganjar Pranowo disidangkan di PTUN Semarang. (Foto: Tim LBH Nyi Ageng Serang)

NYATANYA.COM, Semarang – Sidang lanjutan perkara gugatan terhadap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang dilayangkan oleh warga penolak proyek pembangunan Bendungan Bener, Kamis (19/8/2021) dilanjutkan dengan agenda mendengarkan keterangan dari saksi ahli yang dihadirkan oleh Kuasa Hukum tergugat, yaitu Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum.

Agenda sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Roni Erry Saputro, SH, MH tersebut digelar secara virtual di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang.

Namun, ada peristiwa unik justru terjadi saat menjelang sidang hendak dimulai. Kuasa Hukum  penggugat secara tiba-tiba melakukan walk out meninggalkan persidangan tanpa sebab jelas.

Baca juga   Permendagri yang Baru, Penulisan Nama di Dokumen Kependudukan Tidak Boleh 1 Kata

Tapi oleh hakim ketua sidang tetap dilanjutkan walaupun kesaksian dari saksi ahli ini tidak disaksikan maupun didengar oleh kuasa hukum pengugat.

Peristiwa itupun sontak mendapatkan tanggapan serius dari Tim Kuasa Hukum warga Wadas, Bener, Purworejo, Jateng yang selama ini sangat setuju dan mendukung program pemerintah atas pembangunan Bendungan Bener.

Kristian Septian SH dan Danang SH selaku anggota tim kuasa hukum warga pendukung proyek nasional menyampaikan, bahwa tindakan walk out tim kuasa hukum penggugat sebelum sidang dimulai merupakan wujud ketidaksiapan, kelemahan sekaligus ketakutan menghadapi agenda sidang mendengarkan saksi ahli.

Baca juga   Hari Ini 2.121 Warga DI Yogyakarta Sembuh Covid-19

“Meninggalkan proses sidang mendengarkan kesaksian saksi ahli manakala sidang belum dimulai, menjadi bentuk nyata belum siapnya mereka sekaligus ketakutan dari tim kuasa hukum penggugat bilamana dari kesaksian yang disampaikan saksi ahli dapat melemahkan bahkan menggugurkan gugatan,” kata Krisna SH.

“Walk out juga sejatinya merupakan tindakan merugikan diri mereka sendiri. Sebagai akibat hukumnya adalah hilangnya kesempatan yang diberikan untuk menggali kebenaran fakta-fakta persidangan yang seharusnya bisa didapat dari keterangan saksi di persidangan,” tandas Krisna kuasa hukum warga pendukung pemerintah dari LBH Nyi Ageng Serang.   (N2)

Share :

Baca Juga

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi di halaman Mapolres Batang. (Foto: Diskominfo Batang)

News

Operasi Patuh Candi 2021, Humanisme Jadi Fokus Aksi
Menaker Ida Fauziyah saat menerima sejumlah pimpinan Serikat Pekerja/Serikat Buruh untuk berdialog terkait terbitnya Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022. (Foto: InfoPublik)

News

Temui Serikat Pekerja/Buruh, Menaker: Program JKP, Mengembalikan Hakikat JHT sebagai Jaminan Sosial Hari Tua
(ilustrasi:nyatanya.com)

News

Positif Covid-19 di DIY Melonjak Lagi, Hari Ini Tambah 2.145 Orang, Sembuh 1.116 Kasus
Stasiun Yogyakarta dan kawasan Malioboro sebagai kawasan wajib memakai Masker dan wajib vaksin. (Foto: agoes jumianto)

News

Pakai Masker dan Wajib Vaksin, Jadi Syarat Kalau Dolan ke Malioboro
Rapat Koordinasi Kesiapan dalam Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2022, di Kantor Pusat Jasa Marga, Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, pada Sabtu (23/4/2022). Foto: Kemenko PMK

News

Jateng Siap Antisipasi Kedatangan Jutaan Pemudik
Akses menuju Jalan Margo Utomo Yogyakarta kembali ditutup selama PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021. (Foto: agoes jumianto)

News

Ini Kabupaten/Kota di Jawa-Bali yang Masuk PPKM Level 4 dan 3 Terbaru
Foto: ANTARA

News

Bawaslu Akan Kawal Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024
Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021). (Foto: BPMI)

News

Presiden Jokowi Melantik Dewan Pengarah BRIN