Home / Panggung

Kamis, 17 Februari 2022 - 15:04 WIB

Kundha Kabudayan Sleman Gelar Penganugerahan Kebudayaan 2022, Ini Kategorinya

Kundha Kabudayan Sleman menggelar Sosialisasi Pemberian Penghargaan di Bidang Kebudayaan di Resto Puri Mataram Tridadi, Sleman, Rabu (16/2/2022). (Foto: Humas Sleman)

Kundha Kabudayan Sleman menggelar Sosialisasi Pemberian Penghargaan di Bidang Kebudayaan di Resto Puri Mataram Tridadi, Sleman, Rabu (16/2/2022). (Foto: Humas Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman pada 2022 kembali menyelenggarakan penganugerahan bidang kebudayaan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Kundha Kabudayan Sleman, Edy Winarya pada acara Sosialisasi Pemberian Penghargaan di Bidang Kebudayaan di Resto Puri Mataram Tridadi, Sleman, Rabu (16/2/2022).

Penganugerahan sendiri meliputi 6 kategori, yaitu Budayawan, Anak Berprestasi di Bidang Kebudayaan, Pelestari Cagar Budaya, Pelaku Tradisi Budaya, Pelaku Seni Budaya, dan Kreator.

“Proses penjaringan calon penerima anugerah kebudayaan dilaksanakan secara partisipatif dari tingkat bawah,” ujar Edy di depan 40 orang peserta yang terdiri dari Panewu se-Kabupaten Sleman, lembaga budaya, induk kelompok seni budaya, pendamping desa budaya, dan daya budaya.

Baca juga   Bincang Budaya Menggaungkan Kembali yang Punah, Gusti Yudha: Keraton Yogyakarta Miliki 10 Bregada Prajurit

Edy berharap, pemberian penghargaan ini dapat mendorong pelibatan dan inisiatif masyarakat dalam pemajuan kebudayaan.

“Dalam hal ini setiap orang, kelompok, lembaga atau organisasi dapat berpartisipasi aktif dalam proses pelestarian dan pengembangan kebudayaan,” imbuhnya.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, maka 10 Objek Pemajuan Kebudayaan yang harus mendapatkan perhatian secara serius oleh semua pihak, tidak hanya pemerintah daerah tetapi juga kalangan pendidikan dan perguruan tinggi serta stakeholder terkait.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat memerankan andil yang penting dalam menggali data dan informasi terkait dengan calon penerima anugerah kebudayaan,” tambah Edy.

Rully Andriadi, Kepala Bidang Warisan Budaya Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY menambahkan bahwa tahapan penilaian anugerah kebudayaan meliputi sosialisasi, penjaringan, seleksi, dan penetapan.

Baca juga   Empat Remaja Dibacok Saat Lagi Makan Bakso di Sleman, Polisi Buru Pelaku

“Kriterianya meliputi berbagai aspek, di antaranya integritas, dedikasi atau loyalitas, kapasitas, daya aruh, prestasi, produktif, dan adaptif,” ungkap Rully.

Sementara itu, Purwadmadi dari Dewan Kebudayaan Kabupaten Sleman berharap pemerintah tetap memberikan perhatian kepada para pelaku budaya, terutama bagi para penerima penghargaan agar tetap bisa berkarya pasca menerima penghargaan.

“Karena anugerah kebudayaan merupakan bentuk apresiasi negara kepada pelaku budaya atas jasa dan prestasinya di bidang pemeliharaan dan pengembangan kebudayaan melalui proses kehidupan sosial masyarakat secara berkesinambungan,” ungkap Purwadmadi.

(N1/Aja)

Share :

Baca Juga

Gus Yasin dan Aldifi Tegarajasa, pemeran utama film Tegar. Foto: Humas Jateng

Panggung

Nonton Film Tegar, Gus Yasin: Setiap Makhluk Punya Kesempatan dan Impian
Pensilterbang Art Mural Project di Kampung Sayidan. (Foto:Dok.Pensilterbang)

Panggung

Seni Mural Sudah Ada Sejak Prasejarah, Kini Makin Cair Difungsikan
Selama delapan hari di Dubai Expo, Abdi Dalem Mataya mengisi repertoar tari di beberapa ruang pertunjukan. (Foto: kratonjogja.id)

Panggung

Repertoar Tari Klasik Keraton Yogyakarta Memukau Paviliun Indonesia di Dubai Expo
Angelina Sondakh. (Foto: instagram/angelinasondakhofficial)

Panggung

Angelina Sondakh Akhirnya Keluar dari Lapas, Jalani Cuti Menjelang Bebas
Belasan seniman Borobudur menggelar “Art Borobudur Police Day 76” di depan pintu parkir Taman Wisata Candi Borobudur, Minggu (26/6/2022). Foto: Diskominfo Kab Magelang

Panggung

“Art Borobudur Police Day 76”, Begini Cara Polres Magelang Sambut HUT Bhayangkara
Pawai pembukaan gelaran Ngayogjazz 2021 "Tetep Ngejazz Lan Waspada". (Foto: Dokumentasi Ngayogjazz 2021)

Panggung

Semangat Ngayogjazz yang Diwariskan Djaduk Ferianto Harus Terus Dihidupi
Dorce Gamalama. (Foto: Instagram/@dg_kcp)

Panggung

Fakta Meninggalnya Dorce Gamalama karena Covid-19, Begini Penjelasan Keluarga dan Rumah Sakit
Slank saat konferensi pers Konser 'Bank Jateng Beautiful Smile Indonesia' di The Manohara Hotel Yogyakarta, Jumat (16/12/2022). Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Vina Panduwinata hingga Endank Soekamti Ikut Meriahkan Konser Slank ‘Bank Jateng Beautiful Smile Indonesia’ di Candi Prambanan