Home / Peristiwa

Minggu, 26 September 2021 - 22:01 WIB

Kumendaman Kampung Panca Tertib ke-90 di Kota Yogya

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menghadiri deklarasi Kampung Panca Tertib Kumendaman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menghadiri deklarasi Kampung Panca Tertib Kumendaman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menghadiri deklarasi Kampung Panca Tertib Kumendaman, Jumat (24/9/2021) sore di halaman hotel Brongto, Kumendaman, Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta.

Turut hadir dalam deklarasi, Kelik Mulyono (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta), Kasatpol-PP Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Mantrijeron, Polsek, Koramil, Lurah Suryodiningratan dan LPMK serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam arahannya Heroe menyampaikan pentingnya kebersamaan dalam sepenanggungan antar komponen kampung dalam membangun ketahanan kampung guna menghadapi berbagai persoalan wilayah termasuk di dalamnya adalah penanganan pandemi Covid-19.

“Salah satu bentuk kegiatan kampung adalah Kampung Panca Tertib dimana dalam program ini masyarakat membangun komitmen bersama untuk membangun budaya tertib. Melalui komitmen tersebut kita lakukan disiplin untuk memenuhi apa yang menjadi komitmen bersama menuju kampung yang asri, aman dan nyaman,” kata Heroe

Selain itu Heroe juga berpesan bahwa dalam pengembangan kawasan sumbu filosofi dari Tugu, Malioboro, Kraton, Panggung Krapyak, posisi Kumendaman menjadi strategis sebagai salah satu wilayah yang berada dalam kawasan tersebut, oleh karena itu harus segera berbenah dagar bisa tampil di garda depan dalam meraih peluang yang muncul di bidang ekonomi.

Baca juga   Asyikkk, Taman Pintar Yogya Siap Dibuka Lur

“Dalam bidang ekonomi hendaknya punya jiwa juang yang pantang menyerah, kreatif dan inovasi, mau belajar dan memilki kemampuan dalam berkomunikasi dan berjejaring. Dengan demikian secara personal warga telah memilki skill dan secara komunitas mampu menjadikan Kumendaman sebagai pengungkit perekonomian wilayah,” imbuh Heroe.

Sementara Kasatpol-PP, Agus Winarto menyampaikan bahwa kampung Kumendaman menjadi kampung Panca Tertib yang ke-90 yang berkomitmen untuk tertib daerah milik jalan, tertib lingkungan, tertib pembangunan, tertib usaha dan tertib sosial.

“Kampung Kumendaman memiliki banyak potensi dari seni, budaya maupun sumber daya manusia sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya mampu mewarnai kegiatan kampung lain,” tutur Agus.

Baca juga   Pendaftaran Ditutup, Pelamar CASN Kabupaten Magelang Tembus 11 Ribu Orang

Lebih lanjut Agus berujar bahwa Kumendaman juga merupakan kampung tertib lalu lintas, dimana masyarakatnya memiliki komitmen dalam penegakan aturan lalu lintas baik secara internal di wilayah maupun ketika di jalanan.

Salah satu yang dilakukan adalah warga tidak menerima parkir sepeda motor di lingkungan sekolah yang siswanya belum genap berusia 17 tahun atau belum memiliki SIM.

“Selain itu Kumendaman juga merupakan kampung internasional dimana banyak orang asing tinggal sebagai wisatawan maupun pekerja serta memiliki ragam budaya yang bila digali bisa menjadi tempat orang menimba ilmu pengetahuan,” papar Agus.

Dalam Deklarasi tersebut juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan komitmen oleh tokoh masyarakat dan pemangku kebijakan baik ditingkat Kelurahan Kemantren maupun Organisasi Perangkat Daerah. (*)

Share :

Baca Juga

Anggota Duta Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Kemantren Tegalrejo, Suryani gencar membagikan masker kepada warga. (Foto: dokumentasi pribadi)

Peristiwa

Aksi Duta Perubahan Perilaku, Gencar Kampanyekan Pakai Masker
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani ikut melakukan penyemprotan disinfektan di pasar tradisional. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Sabtu dan Minggu Pasar di Sukoharjo Disemprot Disinfektan
Kios percontohan di kompleks Pasar Kowen Sidokarto. Foto: Nyatanya.com/Sulis

Peristiwa

BUMKal Karta Sembada Miliki Kios Percontohan
Sebanyak 186 Jamaah Muji Nabi Asuhan KH Munif Muhammad Zuhri menerima Program vaksinasi. (Foto:MC.Kab.Demak)

Peristiwa

Santri dan Jamaah MUNA Girikusumo Terima Suntik Vaksin
Vaksinasi yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

PCNU Klaten Vaksinasi 1.000 Warganya
Pemkab Pekalongan mendistribusikan paket bantuan budidaya lele melalui program laboratorium kemiskinan. (Foto: Dinkominfo Kabupaten Pekalongan)

Peristiwa

Budidaya Lele Jadi Pilihan Program Laboratorium Kemiskinan
Haryadi Suyuti saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di BPD DIY. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Tambah Gerai Vaksin di Kantor Pusat BPD DIY
Harga hewan kurban menjelang Idul Adha Tahun 2021 ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Permintaan Hewan Kurban di Pekalongan Menurun