Home / Peristiwa

Minggu, 26 September 2021 - 22:01 WIB

Kumendaman Kampung Panca Tertib ke-90 di Kota Yogya

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menghadiri deklarasi Kampung Panca Tertib Kumendaman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menghadiri deklarasi Kampung Panca Tertib Kumendaman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menghadiri deklarasi Kampung Panca Tertib Kumendaman, Jumat (24/9/2021) sore di halaman hotel Brongto, Kumendaman, Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta.

Turut hadir dalam deklarasi, Kelik Mulyono (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta), Kasatpol-PP Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Mantrijeron, Polsek, Koramil, Lurah Suryodiningratan dan LPMK serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam arahannya Heroe menyampaikan pentingnya kebersamaan dalam sepenanggungan antar komponen kampung dalam membangun ketahanan kampung guna menghadapi berbagai persoalan wilayah termasuk di dalamnya adalah penanganan pandemi Covid-19.

“Salah satu bentuk kegiatan kampung adalah Kampung Panca Tertib dimana dalam program ini masyarakat membangun komitmen bersama untuk membangun budaya tertib. Melalui komitmen tersebut kita lakukan disiplin untuk memenuhi apa yang menjadi komitmen bersama menuju kampung yang asri, aman dan nyaman,” kata Heroe

Selain itu Heroe juga berpesan bahwa dalam pengembangan kawasan sumbu filosofi dari Tugu, Malioboro, Kraton, Panggung Krapyak, posisi Kumendaman menjadi strategis sebagai salah satu wilayah yang berada dalam kawasan tersebut, oleh karena itu harus segera berbenah dagar bisa tampil di garda depan dalam meraih peluang yang muncul di bidang ekonomi.

Baca juga   Libur Nataru, Kota Yogya Bakal Tes Acak Antigen Bagi Wisatawan

“Dalam bidang ekonomi hendaknya punya jiwa juang yang pantang menyerah, kreatif dan inovasi, mau belajar dan memilki kemampuan dalam berkomunikasi dan berjejaring. Dengan demikian secara personal warga telah memilki skill dan secara komunitas mampu menjadikan Kumendaman sebagai pengungkit perekonomian wilayah,” imbuh Heroe.

Sementara Kasatpol-PP, Agus Winarto menyampaikan bahwa kampung Kumendaman menjadi kampung Panca Tertib yang ke-90 yang berkomitmen untuk tertib daerah milik jalan, tertib lingkungan, tertib pembangunan, tertib usaha dan tertib sosial.

“Kampung Kumendaman memiliki banyak potensi dari seni, budaya maupun sumber daya manusia sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya mampu mewarnai kegiatan kampung lain,” tutur Agus.

Baca juga   Bansos untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 Tersalurkan 100 Persen

Lebih lanjut Agus berujar bahwa Kumendaman juga merupakan kampung tertib lalu lintas, dimana masyarakatnya memiliki komitmen dalam penegakan aturan lalu lintas baik secara internal di wilayah maupun ketika di jalanan.

Salah satu yang dilakukan adalah warga tidak menerima parkir sepeda motor di lingkungan sekolah yang siswanya belum genap berusia 17 tahun atau belum memiliki SIM.

“Selain itu Kumendaman juga merupakan kampung internasional dimana banyak orang asing tinggal sebagai wisatawan maupun pekerja serta memiliki ragam budaya yang bila digali bisa menjadi tempat orang menimba ilmu pengetahuan,” papar Agus.

Dalam Deklarasi tersebut juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan komitmen oleh tokoh masyarakat dan pemangku kebijakan baik ditingkat Kelurahan Kemantren maupun Organisasi Perangkat Daerah. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi kedatangan vaksin. Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin Pfizer yang merupakan onasi Amerika Serikat (AS) melalui COVAX Facility. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

Peristiwa

Tahap ke-127, Vaksin Pfizer Tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Petani Holtikultura Teknik Budidaya Dan Pemasaran Buah Kelengkeng. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Komoditas Kelengkeng Akan Dikembangkan di Kawasan Borobudur
Nelayan asal Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) ditemukan di perairan Kabupaten Selayar dan berhasil dievakuasi oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pos SAR Selayar, Rabu (12/1/2022). (Foto:Mcpangkajene)

Peristiwa

Tiga Hari Terombang-ambing di Laut, Nelayan Asal Pangkep Ditemukan di Selayar
Para tersangka pelaku kejahatan seksual pada anak yang ditangkap Polda DIY. Foto: @poldajogja

Peristiwa

Polda DIY Kembali Ringkus 7 Tersangka Pornografi Anak, Dicokok di Semarang hingga Kalimantan
Proses pembongkaran Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi terus dikebut oleh Pemerintah Kota Surabaya, Selasa (22/3/2022). (Foto: selalu.id)

Peristiwa

Kerahkan Alat Berat, Pemkot Surabaya Kebut Pembongkaran TPS Pasar Turi
Samto divaksin langsung oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Antusias Warga Masih Rendah, Kades Jenar Awali Vaksinasi bagi Warganya
Sebanyak 800.000 dosis vaksin Moderna diangkut maskapai Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ 956, dan tiba sekitar pukul 10:15 WIB di Bandara Soetta. (Foto: Amiriyandi/ InfoPublik)

Peristiwa

Tambah Pasokan, 800 Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Tanah Air
Honda Jazz BM 1939 AX yang dikemudikan oleh Djunaidi (59) sedang berhenti tiba-tiba nyelonong masuk ke dalam gerai Indomaret Jalan Imam Munandar (Harapan Raya) Kota Pekanbaru, Minggu (9/1/2022). (Foto: MC Riau)

Peristiwa

Apes! Lagi Parkir, Honda Jazz Nyelonong Seruduk Indomaret di Pekanbaru