Home / Panggung

Sabtu, 31 Juli 2021 - 15:46 WIB

Kundha Kabudayan Gelar Lomba Penulisan Naskah Drama Sejarah

(Ilustrasi: nyatanya.com)

(Ilustrasi: nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka pembinaan dan pengembangan kesejarahan, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta membuka kesempatan bagi masyarakat Kota Yogyakarta untuk berpartisipasi dalam kegiatan lomba penulisan naskah drama yang diselenggarakan sejak 16 Juli-20 Agustus 2021.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, Jumat (29/7/2021).

Di saat pandemi ini tidak menghalangi masyarakat/pelajar untuk terus berkarya dengan meluapkan kreatifnya, diharapkan kegiatan ini banyak diikuti warga Kota Yogyakarta tang akan dilaksanakan dengan sistem daring.

“Lomba Penulisan Naskah Drama Sejarah Lokal diselenggarakan dalam rangka melestarikan serta mengembangkan sejarah, khususnya sejarah lokal yang ada di Kota Yogyakarta,” ungkap Yetti Martanti.

Dalam lomba ini peserta harus dapat menguraikan keterkaitan judul sejarah lokal yang dipilih dengan konten cerita. Naskah harus memuat latar belakang dan kronologi peristiwa tersebut.

Baca juga   Jadwal Bioskop CGV Transmart Maguwo Yogyakarta Senin 25 Maret 2024, Ghostbusters Frozen Empire

Selain itu, Naskah disuguhkan dalam bentuk dialog dengan bahasa yang ringan dan komunikatif. Diharapkan dengan demikian peserta yang mengikuti lomba benar-benar faham, dapat berimajinasi dan kreatif dalam menyuguhkan jalan cerita.

“Tak hanya itu, hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap peserta adalah naskah drama yang dikirim harus asli dan belum pernah dipublikasikan di media apapun,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pengumuman pemenang lomba direncanakan pada 3 September 2021. Para peserta dapat mengirimkan naskah drama dalam format soft file dan print out.

Untuk Soft file naskah lomba dikirim melalui e-mail paling lambat tanggal 20 Agustus 2021 pukul 24.00 WIB. Sedangkan naskah fisik dikirim ke kantor Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta paling lambat 21 Agustus 2021.

Baca juga   GKBRAA Paku Alam: Seni Olah Kain ecoprint Jogja Selangkah Lebih Maju

Nantinya para pemenang lomba akan dipilih tiga pemenang utama dan tiga nominator dengan total hadiah 18 Juta rupiah. Untuk Juara 1 akan mendapatkan uang tunai Rp5 juta, juara kedua akan mendapatkan uang tunaiRp4 juta, sedangkan juara ketiga akan mendapatkan uang tunai Rp3 juta.

Ketiga pemenang juga akan mendapatkan sertifikat dan tropi. Selain tiga pemenang utama, Tim Dewan Juri juga akan memilih tiga nominator yang masing-masing berhak menerima uang tunai Rp2 juta, sertifikat, dan tropi. (*)

Share :

Baca Juga

Fadil Aulia Saman (Fadilas). Foto: Ist

Panggung

Fadilas Rilis 3 Lagu Sekaligus Bergenre Pop Jawa Dangdut, Cerita LDR hingga Cinta yang Kandas
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Foto: Instagram @erinagudono

Panggung

Jelang Hari Pernikahan, Erina Gudono Umumkan Tagar #KaesayanganErina
Wakil Bupati Fajar Gegana membuka Festival Dalang Anak dan Remaja 2022 tingkat Kabupaten Kulon Progo, di Auditorium Taman Budaya Kulon Progo pada Kamis (24/2/2022). (Foto: MC.Kab Kulon Progo)

Panggung

Kundha Kabudayan Kulon Progo Gelar Festival Dalang Anak dan Remaja 2022
Foto: Dok.NETV

Panggung

Net Visi Media (NETV) Bakal Hadirkan Platform OTT Netverse

Panggung

Galeri Lorong Gelar Festival Gotong Royong “Self-care for Worldwide Solidarity”
Klip Bungah Nganti Susah. Foto: tangkapan layar YouTube

Panggung

Kukuh Prasetya Kudamai Rilis Single Anyar ‘Bungah Nganti Susah’, Simak Liriknya yang Auto Baper
Laura Basuki. (Foto: Instagram @laurabas)

Panggung

Laura Basuki Raih Penghargaan Silver Bear di Berlin International Film Festival 2022
Finna Finnul. (Foto:dokumentasi pribadi)

Panggung

Finna Finnul Mulai Kesengsem Dangdut