Home / Panggung

Sabtu, 31 Juli 2021 - 15:46 WIB

Kundha Kabudayan Gelar Lomba Penulisan Naskah Drama Sejarah

(Ilustrasi: nyatanya.com)

(Ilustrasi: nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka pembinaan dan pengembangan kesejarahan, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta membuka kesempatan bagi masyarakat Kota Yogyakarta untuk berpartisipasi dalam kegiatan lomba penulisan naskah drama yang diselenggarakan sejak 16 Juli-20 Agustus 2021.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, Jumat (29/7/2021).

Di saat pandemi ini tidak menghalangi masyarakat/pelajar untuk terus berkarya dengan meluapkan kreatifnya, diharapkan kegiatan ini banyak diikuti warga Kota Yogyakarta tang akan dilaksanakan dengan sistem daring.

“Lomba Penulisan Naskah Drama Sejarah Lokal diselenggarakan dalam rangka melestarikan serta mengembangkan sejarah, khususnya sejarah lokal yang ada di Kota Yogyakarta,” ungkap Yetti Martanti.

Dalam lomba ini peserta harus dapat menguraikan keterkaitan judul sejarah lokal yang dipilih dengan konten cerita. Naskah harus memuat latar belakang dan kronologi peristiwa tersebut.

Baca juga   Lagi, Happy Asmara Rilis Single Baru 'Ikatan Cinta'

Selain itu, Naskah disuguhkan dalam bentuk dialog dengan bahasa yang ringan dan komunikatif. Diharapkan dengan demikian peserta yang mengikuti lomba benar-benar faham, dapat berimajinasi dan kreatif dalam menyuguhkan jalan cerita.

“Tak hanya itu, hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap peserta adalah naskah drama yang dikirim harus asli dan belum pernah dipublikasikan di media apapun,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pengumuman pemenang lomba direncanakan pada 3 September 2021. Para peserta dapat mengirimkan naskah drama dalam format soft file dan print out.

Untuk Soft file naskah lomba dikirim melalui e-mail paling lambat tanggal 20 Agustus 2021 pukul 24.00 WIB. Sedangkan naskah fisik dikirim ke kantor Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta paling lambat 21 Agustus 2021.

Baca juga   Setelah Berjuang Melawan Covid-19, Jane Shalimar Meninggal Pagi Tadi

Nantinya para pemenang lomba akan dipilih tiga pemenang utama dan tiga nominator dengan total hadiah 18 Juta rupiah. Untuk Juara 1 akan mendapatkan uang tunai Rp5 juta, juara kedua akan mendapatkan uang tunaiRp4 juta, sedangkan juara ketiga akan mendapatkan uang tunai Rp3 juta.

Ketiga pemenang juga akan mendapatkan sertifikat dan tropi. Selain tiga pemenang utama, Tim Dewan Juri juga akan memilih tiga nominator yang masing-masing berhak menerima uang tunai Rp2 juta, sertifikat, dan tropi. (*)

Share :

Baca Juga

Penyerahan sembako kepada warga sekitar Radio Geronimo. Foto: nyatanya.com/Dokumentasi Geronimo

Panggung

50 Tahun Radio Geronimo, Optimistis dengan Perubahan Zaman
(Infografis: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Ikutan Lomba Vlog Yuk, Berhadiah Jutaan Rupiah
Non-O saat berkarya di rumah studionya. (Foto: dokumenpribadi)

Panggung

Kartunis Non-o, Energi Berkaryanya Tak Pernah Padam
Gubernur DIY foto bersama para penerima penghargaan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Panggung

10 Anak Berprestasi Seni dan Budaya Terima Penghargaan
alam satu karya yang dipamerkan kelompok ‘Anti Sport-Sport Club’ di Stonemilk Ward, Yogyakarta. (Foto: dokumentasi antisport-sportclub)

Panggung

Menumpuk Kegelisahan Pandemi, Kelompok ‘Anti Sport – Sport Club’ Pameran Seni Rupa
Nella Kharisma dan Dory Harsa. Foto: nyatanya.com/instagram nella kharisma

Panggung

Tunjukkan Foto USG, Nella Kharisma Bahagia Sambut Sang Buah Hati
(Foto:nyatanya.com/dokumentasi pribadi)

Panggung

Uut Salsabila dan Dunia Campursari
Denny Caknan dan Happy Asmara. Foto: nyatanya.com/IG happy_asmara77

Panggung

Happy Asmara Ternyata Lupa Tanggal Jadiannya dengan Denny Caknan